makanan penurun berat badan

5 Makanan Penurun Berat Badan yang Wajib Dikonsumsi Saat Diet

Apa saja makanan penurun berat badan yang sangat disarankan? Berikut ini ada lima makanan yang akan membantu turunkan berat badan Anda.

Ingin menurunkan berat badan dengan cepat?

Tentu saja, kunci utamanya adalah dengan diet atau mengatur pola makan, olahraga rutin, dan istirahat yang cukup.

Diet sejatinya adalah mengatur pola makan, bukan serta merta mengurangi konsumsi makanan secara drastis.

Yang paling utama adalah defisit kalori, yaitu kalori yang masuk lebih sedikit daripada kalori yang dibakar. Meski begitu, bukan berarti defisit kalori ini harus dengan mengurangi kuantitas konsumsi makanan.

Terpenting adalah pemilihan makanan penurun berat badan yang benar-benar tepat serta dikombinasikan dengan olahraga. Kombinasi keduanya adalah cara ampuh untuk menurunkan berat badan cepat.

Lalu makanan apa saja yang bisa membantu menurunkan berat badan? Berikut ini lima makanan penurun berat badan yang banyak disarankan pada saat melakukan program diet.

1. Salah Satu Makanan Penurun Berat Badan Tercepat, Roti Gandum

makanan penurun berat badan

Yang pertama adalah Roti Gandum. Alasannya?

Roti gandum mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan roti pada umumnya.

Artinya, roti ini bisa membantu melancarkan pencernaan, mengatur kadar kolesterol, serta mengatur gula dalam darah Anda.

Pun demikian, hasil dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi setidaknya dua lembar roti gandum setiap sarapan, bisa membantu mengurasi rasa lapar lebih cepat pada siang hari dibandingkan dengan jenis roti lainnya.

Oleh sebab itu, tidak heran bila roti gandum ini termasuk salah satu makanan untuk diet yang cukup favorit.

2. Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Buah-buahan

makanan penurun berat badan

Bukan rahasia lagi bahwa buah-buahan adalah salah satu idola bagi banyak pelaku diet.

Pastinya adalah karena buah-buahan mengandung banyak nutrisi dan multivitamin.

Pada dasarnya, setiap tubuh manusia membutuhkan karbohidrat supaya metabolisme tubuh tetap bekerja dengan baik. Tak terkecuali ketika Anda memasuki program penurunan berat badan.

Dan buah-buahan termasuk dalam salah satu makanan penurun berat badan yang efektif.

Karbohidrat terbaik adalah karbohidrat yang berasal dari gula alami.

Sebenarnya, tidak sedikit yang masih menganggap bahwa karbohidrat tidak baik bagi program diet. Padahal itu SALAH.

Tidak semua karbohidrat itu berdampak buruk untuk program penurunan berat badan Anda.

Karbohidrat adalah bahan bakar bagi tubuh untuk membentuk energi. Selain dari protein dan lemak (makronutrisi).

Tapi bila Anda mengonsumsi karbohidrat secara tidak tertata dan berlebihan, maka karbohidrat bisa diubah menjadi gula dan lambat laun akan membuan tubuh menimbun lemak.

Dan sebagai cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung karbohidrat lebih baik.

Karena itulah, bila Anda sedang memasuki program penurunan berat badan, maka alangkah baiknya Anda tidak melewatkan buah-buahan yang bisa perlancar program Anda.

3. Makanan Penurun Berat Badan yang Lain adalah Putih Telur

makanan penurun berat badan

Bila Anda memang penghobi fitnes alias fitnes mania, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya putih telur.

Putih telur mengandung protein tinggi dan juga karbohidrat.

Protein menjadi salah satu makronutrisi penting yang HARUS dikonsumsi bila Anda menginginkan bentuk tubuh ideal bebas lemak. Tak terkecuali bila Anda ingin turunkan berat badan.

Putih telur mengandung protein yang cepat diserap oleh tubuh sesaat setelah dicerna.

Protein sendiri merupakan makanan utama bagi otot Anda.

Ingat, dasar dari proses pembakaran lemak adalah semakin banyak otot maka semakin tinggi pembakaran lemak dalam tubuh.

Artinya bila mengonsumsi cukup putih telur secara rutin, akan membantu meningkatkan massa otot serta pembakaran lemak dalam tubuh Anda.

Mengonsumsi setidaknya 3-4 telur akan memberikan asupan protein yang cukup untuk latihan Anda dengan sekali makan.

4. Konsumsi Yogurt!

makanan penurun berat badan

Mungkin beberapa dari Anda masih kurang dalam mengonsumsi makanan satu ini.

Padahal, banyak ahli gizi yang menyarankan untuk mengonsumsi yogurt ketika melakukan program menurunkan berat badan.

Alasannya adalah karena dalam yogurt mengandung kalsium yang bisa membantu mencegah sel-sel lemak di dalam tubuh Anda memompa hormon kortisol.

Hormon ini sendiri bertanggung jawab pada kolesterol, hipertensi, obesitas, dan beberapa hal lain.

Bukan hanya itu, manfaat dahsyat dari yogurt yang lain adalah mampu melancarkan pencernaan. Selanjutnya adalah sistem pencernaan Anda akan dapat bekerja lebih cepat daripada tidak mengonsumsinya.

Juga, konsumsi yogurt yang cukup dapat membantu memperkuat dan menstabilkan sistem kekebalan tubuh serta merupakan sumber makanan yang kaya akan protein dan vitamin.

Beberapa praktisi mengatakan bahwa sebaiknya mengonsumsi yogurt sebanyak 300 gram setiap hari, 100 gram diantaranya adalah setiap kali makan.

5. Jangan Lupakan Sayuran

makanan penurun berat badan

Ini biasanya dikombinasikan dengan buah-buahan, yaitu sayur-sayuran.

Sudah banyak yang tahu bahwa sayuran adalah makanan ajaib yang sangat membantu program penurunan berat badan. Bukan hanya itu, faktanya bahwa makan sayur-sayuran dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengapa sayuran termasuk salah satu makanan penurun berat badan? Karena banyak sayuran yang mengandung sedikit kalori dan lemak.

Akan tetapi, kandungan nutrisinya juga tidak kalah hebat. Mulai dari tinggi serat, zat besi, kalsium, lutein, vitamin C, hingga vitamin K.

Berbagai sayuran juga mengandung karbohidrat rendah sehingga dapat meningkatkan pergerakan usus serta dapat membantu menurunkan potensi kanker.

Beberapa sayuran seperti brokoli, bayam, kubis, selada, dan sayuran lain terutama yang termasuk berdaun hijau gelap, sangat disarankan untuk ditambah ke dalam menu diet sehat Anda.

Banyak ahli gizi yang mengatakan bahwa vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh pada saat menurunkan berat badan ataupun aktivitas sehari-hari dimiliki oleh sayuran.

Yang sering direkomendasi adalah mengonsumsi setidaknya 400 gram sayur-sayuran dan buah-buahan setiap harinya.

Optimalkan Makanan Penurun Berat Badan dengan Olahraga yang Simple

Aspek berikutnya setelah mengatur pola makan adalah dengan latihan atau olahraga yang rutin.

Pada dasarnya, latihan ini adalah untuk meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Hal ini dimaksudkan agar kalori yang berasal dari makanan segera diubah menjadi energi dan tidak sampai tertimbun menjadi lemak.

Namun terkadang, kesibukan harian menyebabkan beberapa orang sulit menyempatkan waktu untuk latihan. Apakah Anda termasuk diantaranya?

Sebenarnya, setiap latihan tidak perlu harus dilakukan di gym dengan waktu yang cukup lama. Ada beberapa metode latihan yang sederhana yang bisa Anda lakukan di mana saja serta tidak menguras waktu yang lama. Berikut di antaranya:

1. High Intensity Interval Training (HIIT)

makanan penurun berat badan

Latihan ini sangat tepat dilakukan bagi Anda yang memiliki jadwal sangat sibuk dan sulit mempunyai waktu khusus untuk latihan.

Inti dari latihan HIIT adalah berlatih dengan sangat intens misalnya lari (speed) dalam 20 detik, kemudian intensitas rendah selama 30 detik, dan istirahat 10 detik, begitu seterusnya.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Annual meeting of The American College of Sports Medicine di tahun 2007 lalu, disebutkan bahwa orang yang melakukan HIIT dapat membakar 10 persen kalori 24 jam setelah latihan.

Karena intensitas yang cukup tinggi, maka hindari melakukannya dengan sangat sering.

Sebagai contoh, bila hari Senin melakukan HIIT, maka hari Selasa dan Rabu off atau latihan lain. Baru kemudian kembali latihan HIIT. Yang paling penting adalah di antara jadwal HIIT maka berilah jeda, bisa 1-2 x 24 jam (1-2 hari).

Hal ini bertujuan agar otot memiliki waktu untuk pulih dan berkembang.

2. Circuit Training

makanan penurun berat badan

Ini adalah salah satu metode latihan yang sangat baik untuk meningkatkan stamina serta membakar kalori lebih banyak.

Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa melakukan circuit training (CT) selama 8-20 minggu, sangat baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru sebesar 4-8 persen dan membantu menurunkan kadar lemak berlebih dalam tubuh.

Untuk melakukannya, Anda bisa mengombinasikan latihan CT dengan bodyweight seperti push up, sit up, lunges, squat, atau burpee.

Setelah konsumsi makanan penurun berat badan juga melakukan latihan yang rutin, langkah berikutnya adalah istirahat yang cukup. Berikan waktu istirahat yang cukup agar tubuh Anda cepat pulih dan terhindar dari stres yang merupakan momok utama dalam penurunan berat badan.

Semoga artikel tentang 5 makanan penurun berat badan ini dapat membantu Anda untuk mewujudkan tubuh yang ideal. Jangan lupa like dan share artikel ini agar manfaatnya sampai kepada mereka yang kesulitan menurunkan berat badan.

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes