4 Nutrisi Penting untuk Istirahat Malam Anda Agar Otot Berkembang Maksimal

Saat tertidur, bukan berarti tubuh kita juga tertidur dari aktivitasnya. Sementara Anda tertidur, tubuh juga akan melakukan proses mencerna makanan dan menyerap nutrisi seperti saat Anda bangun.

Saat pikiran Anda tertidur, otot-otot Anda juga akan tetap merespon nutrisi seperti protein dan asam amino, terutama leusin. Dan nutrisi ini kerap dilupakan banyak orang padahal sangat penting untuk pertumbuhan otot.

Tidak jarang fitnes mania yang masih mengesampingkan asupan nutrisi sebelum tidur. Bagi mereka yang melakoni diet (pengaturan pola makan) untuk menurunkan berat badan biasanya justru tidak mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi di atas jam 7.00 malam dengan harapan berat badan segera turun.

Memang, mungkin itu bisa membantu menurunkan berat badan tapi tidak untuk membentuk otot. Akan tetapi, fitnes mania yang cerdas seperti Anda pastinya tidak hanya ingin membakar lemak, melainkan juga penting untuk menambah massa otot.

So, berikut ini empat nutrisi yang layak Anda prioritaskan sebelum Anda berangkat tidur agar tubuh Anda tetap dalam keadaan anabolik.

Apa yang Spesial Saat Malam Hari?

Otot1

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak dari apa yang terjadi dalam tubuh Anda saat malam hari sama dengan apa yang terjadi ketika siang hari. Namun ketika malam hari, proses unik dan menarik sedang terjadi dalam tubuh Anda. Terutama mengenai produksi hormon.

Hormon anabolik atau yang dikenal sebagai hormon pertumbuhan (growth hormone/GH) meningkat ketika awal tidur. Namun akan semakin menurun sepanjang malam.

Banyak faktor yang mempengaruhi pelepasan hormon pertumbuhan, seperti latihan yang berat, hormon lain, dan tentunya makanan (nutrisi).

Sebaliknya, hormon katabolik seperti hormon kortisol akan mulai meningkat sepanjang malam hingga pagi.

Kondisi ini tentu akan membuat pertumbuhan otot Anda terganggu. Karena itu, nutrisi pada saat malam hari sangat penting untuk membantu melawan efek dari hormon kortisol ini. Simak juga informasi menarik lain tentang Waspada, Kortisol Picu Penyusutan Otot Hingga Osteoporosis.

Manfaat jika nutrisi terpenuhi saat malam hari:
• Memperpanjang sintesis protein otot
• Meminimalisir penyusutan otot
• Meningkatkan pembakaran kalori
• Mencegah datangnya rasa lapar
• Meningkatkan daya pulih tubuh pasca latihan

Nutrisi Penting yang Pertama, Protein

Otot3

Protein tetap menjadi nutrisi paling penting untuk menjaga otot Anda selama tidur malam. Asupan protein sebelum tidur dapat mengoptimalkan pertumbuhan kekuatan dan massa otot.

Mengonsumsi protein seperti whey atau casein sebelum tidur juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh pada pagi harinya. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kedua jenis protein tersebut sebelum tidur, metabolisme tubuhnya 3,5 persen lebih tinggi ketika pagi hari.

Sementara protein casein akan membantu Anda mencegah datangnya rasa lapar ketika malam hari. Hal ini dikarenakan sifatnya yang lepas berkala (time release) sehingga tubuh memberi pasokan protein secara terus menerus.

Seperti Prostar 100% Protein Casein dari Ultimate Nutrition. Selain membantu menjaga asupan protein selama istirahat, juga membantu meningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh Anda serta mengandung kalsium untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang.

Konsumsi 25-30 gram protein casein 30 menit sebelum tidur akan menjaga sintesis protein otot Anda selama 6-7 jam.

Nutrisi Penting yang Kedua, Tryptophan

Otot2

Tryptophan adalah satu dari 20 asam amino esensial penyusun protein, tetapi yang lebih penting, asam amino ini adalah prekursor hormon serotonin dan melatonin.

Senyawa ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi didapat sebagai nutrisi asupan dari proses pencernaan dengan enzim proteolitik Beberapa makanan yang merupakan sumber tryptophan antara lain daging, rumput laut, bayam, dan biji-bijian.

Penelitian yang sudah lama dilakukan menunjukkan bahwa suplementasi tryptophan sangat membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tryptophan juga merupakan prekursor dari vitamin B3 yang menginduksi sensasi relaks dan rasa kantuk.

>> Perhatikan Tidur Anda Jika Ingin Lebih Berotot! <<

Nutrisi Penting yang Ketiga, Magnesium

Otot4

Magnesium merupakan mineral penting bagi tubuh. Beberapa studi menunjukkan jika magnesium dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Suplementasi magnesium dikatakan dapat meningkatkan respon otak yang berhubungan dengan tidur nyenyak.

Magnesium sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi GABA (Gamma Amino Butyric Acid), yaitu asam amino yang membantu meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan, memperbaiki kualitas tidur, mengatasi kecemasan, hingga membantu menurunkan tekanan darah.

Konsumsi magnesium yang direkomendasikan adalah 500 miligram 30-60 menit sebelum tidur.

Nutrisi Penting yang Keempat, Zinc (Seng)

Otot5

Seperti magnesium, zinc merupakan mineral penting yang memiliki banyak peran bagi tubuh Anda.
Salah satu fungsi utamanya adalah membantu produksi hormon pertumbuhan.

Tentu saja, suplementasi zinc terbaik akan dapat membuat produksi hormon pertumbuhan lebih optimal untuk membantu pertumbuhan otot.

Apabila zinc dikombinasikan dengan suplementasi magnesium dan melatonin, akan dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas, terutama bagi Anda yang sering mengalami insomnia.

Konsumsi zinc yang direkomendasikan adalah 10-15 miligram 30-60 menit sebelum tidur. Suplementasi zinc dapat dikombinasikan dengan protein, asam amino, dan mineral lain seperti magnesium.

Tidur yang berkualitas adalah komponen penting untuk memamksimalkan hasil latihan Anda karena akan membantu meningkatkan vitalitas dan kekuatan Anda selama latihan pada hari berikutnya.

BACA JUGA: Makanan Terbaik untuk Mencukupi Kebutuhan Protein Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes