Menjalankan Puasa pada Penderita Diabetes

Tiap tahun umat Islam menjalankan ibadah puasa dan ini sudah menjadi ritual yang dinanti diseluruh dunia. Bagi penderita diabetes, puasa tetap dapat dijalankan namun dengan persiapan yang lebih dibandingkan pada orang yang tidak punya diabetes. Perlu diingat juga bahwa ada kondisi diabetes tertentu yang tidak disarankan menjalankan puasa (ini akan kita bahas semua).

Bagi penderita diabetes, pertama-tama tentukan apakah anda layak dan mampu untuk menjalankan puasa. Dibawah ini adalah kriteria penderita diabetes yang tidak disarankan untuk menjalankan puasa (namun bukan menjadi patokan pasti)

  1. Usia tua: usia diatas 60-70 tahun mudah sekali terjadi gangguan/ketidakseimbangan zat gizi akibat perubahan nafsu makan. Selain itu pada usia tua, sering didapatkan penyakit penyerta lain seperti hipertensi, riwayat stroke yang akan memperberat kondisi fisik saat berpuasa.
  2. Diabetes dengan penyakit lain : diabetisi yang juga memiliki penyakit lain seperti riwayat sakit jantung, hipertensi memerlukan konsumsi obat secara rutin dalam jangka waktu 8-10jam, sehingga pada saat puasa akan terjadi perubahan pola konsumsi obat.
  3. Diabetes yang menggunakan insulin: pada umumnya insulin diberikan pada diabetisi yang gagal terkontrol dengan obat oral (walau saat ini sudah terjadi pergeseran paradigma untuk menggunakan insulin dari awal). Pada kondisi diabetes yang memakai insulin, kejadian hipoglikemia /gula darah rendah sangat mudah terjadi apalagi saat berpuasa.

Pada ketiga kondisi tersebut, seorang diabetisi tidak disarankan untuk berpuasa. Namun hal ini bukan suatu yang mutlak dan tetap dapat berpuasa dengan persiapan yang lebih matang.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes