Mitos dan Fakta Kebiasaan Tidur (Bagian 2)

Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai berbagai mitos dan fakta mengenai kebiasaan tidur. Seperti yang telah disebutkan dalam “Mitos dan Fakta Kebiasaan Tidur (Bagian 1)” di edisi sebelumnya, gangguan tidur merupakan masalah yang dialami oleh banyak orang. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai mitos dan fakta seputar kebiasaan tidur yang tepat akan membantu Anda mengatasi gangguan tidur yang Anda alami.

  1. Sedikit Kurang Tidur Bukanlah Hal Yang Serius
    Fakta: Kehilangan bahkan hanya 90 menit dari jam tidur Anda dalam 1 malam saja dapat mengurangi kewaspadaan diri Anda hingga sebanyak 32%. Jumlah ini sudah cukup untuk merusak daya ingat, kemampuan berpikir, dan keselamatan Anda pada saat melakukan pekerjaan dan di jalan. Data National Sleep Foundation di Amerika menunjukkan bahwa sebanyak 1,9 juta pengemudi mengalami kecelakaan mobil atau nyaris mengalami kecelakaan akibat mengantuk. Itulah sebabnya Anda tidak boleh mengemudi maupun mengoperasikan mesin atau alat berat lainnya ketika Anda kurang tidur.

    Tips: Jika Anda melewatkan beberapa jam untuk tidur dalam satu malam, pertimbangkan untuk menghindari melakukan akitivitas yang cukup berisiko, seperti mengemudi, menjalankan mesin dan sebagainya. Jika Anda terkantuk-kantuk di meja kerja Anda, cepatlah berjalan naik turun tangga. Latihan fisik akan membantu Anda terjaga, karena kenaikan suhu tubuh akibat aktivitas fisik akan meningkatkan kewaspadaan untuk sementara waktu. Jika memungkinkan, sisihkan sebagian jam makan siang Anda untuk tidur siang. Jangan lupa untuk menghidupkan alarm, atau mintalah seorang teman untuk membangunkan Anda.

  2. Perbanyak Tidur Pada Akhir Pekan Untuk Mengganti Tidur Yang Kurang
    Fakta: Membayar “hutang” tidur dengan menambah jam tidur lebih panjang pada akhir pekan tidak realistis. Disebut tidak realistis karena Anda sudah sangat sibuk pada hari-hari sebelumnya, jadi Anda tentu baru bisa meluangkan waktu untuk anak-anak Anda, untuk berolahraga, berkumpul dengan teman-teman atau melakukan kegiatan lain di akhir minggu, sehingga Anda tidak akan sempat tidur lebih lama bahkan bisa jadi Anda malah akan menambah “hutang” tidur Anda lebih besar lagi.

    Tips: Sebaiknya hindari ber“hutang” tidur pada hari kerja dengan harapan Anda akan menebusnya selama akhir pekan. Untuk itu, cobalah luangkan waktu untuk tidur siang sebentar sehingga Anda dapat mencukupi kebutuhan tidur Anda.

  3. Jam Berapa Anda Mulai Tidur Bukanlah Suatu Masalah
    Fakta: Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur larut malam hampir 3 kali lebih mungkin mengalami gejala depresi dibanding mereka yang tidur lebih awal, bahkan meskipun mereka memiliki jumlah jam tidur yang sama sekalipun. Para ahli menduga adanya waktu yang optimal dalam waktu 24 jam untuk tidur dan bangun, kata Lisa Shives, MD, peneliti tidur dan pendiri North Shore Sleep Medicine. Beberapa penelitian menunjukkan tidur terlalu larut bisa berdampak buruk bagi mood dan kesehatan secara keseluruhan.

    Tips: Jika Anda ingin menggeser jadwal tidur Anda, mulailah secara bertahap. Mulailah berbaring di tempat tidur 15 sampai 30 menit lebih awal selama beberapa hari, dan pastikan lampu kamar tidur dan rumah Anda redup selama sekitar 2 jam sebelum waktu itu. Kemudian atur alarm untuk bangun 7 sampai 8 jam kemudian.

  4. Obat Tidur Adalah Solusi Masalah Tidur Anda
    Fakta: Masalah tidur sebaiknya diatasi dengan langkah yang tepat, yaitu dengan cara memperbaiki homeostat tidur (seperti yang dijelaskan di artikel edisi sebelumnya), dan penggunan obat tidur memerlukan preskripsi dan pengawasan dari dokter.

    Sebenarnya, obat tidur akan sangat bermanfaat untuk mencegah insomnia menjadi kronis. Namun demikian, berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter yang merawat Anda adalah langkah terbaik sebelum memutuskan untuk membeli dan mengkonsumsi obat tidur yang dijual bebas. Dan seperti semua obat-obatan lainnya, obat tidur juga dapat menyebabkan efek samping seperti pusing, sakit kepala, dan sebagainya, sehingga obat-obatan ini tidak dimaksudkan disarankan untuk penggunaan jangka panjang.

    Tips: Sebaiknya Anda lakukan langkah-langkah alami untuk membantu mengatasi masalah tidur Anda sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat tidur. Lakukan tips-tips yang telah diberikan di atas untuk membantu mengatasi masalah Anda. Dan sebelum mengkonsumsi obat tidur, selalu tanyakan kepada dokter Anda tentang efek samping dan kontraindikasi dari obat-obatan tersebut bagi Anda.

Beberapa mitos dan fakta yang telah dijelaskan di atas adalah sebagian dari banyak mitos yang berkembang di masyarakat seputar kebiasaan tidur. Namun demikian, dengan mengetahui fakta yang sesungguhnya di balik mitos tersebut, serta beberapa tips untuk membantu Anda mengatasi masalah tidur Anda, maka mulailah sebuah kebiasaan tidur yang lebih baik, dan dapatkan tidur berkualitas yang akan membantu pula dalam meningkatkan produktivitas Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes