turunkan berat badan

3 Nutrisi Ini Wajib Ada Bila Ingin Turunkan Berat Badan

Selain latihan atau olahraga, maka mengatur makanan yang dikonsumsi adalah cara terbaik untuk turunkan berat badan.

Meskipun olahraga teratur tetapi makanan tidak terkontrol, maka bisa jadi usaha Anda akan sia-sia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara penurunan berat badan melalui asupan makanan atau nutrisi.

Makan dengan benar, sekilas kalimat ini begitu ringan di dengar. Tapi dalam prakteknya, banyak yang gagal dalam menjalankannya. Mengapa? Karena sebagian orang masih belum memahami bagaimana makan dengan benar itu dilakukan.

Makan dengan benar membutuhkan perencanaan yang baik dan ada aturan dasar yang wajib dijalankan. Ketika menyiapkan makanan dengan tujuan menurunkan berat badan, pastikan makanan Anda rendah kalori dan tinggi protein.

Tambahkan juga frekuensi makan Anda. Jika sebelumnya Anda makan 2-3 kali sehari, kini saatnya Anda makan 3-5 kali sehari. Dengan rincian, 3 kali makan utama dan 2-3 kali snack. Ini diperlukan agar metabolisme Anda tetap berjalan.

Pentingnya Mengontrol Metabolisme Tubuh Saat Masuk Program

turunkan berat badan

Ibaratkan saja metabolisme itu seperti api unggun. Jika Anda tidak melemparkan kayu secara berkala ke dalam api unggun tersebut, maka api tersebut akan mati. Begitu pula dengan metabolisme.

Metabolisme tubuh merupakan proses perubahan makanan menjadi energi, menggunakannya untuk perbaikan tubuh atau menyimpannya sebagai cadangan energi. Semakin cepat proses metabolisme,  maka semakin efisien tubuh Anda menggunakan kalori. Sebaliknya, semakin lambat metabolisme Anda maka penggunaan kalori menjadi tidak efisien dan meningkatkan timbunan lemak tersimpan.

Salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme Anda adalah dengan membiasakan sarapan di pagi hari. Para peneliti pun sempat menyebutkan bahwa “breakfast is the most important meal of the day!”  (sarapan adalah waktu makan terpenting sepanjang hari).

Jika Anda melewatkan sarapan pagi, maka metabolisme tubuh Anda akan melambat menjelang tengah hari dan Anda akan merasakan sangat lapar hingga terjerumus ke dalam pola makan yang tak terkontrol.

Dalam setiap menu makan pastikan menu makan Anda terdiri dari protein, karbohidrat kompleks dan lemak sehat. Untuk lebih jelas, mari kita lihat peran masing-masing nutrisi ini bagi tubuh Anda.

Protein, Ampuh Turunkan Berat Badan

turunkan berat badan

Protein sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh. Nutrisi penting ini tidak bisa ditinggalkan jika Anda berencana turunkan berat badan maupun program pembentukan otot.

Mengapa? Karena protein merupakan makanan utama bagi otot.

Manfaat protein antara lain:

  • Membantu pembentukan otot, tulang, dan sel darah merah
  • Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak
  • Menyuplai energi
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Membuat kenyang lebih lama
  • Menstabilkan gula darah
  • Mengurangi ‘ngidam’ terhadapa makanan yang manis-manis

Jangan Kesampingkan Karbohidrat Saat Turunkan Berat Badan

turunkan berat badan

Fungsi karbohidrat yang utama adalah sebagai sumber energi di dalam kegiatan sehari-hari. Namun mengasup karbohidrat secara berlebihan dapat meningkatkan jumlah lemak tersimpan dalam tubuh sehingga berat badan pun bertambah.

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak dianjurkan untuk mengasup karbohidrat. Diet yang sehat tetap membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat komplek adalah pilihan yang bijak jika Anda berencana menurunkan berat badan. Selain menyediakan energi lepas berkala, karbohidrat komplek juga dilengkapi vitamin dan mineral yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya.

Karbohidrat komplek bisa Anda dapatkan dalam gandum dan olahannya, nasi merah, ubi dan masih banyak lagi.

Manfaat dari karbohidrat untuk turunkan berat badan antara lain:

  • Karbohidrat dapat meningkatkan kadar hormon leptin (hormon penekan nafsu makan) yang jauh lebih besar daripada lemak.
  • Alasan selanjutnya adalah karbohidrat dapat mencegah hilangnya massa otot. Menambahkan karbohidrat sebelum latihan dapat membantu mencegah hilangnya otot dengan menyediakan sumber bahan bakar (energi) tubuh yang cukup.
  • Makanan yang kaya serat selalu dominan pada sumber karbohidrat. Dan serat merupakan makanan yang kaya nutrisi dan baik sebagai cara turunkan berat badan.
  • Ya, makanan sumber karbohidrat seperti serat sangat kaya akan nutrisi sehingga juga dapat membantu program penurunan berat badan maupun kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Lemak itu Tidak Buruk untuk Program Fat Loss

turunkan berat badan

Tidak semua lemak itu jahat dan merugikan diet Anda. Ada lemak sehat yang sangat dianjurkan dikonsumsi bahkan saat Anda sedang berdiet. Tubuh membutuhkan lemak sebagai cadangan energi saat karbohidrat telah habis terkuras.

Berikut beberapa peran lemak bagi tubuh Anda.

  • Banyak vitamin yang dapat larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K. Vitamin-vitamin tersebut akan diserap dan dicerna lebih baik bila dikombinasikan dengan lemak baik dalam tubuh Anda.
  • Memperbaiki komposisi tubuh. Selain protein, lemak juga sangat tepat untuk membantu menjaga bentuk tubuh Anda tetap ideal. Hal ini dikarenakan lemak dapat membantu mengurangi nafsu makan, mempercepat metabolisme tubuh, dan interaksinya dengan hormon. Yang mana bisa membantu memperlancar produksi hormon pertumbuhan.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung. Ada beberapa jenis lemak yang baik untuk jantung Anda. Misalnya lemak kategori monounsaturated dan polyunsaturated. Atau lemak jenuh yang Anda konsumsi secukupnya. Makanan yang mengandung lemak jenis tersebut sudah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Salah satu manfaat yang ditawarkan dari lemak adalah dapat meningkatkan libido Anda. Kekurangan asupan lemak tak jenuh tunggal atau lemak tak jenuh ganda, tubuh seorang pria dapat mengalami penurunan kadar testosteron. Selain itu, penurunan hormon juga terjadi pada hormon androgini. Penurunan hormon ini tidak hanya membuat libido menurun tetapi juga sistem reproduksi yang kurang efisien.

Lemak sehat bisa Anda dapatkan dalam ikan seperti salmon dan tuna. Sedangkan lemak sehat  sumber nabati bisa Anda dapatkan dari kenari, almond, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun dan selai kacang.

Inilah pola makan dan tiga nutrisi penting yang berguna dalam mengoptimalkan program turunkan berat  badan Anda.

Tiga nutrisi di atas adalah makronutrisi, artinya nutrisi yang wajib dipenuhi oleh tubuh agar berfungsi secara optimal. Tak terkecuali bila Anda miliki tujuan turunkan berat badan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes