Kiat Pola Makan Sehat di Perjalanan

Libur lebaran telah tiba dan mudik pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Bagaimanakah mengatur pola makan di perjalanan agar terhindar dari asupan lemak berlebihan?

Kiat-Pola-Makan-Sehat-di-Perjalanan

Menempuh perjalanan jauh keluar kota membuat kita terpaksa memilih dua opsi pola makan, yaitu membawa bekal dari rumah atau jajan makanan di perjalanan. Kenyataannya, susah sekali mencari dan membeli makanan sehat di perjalanan. Bagaimana memenuhi asupan nutrisi ketika dalam perjalanan tanpa harus menambah ekstra lemak di tubuh kita?

Jika harus membawa bekal :

  • Variasikan masakan bekal Anda secara sehat mulai dari dimasak panggang, bakar, sangrai, tumis, kukus, dan masih banyak lagi. Makanlah masakan yang lebih dulu mudah basi. Jangan lupa nasi beras merah untuk membuat Anda kenyang lebih lama.
  • Makan besar bisa Anda ganti dengan sandwich roti gandum berisi sosis siap makan, selai kacang, ayam, atau ikan. Hamburger isi keju, tomat, dan selada juga cocok sebagai pilihan sehat.
  • Berbagai pengganti nasi seperti ubi atau singkong rebus juga bisa Anda siapkan sebagai bekal yang lebih sehat.
  • Siapkan camilan sehat jauh-jauh hari agar pola makan sesuai yang sudah direncanakan. Buah-buahan segar seperti apel, pisang, atau pir sangat cocok untuk mengganjal lapar diantara waktu makan. Kacang kulit juga pilihan yang bagus karena kaya protein dan bebas kolesterol.Protein bar dari kedelai yang banyak tersedia di pasaran cukup kaya protein, rendah lemak dan gula sehingga sangat praktis dan sehat sebagai camilan.
  • Siapkan pula minuman sehat rendah lemak dan gula seperti yoghurt, susu skim, jus buah, dan tentu saja air mineral. Jika harus memilih energy drink, pilihlah yang rendah gula dan sodium. Membawa bekal whey protein bubuk untuk dibuat menjadi shake untuk diminum di perjalanan juga merupakan trik yang mudah.

Jika harus jajan di perjalanan :

  • Indonesia kaya akan menu masakan lokal yang sehat seperti gado-gado, siomay, dan pecel sayuran. Jika harus makan nasi, carilah yang menyediakan nasi beras merah (biasanya tersedia di restoran/ warung masakan Sunda) dengan lauk ayam atau ikan bakar tanpa kecap.
  • Jika di restoran, pilihlah yang menyediakan menu masakan pengganti seperti salad sayur dan buah dengan dressing yang rendah lemak atau sup sayuran dengan ayam dan sosis.
  • Jika terpaksa harus makan di restoran cepat saji, pilihlah burger atau sandwich keju, selada, dan tomat.
  • Steak daging sapi rendah lemak (lean) juga cocok sebagai pilihan yang lebih sehat.

Terakhir, jangan lupa konsumsi suplemen multivitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh. Selamat mudik dan tetap sehat! (aan)

BACA JUGA : Ini Lho Caranya agar Mudik Tetap Sehat & Nyaman

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes