Kencing Berwarna dan Berbusa, Pertanda Sehat atau Tidak?

Ketika buang air kecil, tentu Anda sering melihat air kencing Anda berwarna kuning matang disertai dengan buih (berbusa). Apakah Anda penasaran, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena, warna dan buih yang muncul pada air kencing Anda bisa jadi adalah sebuah pertanda yang bisa memroyeksikan kesehatan Anda.

jENDELA KENCING

Pada dasarnya, air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh oleh urinasi. Air seni adalah proses alami untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal untuk menjaga hemeostasis cairan tubuh.

Apa yang Menyebabkan Berbusa?

Benar, air kencing dapat meramalkan kesehatan Anda. Ketika Anda masuk toilet dan membuang air kecil, dan Anda tidak melihat adanya busa, hal tersebut menandakan tubuh Anda sedang dalam keadaan baik. Sebaliknya, jika Anda melihat busa pada air kencing Anda, maka bisa jadi hal ini menandakan ketidak normalan pada tubuh Anda.

Memang, jika sesekali Anda melihat air kencing Anda berbusa bisa saja hal tersebut dikarenakan aliran air seni Anda yang kuat. Hal ini terjadi karena Anda menunda keinginan untuk kencing. Maka, air seni akan tertahan di dalam kandung kemih, sehingga pada saat buang air kecil tekanan air seni menjadi lebih kuat dan menimbulkan busa ketika menyentuh toilet.

Selain akibat Anda menahan, buih pada air kencing Anda juga bisa saja terjadi akibat dehidrasi. Seseorang dengan sedikit cairan dalam tubuhnya akan membuat ginjal bekerja lebih keras, sehingga menyebabkan produksi urin Anda berbusa.

Meskipun dua penyebab di atas sebaiknya tidak dilakukan, namun terdapat alasan lain yang lebih berbahaya. Jika Anda melihat air kencing Anda sering berbusa, mungkin terdapat kelainan yang tidak bisa Anda abaikan. Itulah sebabnya segera konsultasikan dengan dokter kepercayaan Anda.

Beberapa gangguan Medis yang menyebabkan urin Anda berbusa di antaranya yakni:

Penyakit Ginjal
Penyakit ini terjadi akibat komplikasi dari diabetes atau batu ginjal. Kinerja ginjal yang tak lagi maksimal membuat air kencing Anda nampak lebih berbusa.

Proteinuria
Nah, inilah mengapa pada beberapa artikel di DuniaFitnes.com memperingatkan Anda untuk mengonsumsi asupan protein yang cukup, bukannya berlebihan. Jika tubuh Anda banyak menyimpan protein, maka hal itu bisa membuat air kencing Anda berbusa. Lakukan pengobatan yang tepat dengan mengonsultasikannya dengan dokter.

Infeksi Saluran Kemih
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri atau jamur, sehingga membuat air kencing Anda berbusa. Hal ini biasanya disertai dengan rasa nyeri dan panas saat Anda sedang buang air kecil.

Warna Kencing Menandakan Kesehatan Anda

Hal ini sering dialami oleh banyak orang. Air seni yang sehat biasanya berwarna kuning transparan. Namun, jika air kencing Anda berwarna kuning gelap dan warna-warna lainnya, maka Ada yang sedang tidak beres dengan Anda. Pada dasarnya, warna air kencing tergantung dari makanan yang Anda makan. Medikasi, pewarna makanan, banyaknya air yang diminum, dan aktivitas keseharian dapat mempengaruhi warna dari air kencing Anda. Menurut Cleveland Clinic yang dimunculkan pada popular science, terdapat beberapa warna kencing yang wajib Anda ketahui.

Berikut adalah warna kecing tersebut:

Transparan: Anda minum terlalu banyak air.

Pucat Kekuningan: Anda normal, sehat, dan minum air yang cukup.

Kuning Transparan: Anda normal.

Kuning Gelap: Menandakan bahwa Anda mulai kurang minum.

Madu atau Kuning Orange: Tubuh Anda tidak mendapatkan asupan air.

Coklat Terang: Anda memiliki kemungkinan penyakit liver (hati) atau dehidrasi berlebih.

Pink atau Kemerahan: Hanya terjadi setelah Anda makan buah bit, blueberry atau kelembak (rhubarb). Jika tidak, maka urine Anda mungkin mengandung darah. Kemungkinan penyakit ginjal, tumor, infeksi kandung kemih, masalah prostat.

Orange: Anda mungkin tidak cukup minum air, atau ada kemungkinan akan kondisi liver (hati) atau kondisi saluran empedu. Namun juga dapat berasal dari bahan pewarna makanan.

Biru atau Hjau: Ini sangatlah jarang terjadi dan kemungkinan besar terjadi atas kondisi genetik. Kemungkinan lain adalah bakteri pada kandungan kemih, medikasi, atau pewarna makanan.

Berbusa atau Mengeluarkan Suara Desis: Dapat terjadi karena efek air, namun dapat juga mengindikasikan protein berlebih atau masalah ginjal.

Sudah tau ‘kan mengapa air kencing Anda berbusa dan mengeluarkan warna tertentu. Untuk mengatasi warna-warna tersebut, minumlah air yang cukup guna memaksimalkan kinerja ginjal. Jika Anda sering mengalami warna kencing yang menandakan Anda mengalami masalah kesehatan, maka segera konsultasikan dengan dokter Anda. Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Enaknya Minum Teh Susu, Tapi Benarkah Berbahaya?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes