manfaat olahraga

Ketahuilah, Beribu Manfaat Anda Dapatkan dengan Berolahraga

Sejak dahulu, kita mengetahui bahwa olahraga adalah satu-satunya cara terbaik untuk menjaga agar tubuh Anda tetap bugar. Bukan hanya itu, melalui latihan-latihan ketika olahraga organ-organ tubuh Anda semakin sehat dan bekerja dengan baik. Bentuk tubuh Anda pun juga semakin atletis dan ideal. Oleh sebab itulah, olahraga merupakan kunci utama dalam hal kebugaran dan obat pencegah sakit untuk Anda.

Mnfaat OR

Hal ini dikarenakan, ketika Anda melakukan latihan (olahraga), maka tubuh Anda akan mengalami perubahan secara fisiologis, biokimia, maupun anatomis. Perubahan seperti itu akan Anda peroleh jika Anda melakukan latihan secara akut. Misalnya, dengan olahraga lari.

Metabolisme tubuh Anda akan meningkat, yang mempengaruhi denyut jantung, tekanan darah, hingga frekuensi nafas dan suhu tubuh Anda akan meningkat.

Efek langsung yang dapat Anda rasakan ketika berolahraga akan menghilang jika Anda menghentikan aktivitas (olahraga) tersebut. Karena, ketika Anda melakukan aktivitas olahraga yang berulang-ulang, maka akan terjadi suatu efek jangka panjang pada tubuh.

Lalu, apa saja perubahan pada tubuh ketika Anda melakukan olahraga? Berikut adalah beberapa informasinya untuk Anda.

Denyut Jantung Menjadi Normal

Ketika Anda melakukan olahraga secara intens, maka denyut jantung istirahat Anda pun juga akan melambat. Dengan demikian, hal tersebut merupakan pertanda bahwa jantung Anda semakin kuat dan efisien.

Menyetabilkan Tekanan Darah

Dengan olahraga, maka tekanan darah pun juga akan stabil. Karena, efek latihan ketika berolahraga dapat mempengaruhi sistem saraf Anda.

Perubahan Lemak Tubuh

Perubahan lainnya juga terjadi pada lemak tubuh Anda. Ketika Anda berolahraga, maka lemak tubuh Anda pun juga semakin berkurang. Hal ini dikarenakan, lemak tubuh akan dibakar untuk sumber energi ketika berolahraga. Bukan hanya itu, lemak di bawah kulit juga akan berkurang, sehingga berat badan Anda pun juga akan menurun. Ukuran perut Anda juga akan mengecil, sehingga lingkar pinggang dan tubuh Anda tampak langsing. Bukan hanya itu, perubahan yang tak nampak dari luar adalah perubuhan kimia darah atau yang disebut dengan kolestrol (lemak dalam darah). Kolestrol akan berkurang kadarnya hingga mencapai nilai normal. Ini sangat bagus, karena akan mempengaruhi keenceran darah. Sehingga, pembuluh darah tidak akan tersumbat.

Gula Darah Akan Normal

Dengan berolahraga, gula darah Anda juga akan menurun. Hal ini dikarenakan karena ketika berolahraga produktivitas hormon insulin yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah akan tinggi. Keadaan ini sangat baik bagi Anda yang menderita diabetes.

Hipertrofi Otot

Ketika Anda melakukan olahraga dengan latihan beban, maka secara langsung akan terjadi perubahan-perubahan kondisi pada struktur pembentuk otot Anda. Hal tersebut akan menyebabkan rasa pegal yang terjadi pada otot yang dilatih. Secara mikrokopis, setelah Anda melakukan olahraga maka otot akan mengalami putus-putus karena pembebanan ketika latihan. Bila melakukan latihan secara intens, maka efek jangka panjangnya, Anda akan memiliki massa otot yang Anda inginkan. Serabut otot yang sempat terputus pasca latihan tersebut akan kembali tersambung dengan ukuran yang lebih besar. Maka dari itu, Anda secara nyata akan melihat otot-otot Anda mengalami hipertrofi otot yang Anda inginkan.

Hal di atas adalah beberapa poin terkait dengan manfaat olahraga. Masih terdapat lebih banyak lagi manfaat dari olahraga yang Anda tidak ketahui. Ya, olahraga adalah obat bagi Anda untuk mempertahankan tubuh agar tetap sehat. Lantas, masihkah Anda tetap malas atau bahkan enggan melakukan olahraga? (gie)

BACA JUGA: Latihan Sejam Sangat Baik Untuk Pasien Parkinson

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes