Latihan 20 Menit Sehari Tingkatkan Prestasi Anak Hiperaktif

Sebuah studi baru menemukan bahwa setidaknya 20 menit aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari setelah pulang sekolah tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik anak-anak, tetapi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif mereka.

latihan-20-menit-untuk-anak-anak

Tim peneliti, yang dipimpin oleh Prof Charles Hillman dari University of Illinois di Urbana-Champaign, mempublikasikan temuan mereka dalam jurnal Pediatrics.

US Department of Health and Human Services merekomendasikan bahwa anak-anak dan remaja usia 6-17 setidaknya harus melakukan aktivitas fisik 20 menit per hari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur di masa kecil dan remaja memiliki banyak manfaat untuk kesehatan di masa mendatang. Kebiasaan ini dapat membantu membentuk tulang dan otot yang sehat, membantu mengontrol berat badan dan bahkan memperbaiki kadar kolesterol dan tekanan darah.

Peneliti menemukan bahwa hanya 20 menit latihan sehari dapat meningkatkan prestasi akademik pada anak-anak penderita attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD) atau biasa dikenal dengan hiperaktif.

Dan tahun lalu, Medical News Today melaporkan penelitian dari Kings College London di Inggris yang menemukan bahwa olahraga teratur untuk anak-anak dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif di kemudian hari.

Dalam studi terbaru ini, Prof Hillman dan timnya menemukan bahwa anak-anak yang turut serta mengambil bagian dalam setidaknya satu jam latihan setelah sekolah menunjukkan perbaikan dalam perhatian dan konsentrasi selama pelajaran. Mereka lebih mampu menghindari gangguan dan memiliki kemampuan lebih baik dalam mengerjakan tugas-tugas kognitif jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengambil bagian dalam program latihan ini.

Sehat dengan Program FITKids Selama 9 bulan.

Para peneliti mendaftarkan 221 anak usia 7-9 tahun dalam sebuah program kesehatan bernama FITKids. FITKids melibatkan anak-anak untuk melakukan aktifitas fisik dari sedang minimal 20 menit setiap hari sepulang sekolah.

“Mereka yang berada di kelompok latihan akan diberikan latihan terstruktur yang dirancang untuk anak-anak dengan gerakan-gerakan yang mereka suka”, kata Prof. Hillman.

Para peneliti menemukan bahwa, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak latihan, mereka yang berada dalam kelompok latihan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kebugaran selama masa studi.

Bukan hanya itu, mereka juga menemukan bahwa anak-anak dalam kelompok latihan menunjukkan perubahan yang lebih baik dalam memblokir gangguan dan lebih fokus pada tugas.

“Kemampuan anak-anak di kelompok ini meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan anak-anak yang tidak latihan,” tambah Prof Hillman.

Para peneliti mencatat bahwa tidak hanya otak anak-anak yang bisa mendapatkan manfaat dari aktivitas fisik.

MNT baru-baru ini melaporkan sebuah penelitian yang mengklaim bahwa latihan aerobik pada orang dewasa ataupun yang lebih tua dapat melindungi fungsi otak, sementara studi lain menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada manula. (ant)

BACA JUGA : LATIHAN RUTIN TINGKATKAN DAYA INGAT HINGGA 60%

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes