Liver : Penyakit dan Gejala

Dalam artikel “Liver: Struktur, Anatomi dan Fungsi” kita telah membahas mengenai struktur anatomi dan fungsi liver, sehingga mudah dimengerti bahwa liver mudah untuk terpapar dengan berbagai virus, bakteri dan zat toksik yang masuk kedalam tubuh.


Beberapa penyebab utama timbulnya penyakit liver adalah:

Virus Hepatitis

  • Terdapat berbagai virus hepatitis dari hepatitis A hingga E, namun yang terbanyak adalah virus hepatitis A,B dan C
  • Virus Hepatitis A ditularkan dari makanan yang terkontaminasi dan menimbulkan reaksi akut dan akan sembuh sendiri tanpa ada kerusakan sisa pada liver
  • Virus Hepatitis B dan C ditularkan dari hubungan seksual, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi dan dari ibu ke janin dalam kandungan. Kedua virus ini adalah penyebab utama dari sirosis hingga kanker hati

Kolesterol

  • Penumpukan kolesterol di liver dapat menimbulkan perlemakan hati/ fatty liver dan bila tidak diatas dengan benar, juga dapat menjadi sirosis dan kanker hati

Obat-obatan dan herbal

  • Metabolisme sebagian besar obat dan herbal terjadi di liver. Bila konsumsi obat/herbal dalam dosis yang besar atau daam jangka waktu lama, dapat menimbulkan kerusakan

Alcohol

  • Konsumsi alcohol dalam jumlah besar akan menimbulkan kerusakan langsung di hati

Infeksi lain

  • Beberapa kuman seperti tifoid, malaria, lepotospirosis, dll juga dapat menimbulkan kerusakan liver

Gejala gangguan liver
Gejala yang muncul pada kerusakan liver berbeda tergantung dari penyebabnya, namun ada beberapa gejala umum yang timbul, antara lain:

  1. Jaundice/ kuning
    Gejala kuning adalah gejala yang paling sering ditemukan bila terjadi gangguan liver. Hal ini disebabkan karena gangguan metabolisme dan aliran empedu sehingga terjadi penumpukan didalam tubuh. Kuning yang disebabkan gangguan liver harus dilihat dari mata penderita dan bukan dari kulit atau telapak tangan.
  2. Mual dan muntah
    Karena liver adalah organ yang berperan dalam proses pencernaan, maka bila terjadi kerusakan, maka pencernaan akan terganggu dan menimbulkan rasa mual dan muntah.
  3. Muntah dan BAB darah hitam
    Bila kerusakan liver sudah masuk dalam fase sirosis atau kanker hati, komplikasi yang menyertai adalah perdarahan dari lambung. Hal ini akan menimbulkan muntah dan kotoran yang berwarna hitam.
  4. Perut membuncit
    Perut membuncit juga muncul pada kerusakan liver fase sirosis atau kanker akibat penumpukan cairan didalam rongga perut. Gejala lain yang dapat muncul antara lain, mudah lebam dan berdarah akibat gangguan pembentukan factor pembekuan, rasa lemas dan lelah.

Bagaimana memastikan terjadinya gangguan hati dan penanganannya? Akan dibahas di artikel berikutnya.

Dr Jeffry Tenggara, SpPD
Internist-Siloam Hospitals Semanggi

BACA JUGA : Angin Duduk. Penyakit Apa Ini dan Kenapa Begitu Berbahaya?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes