lama duduk berjam-jam

Lama Duduk, Tingkatkan Risiko Wasir Hingga Obesitas

Rutinitas kerja menuntut Anda untuk selalu duduk dan menghadap komputer. Ya, rutinitas ini sebenarnya dapat mengancam kesehatan Anda. Duduk terlalu lama dapat mengancam kesehatan Anda dari berbagai hal.

Duduk Jendela

Bukan hanya Anda yang sedang bekerja, namun aktivitas duduk berjam-jam juga biasa dilakukan oleh anak-anak Anda di rumah. Misalnya, seperti sedang bermain game online, ataupun aktivitas lainnya yang menghabiskan berjam-jam hanya untuk duduk.

Apa saja dampak terlalu lama duduk bagi kesehatan? Berikut adalah informasinya untuk Anda.

Punggung Akan Merasa Sakit

Jelas, ketika Anda duduk berjam-jam maka punggung Anda akan merasa sakit, khususnya punggung bagian bawah maupun pada sisi tulang belakang Anda secara keseluruhan. Ini disebabkan otot-otot Anda menjadi kaku karena duduk yang terlalu lama. Bukan hanya itu, terlalu lama duduk juga dapat mengubah postur tubuh Anda. Bisa saja tulang belakang mengarah ke samping ataupun membungkuk.

Meningkatkan Risiko Obesitas

Wanita yang sering duduk santai selama tujuh jam dalam sehari dapat memiliki risiko lebih tinggi terserang diabetes tipe 2. Bahkan, ketika aktivitas duduk berjam-jam dilakukan setiap hari, maka bersiaplah terkena penyakit ini. Duduk terlalu lama akan mengurangi kinerja tubuh Anda yang seharusnya digunakan untuk membakar gula yang Ada di dalam tubuh untuk dijadikan sebagai tenaga. Jika gula dalam tubuh tak banyak di proses, maka timbunan gula tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes.

Metabolisme Tubuh Akan Terganggu

Berdasarkan beberapa sumber yang terpercaya, duduk terlalu lama hingga berjam-jam dapat berpengaruh pada sistem metabolisme yang ada di dalam tubuh Anda. Efek yang ditimbulkan misalnya seperti peningkatan kolestrol, sehingga mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Merasakan Nyeri Pada Leher

Terlalu lama duduk dengan posisi tegak dapat menimbulkan nyeri di bagian leher. Rasa sakit tgersebut terjadi akibat peradangan di bagian sendi pada tulang belakang Anda.

Menyebabkan Obesitas

Duduk berjam-jam membuat aktivitas Anda hanya berlangsung di atas kursi dan meja kantor. Sehingga, tubuh Anda tak banyak bergerak. Dengan demikian tubuh tak dapat membakar kalori.

Terkena Risiko penyakit Jantung

Berdasarkan beberapa penelitian, ternyata terlalu lama duduk dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Temuan mengejutkan terjadi di Australia. Ditemukan sekitar 46 persen orang yang menghabiskan kesehariannya dengan duduk dapat menyebabkan penyakit jantung.

Menyebabkan Stres

Sudah pasti, jika Anda hanya duduk maka tingkat stres yang Anda Alami juga semakin tinggi. Hal ini karena aktivitas tersebut Anda lakukan tanpa ada perenggangan otot, sehingga mengakibatkan beban ke otak semakin berlebihan. Itulah yang memicu Anda mengalami stres.

Risiko Terkena Wasir

Jika Anda terlalu lama duduk, maka hal tersebut juga dapat memicu Anda terkena penyakit wasir. Terlebih, kursi yang Anda gunakan beralas kayu atau benda keras lainnya. Hal inilah yang memicu terjadinya peradangan pada tulang ekor, sehingga wasir pun tak terelakkan.

Nah, itulah bahayanya jika Anda terlalu lama duduk berjam-jam. Umumnya, dalam sehari seseorang duduk tak boleh lebih dari 1,5 jam. Jika memang rutinitas Anda menuntut untuk selalu duduk, maka sempatkanlah sebentar untuk berjalan-jalan di sekitar lingkungan kantor Anda. Selain untuk menyegarkan pikiran, dengan berjalan juga membuat organ Anda bergerak, sehingga otot-otot Anda pun juga kendur dan mengalami peregangan. (gie)

BACA JUGA: Alasan Hindari Bersentuhan dengan Fasilitas Umum Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes