minum setelah olahraga

Mengapa Harus Minum Air Setelah Berolahraga?

Setelah berolahraga, Anda pasti akan terasa haus. Nah, minum air adalah solusi terbaik untuk melepas dahaga usai latihan atau olahraga.

minum setelah olahraga

Namun tahukah Anda manfaat minum air usai melakukan latihan atau olahraga? Langsung saja, berikut ini manfaat minum air putih setelah berolahraga.

1. Pengatur Suhu Tubuh

Minum air putih usai olahraga dapat membantu mengatur suhu tubuh. Terutama pada suhu hangat, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan karena cenderung berkeringat lebih banyak.

2. Jantung Palpitasi (Detak Jantung Abnormal)

Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Air membantu dalam sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan akan membuat detak jantung kembali normal. Air dapat memudahkan sirkulasi oksigen dan nutrisi.

3. Mencegah Kram Otot

Sedikit air dalam jaringan otot dapat menyebabkan kram. Karena itu, penting untuk minum air menggantikan cairan yang hilang saat berolahraga.

4. Dapat Menyebabkan Mual

Kekurangan air usai berolahraga dapat menyebabkan mual.

5. Pusing Dan Kebingungan

Kekurangan air dalam tubuh menyebabkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh kurang lancar. Ini menghambat masuknya sebagian besar senyawa hadir dalam darah memasuki otak. Hal ini dapat menyebabkan pusing dan kebingungan.

6. Menghambat Kinerja

Kurang air menghambat kemampuan fisik dan mental seseorang. Tentu, hal ini dapat menyebabkan penurunan performa.

7. Menurunkan Berat Badan

Minum air putih usai berolahraga juga membantu menurunkan berat badan. Biasanya setelah olahraga sering merasa lapar dan mulai makan sehingga kalori bisa menumpuk. Dengan minum air dapat membuat Anda merasa kenyang dan kebutuhan kalori berkurang. Sedikit air dalam tubuh juga mengurangi tingkat metabolisme. Jadi dalam rangka untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat, adalah penting untuk minum air setelah berolahraga.

8. Melindungi Organ Vital

Dengan memiliki air yang seimbang dalam tubuh dapat melindungi organ-organ vital dalam tubuh. Minum air atau cairan sangat penting setelah latihan. Anda juga bisa minum jus. Sport drink juga pilihan yang baik untuk diminum setelah berolahraga karena mengandung garam penting seperti potasium dan sodium yang hilang dalam bentuk keringat saat berolahraga.

Namun, suhu air tetap harus dijaga agar tidak terlalu dingin. Jika terlalu dingin, air dapat mengejutkan sistem tubuh.

Dengan minum setelah olahraga dapat mencegah dehidrasi. So, jika Anda usai melakukan latihan atau olahraga jangan lupa untuk selalu minum air. (ctr)

BACA JUGA: Tren Sehat Minum Air Putih dengan Infused Water

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes