manfaat lidah buaya

Mengapa Jus Lidah Buaya Baik Untuk Tubuh?

Sebagian besar menggunakan lidah buaya sebagai krim wajah atau lotion. Namun, lidah buaya juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya bagi tubuh.

manfaat lidah buaya

Lidah buaya (aloe vera) dikenal sebaai obat alami untuk bagian luar tubuh seperti menyehatkan rambut dan perawatan kulit. Namun, bagian dalam tubuh juga dapat merasakan manfaat dari jus lidah buaya ini. Mulai dari menurunkan berat badan, hingga membantu penderita diabetes.

Nah, berikut ini beberapa manfaat jus lidah buaya bagi kesehatan tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Jus lidah buaya menjadi salah satu alternatif alami yang sehat untuk menurunkan berat badan. Senyawa yang terkandung dalam lidah buaya membantu menstabilkan metabolisme dan membantu membakar lemak tubuh.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Lidah buaya memiliki manfaat untuk menyembuhkan masalah pada usus dengan sifat anti-inflamasinya. Pasalnya, lidah buaya dapat menimbulkan bakteri baik (probiotik) dalam usus, yang membantu mengatasai masalah pencernaan seperti mulas.

Membantu Diabetes

Mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur dapat mengontrol tingkat gula darah. Tentunya, ini juga dapat membantu penderita penyakit diabetes. Ini dikarenakan kandungan tiga senyawa dalam lidah buaya yaitu lektin, mannans, dan anthraquinones.

Melawan Inflamasi (Peradangan)

Dalam jus lidah buaya terdapat 12 senyawa yang mampu mencegah peradangan. Kelebihannya, 12 senyawa tersebut tanpa menimbulkan efek samping. Dengan sifat antiinflamasi, jus lidah buaya dapat membantu menghadapi masalah seperti nyeri sendi atau pembengkakan.

Sumber Asam Amino

Jus lidah buaya dapat menghasilkan tujuh dari 20 asam amino esensial berbeda yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun protein.

Cegah Penyakit Kardiovaskuler

Dalam beberapa penelitian, ekstrak lidah buaya terkait dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Hal ini dikarenakan nutrisi dalam lidah buaya dapat mengatur tekanan darah, meningkatkan oksidasi dan sirkulasi darah, hingga menurunkan kolesterol.

Detoksifikasi

Jus lidah buaya secara alami dapat menjadi pilihan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh (detoksifikasi). Kebiasaan tidak sehat seperti merokok, makanan kurang sehat, stres, dan polusi, harus memaksa tubuh kita mengeluarkan racunnya. Vitamin dan mineral dalam jus lidah buaya dapat menjadi solusinya.

Namun, cara terbaik adalah tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi jus lidah buaya ini, khususnya bagi penderita diabetes.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Panggil Dokter Jika Air Kencing Anda Seperti Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes