Kontrol Tekanan Darah Anda dengan Berbagai Jenis Latihan

Sudah banyak yang tahu bahwa mengatur pola makan dapat mengontrol masalah tekanan darah tinggi. selain mengatur pola makan, berbagai jenis olahraga dan latihan juga memainkan peran dalam mengontrol hipertensi.

Salah satunya adalah aktivitas aerobik yang berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah. Melakukan segala macam aktivitas, lebih baik daripada tidak sama sekali. Berikut ini beberapa jenis latihan untuk membantu mengontrol tekanan darah Anda agar tetap terjaga.

1. Latihan Aerobik: Terbaik untuk Menurunkan Tekanan Darah

Hiper2

Latihan aerobik mengacu pada gerakan tubuh yang dapat memompa darah Anda. Latihan aerobik meningkatkan efisiensi kardiovaskuler Anda dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Tapi Anda tidak perlu memulai pelatihan maraton untuk melihat hasilnya. Anda dapat mulai secara perlahan-lahan. Gunakan beberapa aktivitas untuk menggabungkan gerakan tubuh aerobik dalam kehidupan sehari-hari Anda. Misalnya;

Jalan-jalan

Sinar matahari dan udara segar yang baik untuk suasana hati Anda serta jantung Anda. Tidak memiliki waktu waktu? Itu tidak tepat untuk Anda jadikan alasan. Bahkan hanya dengan 10 menit berjalan kaki bisa membawa perubahan yang lebih baik untuk kesehatan Anda.

>> Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Rumput <<

Bermain dengan Anak-anak Anda

Apakah di halaman belakang rumah Anda terdapat taman yang cukup luas? Cobalah bermain bersama dan berjalan di sekitar taman, maka hal tersebut akan baik untuk Anda maupun anak-anak Anda.

Ambilah setiap kegiatan yang Anda sukai untuk tetap bergerak aktif. Misalnya seperti bersepeda, berenang, dan melakukan aktivitas lainnya. Untuk itu, temukan kembali kegiatan yang Anda cintai, dan melakukannya. Anda akan lebih mungkin untuk tetap beraktivitas dengan kegiatan yang Anda gemari.

Seberapa sering? Lakukan setidaknya 30 menit aktivitas aerobik setiap hari dalam seminggu. Jika Anda baru memulai, maka fokuslah pada tujuan Anda melakukan aktivitas tersebut. Kebanyakan, orang tidak perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mulai berolahraga. Namun, jika Anda memiliki riwayat penyakit kardiovaskular atau khawatir tentang seberapa aman olahraga tersebut bagi kesehatan Anda, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2. Latihan Beban dan Dikombinasikan dengan Latihan Aerobik

Hiper3

Latihan beban termasuk jenis latihan resistensi. Latihan beban dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Untuk itu, dengan melakukan latihan beban serta dikombinasikan dengan latihan aerobik dapat membantu mengontrol hipertensi.

Anda dapat menggunakan mesin latihan di gym, dumbbells di rumah, atau menggunakan resistance band. Latihan beban teratur akan menjaga otot Anda tetap kencang. Anda bisa melakukan latihan beban dua kali seminggu untuk merasakan manfaatnya.

Baca Juga: Cegah Diabetes & Penyakit Jantung dengan Angkat Beban

3. Lebih Efektif dengan Latihan Isometrik

Hiper4

Banyak orang belum atau bahkan tidak pernah mendengar tentang Isometric Exercise atau latihan isometrik, namun bisa sangat efektif untuk mengurangi tekanan darah. Bahkan, latihan handgrip sederhana dengan teknik isometrik ini dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

Latihan isometrik memungkinkan otot berkontraksi statis. Jika Anda memegang bola tenis dan meremasnya, Anda sedang melakukan latihan isometrik, otot lengan Anda berkontraksi tetapi tidak menjadi pendek atau memanjang seperti ketika Anda mengambil dumbbell dan melatih otot lengan Anda. Jenis yang paling dipelajari dari latihan isometrik adalah handgrip isometrics.

Teknik ini mirip dengan contoh latihan bola tenis yang tadi, namun suatu perangkat khusus yang digunakan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memulai latihan isometrik. Dokter akan memberikan keterangan spesifik tentang bagaimana memulai dan struktur program latihan isometrik untuk mengontrol tekanan darah.

4. Yoga untuk Mengurangi Stres

Hiper5

Tidak ada keraguan bahwa yoga dapat mengurangi stres. Manajemen stres dapat menjadi faktor penting dalam mengendalikan hipertensi. Untuk itu, Anda bisa melakukan yoga sesering yang Anda suka. Banyak manfaat yang Anda dapatkan jika melakukannya dengan rutin.

5. Suplementasi Omega 3

Hiper6

Setelah melakukan latihan, maka dukung kesehatan Anda dengan pola makan yang sehat pula. Salah satunya adalah dengan menjaga nutrisi penting seperti omega 3, yang merupakan asam lemak sehat yang sangat penting bagi jantung Anda. Seperti mengurangi risiko diabetes, mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga menjaga kesehatan otak.

Makanan sumber omega 3 antara lain dari ikan tuna, ikan salmon, kacang kedelai, bayam, dan juga alpukat. Apabila asupan nutrisi omega 3 Anda kurang mencukupi, maka Anda menambahkannya melalui suplementasi.

Note: Dengan menjaga asupan omega 3 harian maka Anda berarti telah mendukung kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh >> Omega 3 dari Ultimate Nutrition

[sc:Omega3TekananDarah ]

Olahraga dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk mengontrol tekanan darah, mempunyai teman baru, dan menemukan kembali kegiatan yang menyenangkan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes