Ini Dia 10 Manfaat Sehat Buah Apel

Para ahli mengatakan bahwa mengonsumsi buah apel, bisa membantu dehidrasi ketika berpuasa dan mengurangi rasa haus, namun selain itu ada banyak manfaat sehat lainnya, apa saja?

10 Manfaat Sehat Buah Apel

Dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya, buah apel memang tidak memiliki kandungan vitamin C yang banyak, akan tetapi buah apel kaya akan senyawa antioksidan.

Selain itu buah apel juga terbukti mengandung senyawa fenol yang dapat mencegah kanker dan dapat meningkatkan aktivitas antioksidan.

Fitokimia atau fitonutrien dalam apel yang utama adalah kuersetin, epikatekin, dan prosianidin B2. Apel juga banyak mengandung air, ada sekitar 85.56 g dalam setiap satu buah apel.

Maka dari itu para ahli sepakat bahwa apel dapat membantu mencegah dehidrasi dan mengurangi rasa haus saat berpuasa seharian, apabila di konsumsi sebelum puasa atau ketika sahur.

Namun selain itu ada banyak manfaat sehat lainnya yang didapatkan dari buah apel, berikut 10 manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh Anda yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

    1.Menjaga kesehatan jantung
    Apel kaya akan fitonutrien yang dikenal sebagai quercetin, catechin, phloridzin dan asam klorogenat. Fitonutrien pada apel membantu melindungi sistem kardiovaskular dari kerusakan oksigen terkait. Selain itu kandungan serat yang tinggi (pectic) pada apel juga membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Bagi orang yang makan 2 buah apel perhari bisa menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 16%.

    2.Pencegah Alzheimer
    Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus oleh Cornell University di New York menemukan , bahwa quercetin pada buah apel akan melindungi sel otak dari jenis kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

    3.Pencegah kanker paru-paru
    Menurut penelitian dari 10.000 orang, mereka yang mengonsumsi buah apel memiliki risiko 50% lebih rendah terkena kanker paru-paru. Para peneliti percaya hal tersebut disebabkan tingginya tingkat zat flavonoids, quercetin dan naringin dalam apel.

    4.Pencegah kanker payudara
    Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Cornell University di New York mengungkapkan, bahwa makan satu apel perhari dapat mengurangi risiko kanker payudara sebesar 17%. Jika makan 3 buah apel perhari mengurangi risiko sebesar 39% dan mereka yang makan 6 buah apel perhari bisa mengurangi 44% risiko terkena kanker payudara.

    5.Pencegah kanker usus besar
    Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak buah apel menurunkan risiko terkena kanker usus besar sebesar 43%. Penelitian lain juga menunjukan pektin dalam buah apel akan mengurangi risiko terkena kanker usus besar dan membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat.

    6.Pencegah kanker hati
    Peneliti menemukan bahwa tikus yang diberi ekstrak kulit apel memiliki risiko 57% lebih rendah terkena penyakit kanker hati.

    7.Mencegah diabetes
    Pektin dalam apel memproduksi asam galacturonic dan dicerna oleh tubuh yang dapat menurunkan kebutuhan akan insulin dan membantu mencegah diabetes pada tubuh manusia.

    8.Membantu menurunkan berat badan
    Sebuah penelitian di Brazil menemukan bahwa wanita yang makan 3 buah apel atau pir perhari dalam program dietnya, telah kehilangan berat badan lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak makan buah pada saat diet.

    9.Melindungi tulang
    Peneliti Perancis menemukan bahwa flavanoid yang disebit juga phloridzin pada buah apel dapat melindungi wanita pasca menopause dari osteoporosis dan juga dapat meningkatkan kepadatan tulang.

    10.Membantu penderita asma
    Sebuah penelitian baru menunjukkan, bahwa anak-anak dengan asma, yang minum jus apel setiap hari telah mengurangi wheezing pada asmanya lebih banyak daripada anak-anak yang minum jus apel sekali dalam sebulan. Studi lain juga menunkjukan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi banyak buah apel selama kehamilan memiliki tingkat lebih rendah terkena risiko penyakit asma.

Nah fitness mania, sudah tahu kan’ manfaat sehat buah apel? (boy)

BACA JUGA : Bebas Napas Tak Sedap saat Berpuasa

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes