manfaat madu murni

11 Manfaat Luar Biasa Dari Madu Murni

Madu terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dengan waktu yang relatif singkat. Namun tahukah Anda, beragam manfaat bagi kesehatan lain juga diberikan madu murni (raw honey).

manfaat madu murni

Madu murni adalah madu yang belum dipanaskan, dipasteurisasi atau diolah dengan cara apapun. Banyak jenis madu yang dijual di pasaran. Namun, banyak diantaranya yang bukan madu murni atau madu disintesis.
Madu murni sendiri tidak hanya memiliki rasa manis dan lezat, tapi juga memberikan manfaat bagi tubuh. Apa sajakah manfaat tersebut?

1. Menghilangkan batuk dan melegakan tenggorokan

Madu mengandung banyak senyawa antibakteri, antibiotik, dan antivirus. Senyawa tersebut bermanfaat sebagai ekspektoran, membersihkan batuk dan mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

2. Menyembuhkan Luka

Madu membantu menyembuhkan luka. Karena antibiotik, madu dapat mengurangi peradangan dan melindungi luka dari kotoran dan bakteri. Oleskan madu secara merata di atas luka untuk menyembuhkan lecet, luka, atau luka bakar.

3. Baik Untuk Rambut

Madu sangat baik untuk rambut. Dengan kandungan emolien, madu dapat menghaluskan tekstur rambut dan melembutkan. Madu membantu mencegah rambut rontok, dan melindungi folikel rambut.

Sementara madu juga mengandung antibakteri, yang dapat membantu menjaga kulit kepala bebas bakteri, dan mengobati gatal di kulit kepala.

4. Bagus Untuk Kulit

Madu juga efektif untuk kulit. Madu membantu melembabkan kulit kering, mengecilkan pori-pori, dan mengurangi noda. Madu sebagai antiinflamasi juga efektif untuk memperlambat penuaan.

5. Mengurangi Masalah Pencernaan

Viskositas madu murni yang tebal sangat efektif untuk mengekang gastroesophageal reflux, juga dikenal sebagai refluks asam. Madu murni juga dapat mengurangi bakteri diare pada bayi.

6. Menjaga Tidur Berkualitas

Konsumsi sedikit madu mentah menjelang tidur akan membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas, dan membuat Anda tetap bugar di pagi harinya. Hal ini dikarenakan madu mengandung dua jenis gula, fruktosa dan glukosa. Keseimbangan gula darah sangat penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

7. Menyediakan Nutrisi

Dalam madu murni juga mengandung beragam vitamin serta mineral, seperti niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan seng. Dengan kandungan mineral yang banyak tersebut membuat madu kaya akan nutrisi.

8. Menghilangkan Bakteri Yang Tahan Antibiotik

Banyak studi yang mengatakan bahwa madu dapat menghilangkan patogen yang ditularkan melalui makanan seperti salmonella dan E Coli. Sementara itu, ilmuwan ACMC di University of Amesterdam mencatat bahwa madu mengandung protein defensin 1, yang membunuh protein bakteri. Hal ini dapat membuat kita terlindung dari beberapa penyakit.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bagi yang suka pergi ke gym, madu dapat dijadikan sebagai minuman berenergi. Dengan kandungan fruktosa dan glukosa, madu dapat menjadi bahan minuman penambah energi dan daya tahan tubuh.

10. Membantu Detoksifikasi

Madu mengandung banyak antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi madu dapat sebagai detoksifikasi tubuh. Madu membantu Anda menjaga kualitas tidur dan memberikan sifat antivirus yang melindungi Anda dari sejumlah penyakit.

11. Bisa Jadi Teman Diet

Glukosa dan fruktosa yang terkandung dalam madu dapat membakar lebih banyak lemak dalam tubuh serta meningkatkan kadar stamina.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Diet Madu Bikin Tubuh Cepat Langsing

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes