akibat begadang

Masih Sering Begadang? Ini Akibatnya!

Anda tentu tahu akibat yang ditimbulkan dari begadang. Bahkan, dalam lagu raja dangdut yang berjudul ‘Begadang’ pun terdapat sepenggal lirik yang menjelaskan akibat dari begadang. Ya, begadang atau sengaja menahan tidur adalah kebiasaan yang sering Anda lakukan. Baik itu disengaja ataupun tidak, begadang tentu berdampak bagi performa tubuh Anda.

Lembur

Begadang bukan hanya merusak pola kebiasaan tubuh, melainkan juga mengundang beberapa penyakit. Lalu, bagaimana tidur yang sehat itu?

Bagaimana Pertanda Kualitas Tidur yang Baik?

Tidur dengan kualitas yang baik adalah tidur yang ketika Anda bangun, tubuh akan merasa segar dan tak mengantuk setelah beberapa jam pasca Anda bangun dari tidur malam. Jika hal tersebut tidak Anda rasakan, maka bisa dibilang Anda mempunyai kualitas tidur yang buruk.

Kualitas Lembur Ketika Begadang

Terkadang ketika Anda disibukkan dengan aktivitas kantor ataupun tugas-tugas kuliah ataupun sekolah, tak jarang Anda begadang demi mengerjakannya. Belum lagi, bagi Anda yang mahasiswa atau masih pelajar, sering kali belajar kebut semalam untuk ujian esok harinya. Asalkan Anda tahu, ketika Anda begadang, efeknya akan berdampak pada konsentrasi, kemampuan kognitif, serta stabilitas emosional yang buruk. Sehingga, membuat konsentrasi Anda mudah terpecah, sehingga materi yang Anda pelajari tak akan masuk seratus persen di kepala Anda.

Untuk itu ketika Anda akan menghadapi ujian, ada baiknya untuk mengatur jam tidur Anda. Ketika Anda bangun pagi, maka kondisi tubuh terasa bugar. Bangun pagi membuat Anda tingkat konsentrasi Anda menjadi tinggi. Kemampuan menganalisa soal-soal ujian tentunya juga semakin baik.

Hal ini dikarenakan, saat tidur terdapat proses konsolidasi memori. Sehingga, hal yang Anda pelajari dan hafalkan sebelumnya akan tersimpan dengan baik di otak Anda. Dan ketika Anda tidur, otak akan menata ingatan Anda dengan rapi.

Begadang Membuat Kantung Mata Terlihat Jelas

Ketika Anda memutuskan untuk begadang, maka Anda akan mengalami kelelahan mata. Sehingga, pembuluh darah di sekitar mata, khususnya di bawah kulit penyerapannya menjadi kurang baik, hingga membuat lingkar mata Anda lebih mirip dengan mata panda.

Padahal, jika Anda tidur dengan waktu yang cukup, maka regenerasi sel yang rusak akan baik untuk kesehatan kulit wajah Anda. Tidur merupakan kunci terbaik untuk mencegah kerutan, elastisitas kulit, sehingga tampak membuatnya cerah bersinar.

Gemuk Ketika Sering Begadang?

Begadang bukan saja membuat tubuh Anda loyo tak bertenaga, melainkan juga meningkatkan Anda terkena obesitas. Hal ini karena, begadang akan mempengaruhi metabolisme tubuh Anda. Terlebih, saat begadang Anda sering ditemani dengan camilan atau makanan kecil lainnya. Seharusnya saat tengah malam, aktivitas mengonsumsi makanan akan lebih baik dihentikan. Karena, ketika memasuki malam hari sistem pencernaan Anda akan bekerja lebih lambat dari sebelumnya. Sehingga makanan yang Anda makan akan menumpuk dan akhirnya membuat berat badan Anda naik.

Penyakit Kronis Akibat Sering Begadang

Jika Anda hobi begadang di luar rumah dengan memilih nongkrong bersama kerabat, maka bisa dipastikan Anda akan mengalami gangguan kesehatan jangka panjang. Angin malam yang menerpa tubuh Anda dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru Anda. Bukan hanya itu, sering begadang juga dapat menyebabkan hipertensi. Hal ini terjadi akibat sel-sel inflamasi yang meningkat ketika Anda begadang. Begadang juga memicu terjadinya peradangan, yang terjadi sebagai respons pertanda stres. Badan Anda seolah stres jika Anda kurang tidur. Tingkat sel inflamasi meningkat dan itu mempengaruhi peningkatan kekentalan darah, kerusakan pembuluh darah, dan ini jelas mengakibatkan hipertensi, jantung dan stroke.

Hindari begadang demi kesehatan Anda. Jika Anda begadang dengan dalih mengejar deadline untuk tugas kantor, maka jangan pernah menunda pekerjaan. Ayo semangat dalam mengubah pola hidup kita agar Kesehatan Anda terus terjaga. (gie)

BACA JUGA: Jangan Hanya Bermimpi, Raih Sixpack Anda Sekarang Juga!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes