3 Nutrisi yang Mempengaruhi Performa & Hasil Latihan Anda

Ada banyak nutrisi yang diyakini dapat meningkatkan performa dan hasil latihan, dan ada pula yang dipercaya justru bisa menurunkan performa latihan Anda. Nah, apakah info yang Anda dapatkan memang benar atau hanya mitos? Yuk kita cari tahu kebenarannya!

3-Nutrisi-yang-Mempengaruhi-Performa-&-Hasil-Latihan-Anda

Anda tentu sudah mengetahui bahwa apa yang Anda konsumsi sebelum, saat, dan sesudah berolahraga dapat mempengaruhi latihan Anda, baik itu performa latihan maupun hasil latihan Anda. Namun, beberapa informasi yang berkembang di masyarakat saat ini seringkali belum tentu seratus persen benar. Jadi, manakah yang hanya mitos dan manakah yang fakta?

  1. Diet Vegetarian Menurunkan Performa & Hasil Latihan

    Mitos
    Banyak orang meyakini bahwa orang yang menjalani diet vegetarian tidak akan mendapatkan asupan protein yang cukup untuk proses perbaikan dan pertumbuhan otot. Memang menjadi sebuah kepercayaan di kalangan fitnes mania bahwa protein hewani merupakan sumber protein terlengkap dan terbaik untuk pembentukan tubuh.

    Namun, para peneliti dan ahli gizi menyarankan bahwa kita perlu mengombinasikan sumber protein nabati dan hewani untuk mendapatkan performa maksimal. Dan selama seorang vegan mencukupi kebutuhan proteinnya dari sumber protein nabati yang berkualitas, maka itu bukanlah masalah.

  2. Susu Cokelat Mempercepat Pemulihan Pasca Latihan

    Fakta
    Sebenarnya, bukan hanya susu cokelat saja yang terbukti mempercepat pemulihan pasca latihan. Kuncinya di sini adalah kandungan nutrisi di dalamnya. Setelah latihan, tubuh butuh nutrisi cepat serap, mulai dari karbohidrat simple, protein cepat serap, serta cairan dan elektrolit untuk merehidrasi tubuh pasca latihan.

    Whey protein merupakan salah satu pilihan tepat sebagai post workout nutrition Anda. Whey protein merupakan bentuk protein yang cepat diserap tubuh serta mengandung asam amino penting untuk proses perbaikan dan pemulihan tubuh pasca latihan. Selain itu, Anda juga bisa tambahkan buah-buahan untuk memasok karbohidrat simple, vitamin, mineral, dan elektrolit ke dalam tubuh Anda.

  3. Kafein Meningkatkan Performa Latihan

    Fakta
    Kafein telah sejak lama terbukti mampu meningkatkan performa latihan. Mengapa? Karena kafein bekerja untuk meningkatkan kinerja otak, kewaspadaan, serta metabolisme tubuh sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori dalam tubuh untuk menjadi tambahan energi selama latihan.

    Kopi adalah salah satu minuman yang secara alami mengandung kafein sehingga dapat membantu meningkatkan performa latihan. Salah satu inovasi produk kopi terbaru, Java Prime Coffee, memiliki kandungan kafein ditambah dengan L-Carnitine, yang mana keduanya bekerja sama untuk meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh menjadi energi sehingga cocok dikonsumsi sebelum latihan, terutama bagi Anda yang sedang dalam program diet atau fat loss.

    Well, kini Anda sudah mengetahui beberapa mitos dan fakta seputar nutrisi yang mempengaruhi performa dan hasil latihan Anda ‘kan? Let’s hit the gym, guys! (dee)

BACA JUGA : Perhatikan 7 Hal ini Sebelum Latihan di Gym

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes