cara membakar lemak

10 Cara Membakar Lemak Lebih Banyak Setiap Hari

Bagaimana cara membakar lemak lebih banyak pada setiap harinya? Berikut ini adalah 10 cara sederhana untuk membantu kita mewujudkannya.

Ketika memasuki program fat loss atau cutting, apa yang menjadi target utama kita?

Tentu saja adalah untuk memangkas kadar lemak berlebih dalam tubuh.

Kunci utama untuk melakukannya adalah dengan rutin berlatih, mengatur pola makan (diet), serta tak lupa istirahat yang rutin.

Akan tetapi, adakah cara membakar lemak yang lebih banyak?

Sejatinya tetap pada tiga hal di atas tadi, yaitu latihan (olahraga), diet, dan istirahat. Bila perlu, tambahkan suplementasi untuk mendukung program kita.

Dengan keempat aspek tersebut, bila dipoles dengan tepat, maka tubuh kita akan mampu membakar lemak lebih banyak setiap harinya.

Berikut ini ada 10 tips atau cara membakar lemak lebih banyak agar goal kita semakin cepat terwujud.

1. Hindari Makanan yang Mendongkrak Insulin

cara membakar lemak

Insulin merupakan hormon yang berfungsi sebagai penggerak kalori yang kita konsumsi.

Produksi hormon ini sendiri dipicu oleh makanan apa saja yang kita konsumsi, terutama karbohidrat.

Hormon insulin akan membawa kalori yang tidak terbakar (karena tidak ada aktivitas) lalu kemudian disimpan menjadi lemak.

Jadi, langkah terbaiknya adalah dengan menghindari makanan yang dapat mendorong peningkatkan insulin ketika kita tidak sedang beraktivitas, terutama ketika tidak akan latihan.

Yaitu bisa dimulai dengan menghindari gula, jus buah, dan karbohidrat olahan seperti roti atau pasta di banyak waktu senggang. Hal ini penting untuk dilakukan jika kita ingin memangkas kadar lemak tubuh yang berlebih.

Makanan-makanan tersebut akan mendorong peningkatkan insulin, melambatkan metabolisme, dan pada akhirnya bisa membuat kita sulit untuk membakar lemak lebih banyak.

2. Konsumsi Pendongkrak Insulin Saat Akan Latihan

cara membakar lemak

Hal ini berbeda pada poin yang pertama tadi.

Kita dapat mengonsumsi makanan yang mampu mendorong produksi insulin saat akan pergi berlatih.

Karena insulin merupakan penggerak kalori yang kita konsumsi, maka insulin akan memberikan nutrisi ke jaringan otot saat kita akan berlatih.

Tentu, efeknya adalah memberikan otot dengan energi tambahan. Di sisi lain, juga dapat menyediakan energi saat dalam masa pemulihan dan pertumbuhan otot (ketika bersamaan dengan mengonsumsi protein).

Dwayne Jackson, Ph.D, dikutip dari bodybuilding.com, mengatakan bahwa karbohidrat dan protein (pada tingkat yang lebih rendah) dapat menyebabkan pelepasan insulin. Jadi, tidak perlu berlebihan dalam konsumsi karbohidrat untuk mendapatkan manfaat maksimal dari protein.

Cukup konsumsi whey protein isolate (cepat dicerna) serta karbohidrat yang cepat dicerna seperti nasi putih dan madu, 90 sebelum atau 60 menit setelah latihan.

3. Konsumsi Serat Sebagai Cara Membakar Lemak Lebih Banyak

cara membakar lemak

Kita mungkin sudah tahu bahwa diet tinggi serat (fiber) dapat mendukung kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tapi tidak hanya itu, serat juga sangat baik untuk program penurunan berat badan.

Makanan yang kaya serat dapat membantu mengurangi pelepasan insulin sehingga tubuh kita dapat terhindar dari penimbunan lemak.

Serat juga membantu tubuh kita menjadi merasa kenyang lebih lama.

Untuk itu, salah satu cara membakar lemak lebih banyak adalah dengan konsumsi makanan yang kaya serat seperti brokoli, bayam, dan kale.

Mengonsumsi serat akan membantu tubuh kita terhindar dari makan berlebihan saat jadwal makan besar.

4. Coba Intermittent Fasting

cara membakar lemak

Sudah pernah mendengar istilah ini bukan?

Dalam bahasa Indonesia dapat digaris besarkan sebagai diet puasa. Yaitu tidak makan dalam beberapa waktu, namun masih konsumsi minuman.

Sebenarnya, metode Intermittent Fasting ini lebih kepada mengatur kebiasaan makan kita dan pemotongan jumlah kalori.

Untuk melakukan diet seperti ini, maka pilih jeda waktu puasa yang sesuai dengan kondisi tubuh kita. Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah hindari konsumsi makanan (saat berbuka) yang dapat meningkatkan insulin.

Saat berbuka, bisa dimulai dengan konsumsi protein lambat serap atau makanan yang kaya akan serat.

5. Cara Membakar Lemak Lebih Banyak dengan Energi Maksimal

cara membakar lemak

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kafein akan membantu memberikan energi saat latihan. Tapi bukan hanya itu saja fungsi kafein sebagai cara membakar lemak (dengan menambah energi saja).

Kafein juga dapat mempercepat pelepasan lemak serta membantu mencegah kalori yang tidak terpakai untuk disimpan menjadi lemak.

Selain itu, kafein juga membantu menstimulasi sistem saraf pusat untuk mendukung latihan yang lebih lama dan lebih baik. Dalam artian, kafein membantu kita untuk mengangkat beban lebih banyak serta mendorong lebih banyak repetisi.

Akan tetapi, tubuh masing-masing orang merespon kafein dengan berbeda. Yang paling penting adalah untuk selalu tahu bagaimana cara memanfaatkan dan konsumsinya.

Hindari konsumsi kafein ketika hendak berangkat tidur karena akan dapat mengganggu waktu istirahat kita.

6. Tambahkan BCAA untuk Dongkrak Energi dan Bakar Lemak

cara membakar lemak

Satu hal yang ingin kita hindari di sini saat melakukan program fat loss adalah kehilangan massa otot.

Ketika dalam kondisi defisit kalori, maka potensi kehilangan massa otot juga besar. Maka dari itu, tubuh kita membutuhkan BCAA atau branched-chain amino acids.

BCAA terdiri dari tiga asam amino, yaitu leusin, isoleusin, dan valin.

Dengan menambahkan suplementasi BCAA, maka ini akan membantu mempertahankan metabolisme tubuh. Selain itu, BCAA juga membantu mendorong pelepasan insulin pada saat latihan.

7. Tambahkan Creatine untuk Performa Latihan yang Lebih Maksimal

cara membakar lemak

Cara membakar lemak lebih banyak tentu saja adalah dengan latihan yang keras dan cerdas.

Dengan creatine, maka tujuan kita tersebut akan dapat terbantu.

Creatine adalah salah satu suplemen yang populer untuk membantu meningkatkan kekuatan dan ukuran massa otot. Tapi ketika masuk program fat loss, tidak sedikit yang melewatkannya. Padahal seharusnya tidak demikian.

Dengan creatine, massa otot juga akan meningkat. Dan konsep sederhana pembakaran lemak adalah semakin banyak otot maka pembakaran lemak tubuh semakin tinggi.

Salah satu alasan kenapa creatine dilewatkan saat fat loss adalah dapat menyebabkan kembung dan retensi cairan. Hal ini seolah membuat presentasi pembakaran lemak yang terjadi tidak terlihat.

8. Cara Membakar Lemak dengan Menambahkan Carnitine Pasca Latihan

cara membakar lemak

Carnitine merupakan asam amino non-esensial yang disintesis di hati dan ginjal oleh lisin dan metionin.

Carnitine mempromosikan pembakaran lemak dan pembentukan otot, sehingga menjadikannya suplemen yang baik saat kita memasuki program fat loss.

Pada dasarnya, carnitine membantu mengangkut asam lemak ke dalam sel tubuh untuk digunakan sebagai sumber energi. Ini akan membantu pembakaran lemak.

Yang direkomendasikan adalah konsumsi 1,5 gram L-carnitine sebelum dan sesudah latihan beban, serta sebelum sesi latihan kardio.

Dalam jurnal American Journal of Physiology-Endocrinology and Metabolism tahun 2002, dikatakan bahwa L-carnitine tidak hanya terbukti mampu membantu memangkas kadar lemak berlebih dalam tubuh, tetapi juga membantu menjaga daya tahan tubuh di masa pemulihan (recovery) pasca latihan.

9. Sebisa Mungkin Hindari Gula Rendah Kalori

cara membakar lemak

Pernah mendengar-kan gula rendah kalori? Kalau pemanis buatan?

Walaupun pada kenyataannya memang produk tersebut sangat rendah kalori, tapi jika dikonsumsi dengan sering dalam menu diet Anda, maka bukan tidak mungkin akan mendorong pelepasan insulin.

Semakin banyak insulin yang dilepaskan, semakin banyak tubuh akan cenderung mendorong kalori untuk disimpan menjadi lemak.

Kalaupun Anda memang ingin mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan, ada baiknya bila dikonsumsi mendekati waktu latihan. Yang mana pada masa ini tubuh membutuhkan pelepasan insulin guna mendorong pertumbuhan dan pemulihan otot.

10. Tidak Perlu Takut Ngemil Saat Malam Hari

cara membakar lemak

Salah satu nasihat yang bertebaran saat diet adalah, ‘Jangan makan terlalu malam, nanti cepet gendut’. Pernah mendengar nasihat ini?

Sebenarnya tidak perlu takut dengan kalimat di atas. Solusinya adalah dengan konsumsi camilan yang sehat.

Jika memang sudah terlalu larut dan ingin ‘ngemil’, maka Anda bisa pilih cemilan yang mengandung protein lambat serap seperti casein. Juga bisa konsumsi lemak baik atau serat.

Nutrisi tersebut akan memperlambat pencernaan, menyediakan pelepasan nutrisi yang stabil untuk melindungi jaringan otot dari katabolik (kondisi merusak otot) pada saat kita tidur.

Sebagai contoh, Anda bisa konsumsi protein casein (20-30 gram) ditambah dengan buah yang kaya serat.

Sudah siap untuk mempraktekkan 10 hal di atas sebagai cara membakar lemak lebih banyak di tubuh kita? Let’s do it!

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes