4 Langkah Tingkatkan Asupan Protein Anda

4 Langkah Tingkatkan Asupan Protein Anda

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang perlu dikonsumsi dalam jumlah cukup besar setiap harinya. Makanan berprotein adalah sumber asam amino esensial yang memungkinkan berbagai fungsi tubuh dan metabolisme berlangsung optimal. Pertanyaannya, apakah asupan protein Anda sudah cukup?

4 Langkah Tingkatkan Asupan Protein Anda

Selain dikenal sebagai zat pembangun, protein juga berperan sebagai sumber energi bagi tubuh. Protein akan memberi Anda energi dan memperkuat otot-otot Anda. Orang dewasa membutuhkan sekitar 1 gram protein per kilogram berat badannya setiap hari. Namun, jika Anda aktif berlatih beban, kebutuhan itu akan meningkat menjadi 2-3 gram protein tiap kilogram berat badan Anda. Inilah saatnya Anda melakukan sedikit perubahan dalam pola makan Anda untuk meningkatkan asupan protein Anda setiap harinya.

Berikut 4 langkah efektif untuk meningkatkan asupan protein harian Anda.

Langkah 1

Makanlah daging sedikitnya sekali setiap hari, kecuali jika Anda adalah seorang vegetarian. Protein dari sumber hewani seperti ayam, ikan, telur, dan daging sapi bebas lemak umumnya lebih baik daripada sumber protein nabati, dalam arti bahwa protein hewani mengandung semua asam amino esensial yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Tapi ingat, jangan berlebihan untuk mengonsumsi daging untuk membatasi asupan lemak jenuhnya. Pilihlah daging ataupun unggas yang bebas lemak.

Langkah 2

Tambahkan kacang-kacangan misalnya olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan lainnya. Meskipun Anda bukan seorang vegetarian, menambah protein nabati dalam diet Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein tanpa meningkatkan asupan kolesterol atau lemak jenuh.

Langkah 3

Siapkan protein shake untuk mengisi “bahan bakar” tubuh Anda setelah bangun tidur, setelah latihan, ataupun untuk snack Anda. Agar lebih praktis, Anda bisa gunakan suplemen protein, apakah itu whey protein ataupun soy protein. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa juga tambahkan susu skim, susu kedelai, buah, selai kacang, ataupun yogurt.

Langkah 4

Tambahkan topping di atas makanan Anda untuk meningkatkan asupan protein. Anda dapat menambahkan selai kacang di atas roti bakar Anda, keju untuk sandwich Anda, maupun taburan kacang untuk salad Anda.

Nah, mulailah lakukan keempat langkah mudah di atas untuk menambah asupan protein Anda setiap hari. Pastikan Anda selalu mencukupi kebutuhan protein harian Anda untuk menjaga daya tahan tubuh Anda serta meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

BACA JUGA : Circuit Training buat Pemula

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes