Mengenal Kanker Paru Lebih Dekat

Baru baru ini kita dikejutkan oleh kabar meninggalnya salah seorang menteri karena kanker paru stadium lanjut. Statistik menunjukkan bahwa di seluruh dunia, kanker paru memang merupakan penyebab kematian utama pada kanker , dan pada umunya kanker paru baru terdeteksi pada stadium lanjut.


Sebenarnya, apa yang disebut kanker itu? Kanker adalah penyakit yang terjadi bila pertumbuhan sel dalam tubuh menjadi tidak terkontrol dan merusak jaringan sekitarnya. Bila hal ini terjadi di paru, inilah yang disebut kanker paru.

Apa saja gejala dari kanker ini? Biasanya pasien datang pertama kali dengan gejala batuk darah yang sering dianggap sebagai infeksi TBC. Gejala lainnya yang dapat menyertai kanker paru adalah penurunan berat badan secara drastis, demam hingga sesak nafas yang menyerupai gejala asma. Namun sebagian besar pasien tidak menunjukkan gejala apapun hingga kanker masuk kedalam stadium lanjut.

Gejala kanker paru lainnya :

  1. Nyeri dada terus menerus
  2. Nyeri pada tulang dan persendian yang disebabkan penyebaran kanker
  3. Rasa lemas terus menerus
  4. Batuk yang progresif dan disertai darah
  5. Penurunan nafsu makan
  6. Kejang

Apa saja penyebab kanker paru?
Beberapa penyebab dari kanker paru yaitu paparan asap rokok. Paparan asap rokok baik aktif maupun pasif merupakan faktor utama (namun bukan satu-satunya) dari kanker paru.

Penyebab lainnya adalah:

  1. Asbestos, yang sering terdapat pada atap bengkel ataupun pada konstruksi bangunan.
  2. Paparan polutan udara seperti dari gas buang mobil
  3. Arsen
  4. Infeksi virus seperti CMV

Bagaimana kanker paru dapat dideteksi segera?
Pemeriksaan yang paling mudah dan cepat adalah rongent dada/ chest X-Ray. Pemeriksaan ini tersedia secara luas dan dengan harga yang murah, namun perlu dimengerti bahwa pada beberapa kasus kanker paru, rongent dada dapat memberikan hasil normal.

Pemeriksaan yang paling akurat untuk mendeteksi adanya kanker paru adalah CT scan dada. Dengan pemeriksaan ini, didapatkan gambaran 3 dimensi kondisi paru sehingga tumor/kanker yang berukuran kecil pun akan terdeteksi.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes