Langkah Efektif Untuk Lindungi Diri Dari Serangan Flu (Bagian 2)

Selain menerapkan kebiasaan sehat untuk menangkis serangan virus penyebab flu, seperti yang kita bahas dalam artikel “Langkah Efektif Untuk Lindungi Diri Dari Serangan Flu (Bagian 1)“, salah satu upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah serangan flu adalah dengan meningkatkan asupan nutrisi ke dalam tubuh untuk memperkuat kekebalan tubuh Anda.


Diet seimbang dengan meningkatkan asupan nutrisi ke dalam tubuh tidak hanya membantu dalam menjaga berat badan, tetapi juga membantu mengurangi risiko penyakit seperti flu dan penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung, kanker dan stroke.

Berikut 6 nutrisi penting yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

  • Vitamin D
    Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa konsumsi vitamin D yang cukup dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh mengidentifikasi dan menghancurkan bakteri dan virus yang membuat kita sakit. Anda perlu 600 – 1.000 IU vitamin D per hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh lebih optimal. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari ikan salmon, susu, sinar matahari, ataupun suplementasi.
  • Polifenol
    Teh hijau kaya akan polifenol. Sebuah studi menunjukkan bahwa jenis tertentu dari polifenol yang disebut catechin dapat membunuh virus influenza. Untuk memaksimalkan manfaatnya dan mengurangi rasa pahitnya, seduh teh hijau dengan air panas tidak lebih dari 1-2 menit saja. Sebaiknya jangan mencampurnya dengan susu, karena protein pada susu dapat menghambat kinerja polifenol.
  • Probiotik
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yogurt mengandung bakteri baik yang dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus. Bakteri baik ini juga dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit, termasuk penyakit flu. Yogurt yang kaya akan probiotik juga dapat meningkatkan aktivitas sel imun dalam melawan virus dan patogen lainnya.
  • Serat Larut
    Serat larut banyak terdapat pada buah jeruk, apel, wortel, serta kacang-kacangan. Serat larut efektif untuk melawan peradangan. Serat larut yang juga banyak terdapat pada gandum, biji-bijian dan sayuran berdaun hijau ini penting bagi kesehatan dan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsilah 25 – 38 gram serat larut tiap hari untuk meningkatkan kesehatan Anda.
  • Royal Jelly
    Royal jelly telah lama dianggap sebagai ramuan panjang umur. Royal jelly dapat meningkatkan energi dan vitalitas karena kaya vitamin dan kolagen. Royal jelly merupakan makanan untuk lebah ratu. Mengandung protein antibakteri yang disebut royalisin, yang bereaksi terhadap bakteri tertentu, termasuk streptokokus dan stafilokokus. Selain itu, royal jelly juga kaya akan flavonoid dan terpenoid yang bersifat antioksidan, bersifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antiprotozoa.
  • Beta Karoten
    Beta karoten adalah antioksidan kuat yang penting meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Food Research di Inggris merekomendasikan konsumsi beta karoten untuk meningkatkan kinerja sel-sel imun tubuh. Beta karoten banyak terdapat dalam sayuran berwarna oranye, termasuk wortel, labu, ataupun ubi jalar. Makanan-makanan ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Mengkonsumsi nutrisi penting untuk daya tahan tubuh Anda dalam jumlah cukup dan seimbang, adalah cara yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terbebas dari serangan flu. Mulailah hidup sehat mulai dari sekarang dan rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes