Langkah Efektif Untuk Lindungi Diri Dari Serangan Flu (Bagian 1)

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling menganggu saat musim hujan tiba. Saat sistem kekekebalan tubuh tidak berjalan baik dan lemah, maka dengan mudah penyakit ini akan menyerang Anda. Apa yang harus Anda lakukan sebagai upaya pertahanan diri dari serangan penyakit flu? Simak artikel berikut.


Saat musim hujan tiba, sejumlah bakteri dan virus tersebar bersamaan dengan air hujan. Selanjutnya udara yang telah tercemar bakteri dan virus akan terhisap dan masuk ke dalam saluran pernafasan sehingga mengakibatkan Anda jatuh sakit. Oleh karena itu, dibutuhkan langkah preventif untuk menghindari hal ini. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan agar Anda terhindar dari serangan flu, yaitu:

Tanamkan Kebiasaan Sehat
Untuk mencegah serangan penyakit menular seperti flu, Anda harus menjalankan kebiasaan yang lebih sehat, seperti:

  • Rajin Mencuci Tangan
    Hitunglah berapa sering Anda menggunakan tangan Anda untuk beraktivitas, seperti berjabat tangan, makan, dan sebagainya. Tangan merupakan bagian tubuh yang potensial untuk menularkan penyakit. Itulah mengapa Anda harus segera mencuci tangan ketika Anda sampai di rumah, ataupun setelah Anda berjabat tangan dengan relasi Anda. Jangan mengusap atau memegang bagian tertentu dari wajah sebelum Anda mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh Anda.
  • Gunakan Jaket
    Cuaca yang dingin juga dapat menganggu kesehatan Anda. Ketika tubuh dalam keadaan dingin, sistem kekebalan tubuh akan menurun sehingga mudah terserang penyakit seperti demam, batuk, atau flu. Saat Anda merasa kedinginan, pakailah jaket yang dapat menghangatkan tubuh Anda. Anda juga bisa menambahkan sarung tangan dan syal untuk mencegah udara dingin masuk ke dalam tubuh. Selain berfungsi untuk mencegah penyakit datang, Anda juga bisa tampil lebih percaya diri dengan aksesoris yang Anda gunakan.
  • Rajin Berolahraga
    Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang aktif berolahraga mempunyai tingkat immunoglobulin yang jauh lebih baik dibandingkan orang-orang yang tidak berolahraga. Immunoglobulin adalah antibodi yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang lebih baik, lakukan olahraga minimal 30 menit per hari.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah serangan flu. Selain membiasakan hidup sehat, pastikan Anda juga mengkonsumsi nutrisi yang cukup. Apa saja nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, akan kita kupas dalam artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes