penyebab diabetes

Makanan Bukan Satu-Satunya Pemicu Naiknya Gula Darah Anda!

Saat Anda siap mengatasi penyakit diabetes dapat diartikan bahwa Anda telah siap menghadapi naik turunnya kadar gula dalam darah.

penyebab diabetes

Biasanya, beberapa macam makanan dan minuman diduga menjadi penyebabnya. Meskipun hal tersebut mungkin benar tapi itu bukanlah satu-satunya penyebab. Kelihatannya, beberapa kebiasaan sehari-hari Anda kadang-kadang juga memicu naik turunnya kadar gula darah Anda.

Stres

Ketika Anda sedang dalam keadaan stres karena beberapa faktor, hormon stres mengirim nutrisi dalam tubuh termasuk gula ke dalam aliran darah sebagai antibodi tubuh. Untuk penderita diabetes, respon stres tersebut dapat menghambat gula darah. Stres juga dapat menimbulkan kebiasaan makan yang buruk, kadang menimbulkan nafsu makan bertambah kadang menurun.

Apakah Anda juga menduga bahwa stres dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh? Setiap Anda mengecek kadar gula darah dalam 2 minggu sekali, perkirakan juga tingkatan stres Anda dalam sebuah skala dari angka 1-10. Tulislah juga kadar gula darah Anda dan skala stres Anda. Jika Anda melihat ada hubungan antara keduanya berarti itulah saat yang tepat untuk Anda mengontrol stres.

Gangguan Tidur

Gangguan pada tidur terbukti dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Penderita diabetes yang mengalami masalah dalam tidurnya atau sering terbangun di malam hari berkali-kali pasti akan sangat cepat mengalami kenaikan kadar gula darah dibandingkan penderita diabetes yang mempunyai kualitas tidur yang baik. Jika Anda termasuk ke dalam penderita diabetes yang juga menderita insomnia, sebaiknya obati insomnia Anda terlebih dahulu.

Obat-Obatan

Beberapa obat untuk non penderita diabetes ternyata juga bisa menaikkan gula darah bagi penderita diabetes. Contohnya, antidepresan dan anthihistamin dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan dapat menaikkan gula darah. Berbagai macam kortikosteroid seperti prednison dan kortison yang mampu mengobati peradangan juga dapat menaikkan gula darah. Konsultasikan semua obat yang akan Anda konsumsi dengan dokter Anda untuk memastikan obat-obatan tersebut tidak akan menaikkan gula darah Anda.

Demikian beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh Anda. Janganlah selalu berasumsi bahwa makanan dan minuman saja yang dapat mempengaruhinya. Perhatikan juga hal-hal kecil seperti yang sudah kita bahas di atas agar tubuh Anda tetap memiliki kadar gula darah yang normal. (mee)

BACA JUGA : INI LHO PENYAKIT YANG MENGINCAR MASYARAKAT KOTA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes