perawatan dengan cokelat

Manjakan Kulit Anda dengan Sensasi Perawatan Cokelat

Ya, sebentar lagi hari kasih sayang alias Valentine Day yang diperingati pada setiap 14 Februari akan segera tiba. Meskipun setiap hari kita mencurahkan kasih sayang untuk pasangan, namun perayaan Valentine Day dijadikan momentum untuk memberikan hadiah berkesan bagi pasangan. Ya, hadiah-hadiah tersebut sangat identik dengan cokelat.

Headline Choco

Hmmm, rasanya yang legit membuat semua orang hobi menyantapnya. Jika satu gigitan sudah dicoba, maka Anda pasti tak bisa menyudahinya hingga cokelat itu habis di mulut Anda. Ya, inilah yang menjadi godaan terbesar bagi mereka yang tengah melakukan program diet. Untuk itulah, manfaatkan cokelat untuk hal-hal lainnya yang lebih bermanfaat. Misalnya dengan menggunakannya untuk perawatan wajah. Pertanyaannya, apakah benar cokelat bisa digunakan sebagai perawatan kulit? Berikut adalah informasinya untuk Anda.

Mengapa Cokelat Baik untuk Anda?

Memang benar bahwa cokelat, terutama cokelat gelap dapat menenangkan kulit Anda. Bahan utama yang terkandung di dalamnya adalah kakao yang memiliki berbagai sifat terapeutik. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, flavonoid yang ada dalam cokelat dapat menyerap sinar UV, membantu melindungi dan meningkatkan aliran darah ke kulit, dan kulit akan terhidrasi dengan baik.
Karena kakao kaya akan antioksidan, ia memiliki sifat anti-penuaan juga. Hal ini akan meningkatkan produksi kolagen yang bertanggung jawab untuk mengencangkan kulit dan meregenerasi sel kulit baru. Sehingga, kulit Anda akan lebih tampak bercahaya dan menjaganya dari noda. Perawatan kulit dengan menggunakan cokelat juga cocok untuk semua jenis kulit.

Perawatan Kulit dengan Cokelat Alami

Karena spa cokelat harganya sangat melejit, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Ini akan menghemat pengeluaran Anda dan memberi nutrisi untuk kulit Anda dalam waktu sekejap. Berikut adalah cara dalam memanfaatkan cokelat untuk perawatan kulit.

Masker Cokelat
Kulit Kering, kulit terbakar akibat sengatan matahari, dan kulit sensitif dapat Anda atasi dengan menggunakan masker cokelat. Untuk membuat choco mask, Anda membutuhkan bubuk kakao (bubuk yang mengandung 70% kakao). Anda juga bisa menambahkan yoghurt ke dalam adonan. Jika Anda memiliki kulit yang kering, Anda bisa menambahkan beberapa tetes madu atau minyak zaitun untuk menambah kelembaban kulit Anda. Oleskan pada wajah dan leher, biarkan kering selama 15-20 menit. Cuci muka dengan air hangat dan keringkan.

Pijat dengan Krim Cokelat
Untuk membuat krim cokelat untuk memijat tubuh Anda, maka tambahkan bubuk kakao dan beberapa susu krim dalam mangkuk. Anda dapat mencampur beberapa gram tepung yang sangat berguna untuk menghilangkan minyak pada kulit dan mengangkat kotoran pada kulit. Pijat tubuh termasuk tangan dan kaki menggunakan pasta cokelat ini. Lakukan setidaknya selama 15 menit dan kemudian mandi lah menggunakan air hangat. Biasanya di spa, setelah mengoleskan krim pasta ke tubuh, mereka akan membungkus tubuh agar pasta benar-benar menyerap ke dalam kulit.

Scrub Cokelat
Scrub membantu Anda menyingkirkan sel kulit mati dan memberikan kulit tampak lebih bercahaya dengan menghilangkan kotoran pada lapisan atas kulit. Scrub yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami tidak akan membahayakan kulit, tetapi Anda perlu menggunakan bahan sesuai dengan jenis kulit Anda. Ambil beberapa bubuk kakao dan tambahkan air mawar atau jeruk nipis di dalamnya. Sekarang, giling beberapa oatmeal atau havermut dan tambahkan ke dalam campuran. Tambahkan beberapa gula dan madu. Aduk dan pastikan hingga pasta sedikit lebih padat. Gosokkan pada wajah, lutut, siku dengan gerakan memutar. Ketika Anda merasakan scrub terlalu keras saat dioleskan ke wajah, maka Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Jika semua sudah merata, Anda bisa langsung membasuhnya.

Jika Anda tak dapat menemukan bubuk kakao, Anda dapat membeli cokelat di pasar dan mencairkannya. Pastikan jika menggunakan masker cokelat tidak mengoleskannya pada daerah sekitar mata Anda. Dengan perawatan cokelat, kulit menjadi lebih cerah dan sehat. Anda juga boleh sesekali menjilat krim ini ketika menempel di wajah Anda, pastinya jangan sampai seseorang melihatnya. (gie)

BACA JUGA: Tak Ada Waktu Latihan? Lakukan Latihan Bodyweight!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes