manfaat bersepeda

Manfaat Kesehatan Bersepeda Bagi Tubuh

Olahraga bersepeda terbukti memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh seseorang. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan hanya dengan bersepeda.

manfaat bersepeda

Ketika terhalang oleh kesibukan kerja, seseorang kerap berolahraga dengan menggunakan sepeda saat berangkat ke tempat kerja (bike to work). Selain lebih sehat, menggunakan sepeda juga lebih irit, bebas polusi, dan ramah lingkungan.

Selain jalan cepat dan jogging, bersepeda juga merupakan latihan kardio terbaik dan mudah dilakukan. Banyak yang telah merasakan bahwa dengan bersepeda meningkatkan kenyamanan fisik maupun psikologis.

Nah, berikut ini manfaat kesehatan yang didapat hanya dengan bersepeda.

Menurunkan Berat Badan

manfaat bersepeda

Salah satu manfaat bersepeda adalah menurunkan berat badan karena dengan bersepeda akan membakar cukup banyak kalori. Tentunya akan sangat membantu bagi Anda yang menginginkan bentuk tubuh yang langsing dan ideal. Juga, bersepeda dapat meningkatkan perkembangan otot, terutama pada otot kaki.

Baik Untuk Pasien Parkinson

manfaat bersepeda

Menurut penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Radiological Society of North America (RSNA), lebih cepat mengayuh bisa menyebabkan konektivitas yang lebih besar di daerah otak yang berhubungan dengan kemampuan motorik.

Awet Muda

manfaat bersepeda

Penelitian terbaru menyebut bahwa bersepeda juga dapat membuat awet muda. Menurut peneliti, bersepeda tidak hanya membuat kesehatan mental terjaga, tetapi juga dapat menguatkan sistem utama tubuh seperti otot, jantung, dan paru-paru.

Tekan Stres

manfaat bersepeda

Suasana hati akan akan lebih baik setelah bersepeda. Bersepeda terbukti dapat meningkatkan mood, motivasi, mengurangi depresi, dan mengurangi stres. Karena dengan bersepeda, beragam hal dapat kita dapatkan untuk membuat nyaman. Seperti pemandangan yang indah atau bersosialisai.

Meski begitu, kegiatan menyehatkan ini juga bisa merugikan. Terlebih di daerah perkotaan yang padat. Tentunya ini berkaitan dengan polisi dan paru-paru.

Pada penelitian mengatakan, latihan berat akan menghirup 60-150 liter udara per menit. “Masalahnya, Anda juga menghirup udara atau polusi lebih dalam ke paru-paru Anda,” kata peneliti di University of California, dr. Rob Mc Connel.

Jika Anda berangkat ke tempat kerja atau berolahraga dengan menggunakan sepeda, usahakan start lebih pagi. Karena berangkat lebih pagi memungkinkan Anda untuk tidak menghirup terlalu banyak polusi.
Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Bagaimana Stres Gagalkan Penurunan Berat Badan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes