lemak tubuh

Lemak di Tubuh Tidak Selalu Buruk Lho!

Banyak yang berasumsi bahwa lemak dalam tubuh memberikan manfaat yang kurang baik bagi kesehatan. Namun tahukah Anda bahwa lemak juga memiliki manfaat bagi tubuh?

lemak tubuh

Lemak kerap dianggap sebagai biang masalah kesehatan seseorang. Seperti timbunan lemak di perut dapat menjadi obesitas. Obesitas sendiri dapat memunculkan beragam penyakit.

Tapi, tidak semua lemak itu buruk. Peneliti dari University of California mengatakan bahwa lemak di bawah kulit dapat melindungi tubuh dari infeksi. Peneliti percaya bahwa jaringan adiposa dapat memproduksi sel imun yang mampu membunuh bakteri dan mikroba lain.

Lemak tidak hanya baik untuk sistem imun. Berikut ini beberapa manfaat mengejutkan dari lemak.

1. Menambah Gairah Seksual

Banyak ahli mengatakan, ketika persentase lemak tubuh Anda terlalu rendah, gairah seks Anda memiliki kecenderungan untuk menurun. Tapi terlalu banyak lemak tubuh juga dapat mengurangi libido.

Menurut American College of Sports Medicine, wanita yang kekurangan lemak 20-32 persen dianggap memiliki kesehatan yang baik, tapi gairah seksual mereka menurun 12 persen.

2. Membuat Tubuh Hangat

Beberapa lemak yang sehat dapat menjaga tubuh Anda tetap hangat, seperti yang dilakukan lemak coklat. Namun kembali lagi. Terlalu banyak timbunan lemak juga tidak baik dan bisa menjadi bumerang, dapat membuat Anda merasa mudah kepanasan.

3. Memberikan Nutrisi

Kekurangan lemak dalam tubuh dapat memberikan dampak negatif pada suplai vitamin untuk organ dan seluruh tubuh. Pasalnya, beberapa vitamin seperti A, D, E, dan K disimpan pada jaringan lemak.

4. Membantu Kesuburan

Lemak dapat membantu sistem reproduksi, menjaga siklus menstruasi tetap normal untuk mempercepat kehamilan. Kadar lemak dalam tubuh terlalu rendah dapat membuat siklus mentruasi tidak teratur.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Inilah Sinyal Sistem Imun Tubuh Menurun

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes