Dehidrasi

Kenali Tanda-tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

Tubuh manusia terdiri dari 70 persen air. Untuk itu asupan cairan untuk tubuh Anda diperlukan demi menjaga fungsi organ-organ tubuh tetap maksimal.
air

Bila asupan cairan untuk tubuh Anda tidak mencukupi Anda akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan berbagai gangguan fungsi tubuh. Kekuatan otot dapat menurun, kinerja mental yang buruk, lesu, dan sakit kepala adalah beberapa dampak yang diakibatkan oleh dehidrasi. Fungsi otak seperti menurunnya konsentrasi dan daya pikir juga bisa disebabkan oleh dehidrasi.

Biasanya urin Anda akan berwarna kuning pucat ketika Anda mengalami dehidrasi. Selain itu, ada beberapa gejala lainnya yang menunjukan bahwa Anda sedang mengalami dehidrasi.

Lapar

Jika Anda merasa lapar jangan buru-buru untuk makan. Bisa jadi Anda sedang mengalami dehidrasi. Dehidrasi ringan terkadang menjelma rasa lapar. Hal ini bisa terjadi karena terjadi suatu kebingungan pada bagian otak yang bernama hypothalamus. Oleh karena itu, kebanyakan orang mengira mereka sedang lapar ketika merasa lemah dan lelah. Minumlah segelas air dan tunggu sekitar 15 sampai 20 menit untuk mengetahui apakah rasa lapar Anda berkurang, jika berkurang maka Anda memang sedang mengalami dehidrasi. (baca juga: Mengapa Anda Selalu Merasa Lapar? Mungkin ini Penyebabnya!)

Bau mulut

Salah satu cara untuk mengetahui Anda mengalami dehidrasi adalah dengan produksi air liur Anda. Air liur berguna sebagai antibakteri dalam mulut. Dalam kondisi dehidrasi produksi air liur sebagai antibakteri akan berkurang sehingga bakteri dalam mulut bisa berkembang lebih cepat. Hal tersebut dapat menimbulkan bau mulut dan juga nafas yang tak segar. (baca juga: Bebas Napas Tak Sedap saat Berpuasa)
Kenali Tanda Dehidrasi

Kulit kering dan kusam

Bagian luar tubuh seperti kulit bisa menjadi suatu Indikator kertika Anda sedang mengalami dehidrasi. Ketika asupan cairan dalam tubuh tidak terpenuhi kulit kan terlihat kering kusam dan terkadang terasa kasar ketika disentuh. Sebaliknya, jika kebutuhan cairan Anda terpenuhi dengan baik keadaan kulit akan terlihat segar, lembab dan elastis.

Untuk itu bila Anda ingin tetap sehat, bugar, segar penuhi kebutuhan cairan Anda agar tidak mengalami Dehidrasi. Sudah banyak yang tahu bahwa minum sekitar 2 liter atau 8 gelas sehari dapat mencegah dehidrasi.
Kenali Tanda Dehidrasi

Bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa seperti sekarang ini, kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi karena selama kurang lebih 12 jam Anda tidak diperbolehkan untuk makan dan minum. Agar dehidrasi tidak mengganggu ibadah puasa Anda, mengonsumsi buah yang kaya akan air seperti semangka atau buah tomat yang dijadikan jus saat berbuka, dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, ketika Anda minum sekitar 2 liter atau 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan, Anda bisa membaginya menjadi 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan gelas saat sahur. Semoga bermanfaat.(pin)

Baca Juga: 6 Prinsip Untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes