Mengalami Gatal Menyiksa, Kenali Dulu Penyebabnya!

Setiap orang tentunya mendambakan kulit yang halus, mulus, dan bersih. Kesehatan kulit merupakan perawatan nomor satu untuk menunjang fisik seseorang. Bahkan, beberapa orang di antaranya rela merogoh kocek yang tak sedikit untuk mendapatkan perawatan kulit yang lengkap.

penyebab gatal
Namun tahukah Anda, terdapat beberapa gejala penyakit kulit yang biasanya disepelekan padahal dapat berisiko tinggi mengganggu kesehatan kulit. Bahkan, jika dibiarkan akan menimbulkan gatal yang teramat sangat, hingga menimbulkan bekas permanen pada kulit.

Mengetahui Penyebab Gatal

Gatal sendiri merupakan suatu perasaan yang secara otomatis atau refleks menuntut seseorang untuk terus menggaruk. Meski dianggap remeh gatal jika dibiarkan bisa menyebabkan infeksi sekunder pada kulit. Perlu diingat, gatal merupakan gejala sehingga harus dicari dasar penyebab gatal itu sendiri.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui berbagai jenis penyebab gatal-gatal. Gatal-gatal dibagi dalam kelompok berdasarkan penyebabnya. Ada yang disebabkan oleh alergi, bakteri, jamur, virus, dan parasit. Melihat bentuk gatal pada kulit, biasanya langsung dapat diketahui penyebabnya.

Gatal Karena Alergi

Jika gatal tersebut disebabkan oleh alergi, maka dapat menghentikan dan menghindari benda atau makanan alergan. Seperti alergi karena cuaca dingin, biasanya ditandai dengan adanya suatu tekanan.

Rasa gatal yang bisa muncul pada kulit yang mengalami tekanan misalnya seperti di ikat pinggang, pakaian dalam, dan juga pada telapak kaki. Gejala ini dirasakan akibat rangsangan mekanik yang ditandai dengan warna kemerahan pada kulit dan juga gatal jika ia meletakkan tangannya di atas meja dan lipatan kursi.

Gatal Karena Bakteri

Pada gatal-gatal yang disebabkan karena bakteri, awalnya berupa lesi berisi cairan. Karena sering digaruk, kemudian masuk bakteri sehingga menyebabkan terjadinya koreng pada kulit. Cirinya, koreng biasanya disertai dengan nanah yang berwarna kehijauan. Jika terus digaruk dan nanah tersebut pecah, maka dapat menyebar ke daerah kulit lainnya.

Gatal Karena Jamur

Selanjutnya, jika gatal tersebut disebabkan oleh jamur, letaknya biasanya berada di daerah lipatan kulit seperti paha, tangan, perut, kaki, dan lainnya. Jika disebabkan karena jamur, rasa gatal akan lebih terasa dan sulit tertahankan untuk tidak menggaruk. Biasanya berbentuk kemerahan pada kulit dan basah. Kelainan kulit akibat jamur sering disebut sebagai panu, kadas, kurap, dan berbentuk merah bulat.

Gatal Karena Virus

Terdapat pula gatal-gatal yang disebabkan karena virus. Masuknya virus ke dalam tubuh dikarenakan daya tahan tubuh menurun. Bentuknya sendiri berupa bintik berisi cairan tapi bening. Biasanya tidak terlalu menimbulkan rasa gatal, tapi terasa pedih. Misalnya saja seperti cacar dan herpes.

Gatal Karena Parasit

Penyebab gatal yang paling mengganggu lainnya disebabkan karena parasit. Rasa gatal yang menyiksa muncul pada saat malam hari. Gatal yang disebabkan karena parasit disebut juga dengan scabies, disebabkan oleh kutu atau tungau Sarcoptes scabiei.

Pada manusia yang terinfeksi parasit ini biasanya hidup di tempat kotor dan menyerang manusia secara berkelompok. Sehingga, apabila salah satu anggota terkena infeksi ini, maka dapat menular kepada anggota keluarga lainnya. Kelainan kulit jika terinfeksi parasit ini bisa berupa terowongan-terowongan di bawah lapisan kulit, yang berbentuk tipis, berwarna putih atau keabu-abuan. Kelainan tersebut biasanya ditemukan pada sela-sela jari, pergelangan tangan, siku bagian luar, lipatan ketiak, pantat dan masih banyak lagi lainnya.

Mengatasi penyakit gatal-gatal maka perlu mengetahui terlebih dulu penyebab gatal-gatal tersebut. Dengan diketahuinya sebab dan gejala penyakit gatal, maka bisa diberikan jenis pengobatan yang tepat.

Namun, yang terpenting untuk menghindari gatal-gatal tersebut adalah menerapkan kebiasaan hidup sehat dan bersih. Dengan begitu gatal-gatal yang disebabkan oleh virus, jamur, dan parasit enggan untuk bersarang pada kulit kita. (gie)

BACA JUGA: Kebiasaan Sehari-Hari yang Picu Nyeri Punggung

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes