Lancarkan Aliran Darah dengan Teknik CRIPE

Awalnya saluran darah manusia tercipta tanpa hambatan. Tapi karena berbagai kebiasaan tak sehat yang Anda lakukan selama ber tahun-tahun, maka Anda menciptakan sendiri tanggul-tanggul yang menghalangi perjalanan darah Anda.

Lancarkan-Aliran-Darah-dengan-Teknik-CRIPE

Dan Anda boleh iri dengan penduduk desa Limone sul Garda-sebuah desa di kawasan Italia Utara. Sebuah survey menemukan bahwa lebih dari 40 persen penduduk desa tersebut memiliki kolesterol tinggi tapi kebal dari penyakit jantung.

Konon rahasianya rahasianya berasal dari Fountain of Youth-sebuah kolam ajaib yang bisa membuat mereka awet muda dan selalu sehat. Tapi, kami harus bilang bahwa itu Cuma mitos. Karena rahasia sebenarnya adalah, mereka memiliki sejenis protein yang terkandung dalam kolesterol HDL yang disebut ApoA-1 Milano. Singkatnya mereka terlahir dengan pembuluh darah yang memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri.

Kini zat penghancur sumbatan pembuluh darah ini sedang dikembangkan oleh para ahli kesehatan jantung. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association menyebutkan, pasien Unit Gawat Darurat yang mendapat suntikan ETC-216 (HDL sintetis yang mengandung ApoA-1 Milano) rata-rata mengalami pengurangan sumbatan pada arteri sebesar 4.2 persen.

“Angka yang cukup kecil,” kata pimpinan studi Dr Steven Nissen. “Tingkat pengobatan yang dilakukan selama beberapa minggu in harus ditunjang dengan faktor lain untuk mengurangi risiko sumbatan dan meningkatkan kadar HDL dalam arteri,” imbuhnya.

Apa saja usaha yang bisa Anda lakukan agar HDL Anda berada pada tingkat yang terbaik? Berikut 4 di antaranya:

Telan Suplemen Kalsium

Kekhawatiran Anda bukanlah osteoporosis, tapi manfaat lain dari tulang yang kuat adalah jantung yang sehat. Penelitian bertahun-tahun yang dimuat dalam American Journal of Medicine menyebtukan, pria yang minum 1.000 mg suplemen kalsium setiap hari membuat kolesterol HDL nya meningkat 7 persen.

“Kalsium mempengaruhi kemampuan tubuh menyerap lemak makanan dan mengurangi timbuna lemak dalam tubuh. Keduanya membantu meningkatkan HDL,” terang pimpinan penelitian Dr Ian Reid.

“Pilihlah suplemen yang mengandung calcium citrat dan 400 UI vitamin D agar daya serap tubuh Anda maksimal,” imbuh Reid.

Latih Otot Bagian Bawah

Para peneliti di Ohio University mempelajari dampak latihan beban pada pria berusia lanjut. Dan mereka menemukan sebuah efek samping yang mengejutkan. Pria yang melatih otot-otot bagian bawah tubuh dengan latihan squat, leg extension, leg press, dua kali seminggu selama 16 minggu berhasil meningkatkan HDL sebanyak 10 persen.

“Jika Anda menambahkan latihan beban pada rutinitas latihan Anda maka HDL Anda akan meningkat,” kata salah satu peneliti, Robert Staron, Ph.D.

Untuk menguatkan otot kaki dan kadar HDL Anda, ikuti dua panduan penting ini. Lakukan 3 set terdiri dari 6-8 repetisi half squat, leg extension, dan leg press dengan jeda tidak lebih dari 2 menit tiap set.

Ikan Daging Putih

Cobalah kakap, bawal, atau keluarga tuna. Sebuah studi di Kanada memandingkan manfaat yang diperoleh sekelompok orang yang secara teratur makan; daging sapi, ikan laut berdaging putih, dan ayam tanpa lemak. Hasilnya, orang-orang yang makan ikan laut berdaging putih secara teratur mengalami kenaikan HDL hingga 26 persen.
“Protein ikan dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang membuat kolesterol HDL meningkat jumlahnya,” kata Helene Jacques, Ph.D.

So, teruskan kegemaran Anda makan ikan bakar.

Lakukan CRIPE

“Agar HDL turun, Anda tidak perlu kerepotan. Cukup olahraga teratur,” kata James Word, Ph.D, ahli jantung dari University of California. Olahraga yang dilakukan berdasar kriteria CRIPE; Continuous, Rhytmical, Interval, Progressive, dan Endurance Training.

Efeknya HDL Anda akan naik sebanyak 25 persen. Cobalah aerobik, jalan cepat, renang atau bersepeda. Idelanya lakukan latihan tersebut 3-4 kali seminggu selama 30 menit. Selama latihan hitung denyut nadi Anda. Target yang dibutuhkan adalah 75-85 persen dari denyut nadi maksimal per menit.

Well, semua cara untuk membuat aliran darah Anda bebas hambatan tidaklah sulit. Anda hanya butuh kesadaran untuk melakukannya. Salam sehat. (dan)

BACA JUGA : RAJIN MAKAN PISANG EFEKTIF CEGAH STROKE

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes