manfaat keringat

Manfaat Mengejutkan Saat Anda Berkeringat!

Berkeringat kadang membuat Anda merasa tidak nyaman dan malu terutama jika Anda sedang menjalankan rutinitas sehari-hari seperti bekerja atau bersekolah. Meskipun keringat sering kali meninggalkan bau dan tanda yang tidak sedap, keringat tersebut ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan Anda. Berkeringat bahkan benar-benar dapat memberikan beberapa manfaat meskipun dalam kondisi Anda tidak berolahraga. Semua keringat yang diproduksi oleh tubuh setiap hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memberi kulit yang tampak sehat bagi Anda.

Headline Mee

Menurut Dr. Adebola Dele Michael, seorang dokter kulit di Radiant Skin Dermatologi dan Laser di New York City mengatakan Medical Daily bahwa berkeringat adalah cara tubuh dan kulit untuk melindungi diri dari kelebihan panas. Berkeringat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Jadi Anda tidak perlu takut untuk berkeringat karena ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Produksi Hormon Endorfin

Berkeringat berkepanjangan biasanya terjadi saat Anda melakukan aktivitas berat dan berolahraga. Berolahraga dapat meningkatkan perasaan baik yang dihasilkan oleh hormon endorfin yang secara alami dilepaskan selama aktivitas fisik berlangsung. Sebuah studi pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam kelompok jurnal Biology Letters menemukan sebuah grup latihan yang benar-benar memiliki tingkat endorfin yang meningkat dan menemukan fakta bahwa orang yang berlatih secara berkelompok memiliki rasa sakit yang lebih sedikit daripada yang berlatih sendirian.

2. Mencegah Timbulnya Jerawat

Pori-pori Anda akan terbuka ketika Anda berkeringat dan secara otomatis akan melepaskan penumpukan kotoran di dalamnya. Menurut Dele Michael, keringat merupakan pembersihan tubuh dari racun yang dapat menyumbat pori-pori dan masalah kulit seperti jerawat dan felk di wajah. Manfaat kulit ini hanya berlaku saat Anda hanya berkeringat ringan atau sedang. Keringat berlebihan, dikenal sebagai hiperhidrosis, benar-benar dapat menyebabkan infeksi kulit seperti kutil dan tinea. Eksim dan ruam juga terjadi lebih sering pada orang dengan hiperhidrosis.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kehilangan terlalu banyak sodium karena berkeringat dapat menjadi masalah jika Anda melakukan diet rendah sodium. Membuang natrium melalui keringat benar-benar dapat membantu mengimbangi diet tinggi natrium. Diet tinggi natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko penyakit jantung, dan dengan berkeringat dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. The School of Medicine dan Public Health di University of Wisconsin-Madison melaporkan bahwa sauna yang menginduksi keluarnya keringat adalah cara yang sehat untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Namun hal ini akan terjadi selama Anda mematuhi waktu yang direkomendasikan untuk bersauna yaitu sekitar 15 sampai 30 menit dalam tiga atau empat hari per minggu.

4. Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Berkeringat dapat menjadi cara yang efektif untuk mengeluarkan garam dan mempertahankan kalsium dalam tulang Anda. Hal ini akan membatasi akumulasi garam dan kalsium dalam ginjal dan urin, yang merupakan tempat batu ginjal. Minum lebih banyak air dan cairan juga merupakan metode pencegahan lain dari batu ginjal.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada konferensi American Urological Association 2013 di San Diego, California., Ditemukan bahkan berjalan selama beberapa jam seminggu bisa mengurangi risiko untuk mengembangkan batu ginjal. Ringan sampai aktivitas sedang mengubah cara tubuh menangani nutrisi dan cairan yang mempengaruhi pembentukan batu. Berkeringat membantu membersihkan sistem tubuh lebih efisien karena menuntut hidrasi berlebih dari tubuh.

5. Detoksifikasi

Racun lingkungan, seperti timbal, merkuri, arsenik dan kadmium, dapat berkontribusi dalam masalah kesehatan dan perkembangan tubuh, terutama pada anak-anak. Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam Journal of Alzheimer menemukan bahwa merkuri juga ditemukan pada ikan, makanan laut, dan lingkungan. Dan semua hal tersebut dapat meningkatkan gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer. Racun tersebut dapat ditemukan dalam keringat meski dengan konsentrasi kecil. Hal ini berarti racun juga bisa diekskresikan dari tubuh Anda melalui keringat.

6. Meningkatkan Terbakarnya Kalori

Jika Anda berkeringat, itu berarti tubuh Anda mungkin sedang membakar lebih banyak kalori daripada yang tubuh Anda lakukan dalam kondisi tidak berkeringat. Latihan atau olahraga merupakan penyebab umum Anda berkeringat, membantu meningkatkan keluarnya energi tubuh Anda. Menurut American Council on Exercise (ACE),berolahraga di suhu hangat dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori daripada berolahraga di suhu dan cuaca yang dingin.

So, setelah mengetahui manfaat berkeringat pada kesehatan Anda apakah Anda masih ragu untuk berolahraga dan memeras keringat Anda?

BACA JUGA: Olahraga Tingkatkan Kemampuan Kognitif Orang Dewasa

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes