nutrisi untuk recovery tubuh

5 Nutrisi Terbaik untuk Mempercepat Recovery Anda

Makan-makanan yang tepat akan dapat meminimalisir nyeri otot dan kram pasca latihan, serta dapat mempercepat proses recovery tubuh Anda. Makanan apa saja yang terbaik untuk mempercepat pemulihan?

Apabila ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan berotot, maka latihan adalah hal utama yang harus dilakukan. Dengan jadwal latihan yang padat, maka potensi untuk mengalami nyeri otot juga semakin tinggi. Jika terjadi, tentunya akan dapat menghambat proses pemulihan Anda.

Nah, berikut ini beberapa nutrisi penting untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap berenergi sehingga dapat mempercepat proses recovery tubuh Anda.

1. Percepat Pemulihan dengan Protein Shake Buah Blueberry

latihan untuk recovery tubuh

Setelah latihan, Anda diwajibkan untuk mengonsumsi banyak protein. Mengapa? Karena protein adalah makanan utama bagi otot Anda yang sudah Anda latih. Salah satu caranya adalah dengan cara protein shake. Tapi, protein shake saja bisa jadi masih kurang, terutama jika mengalami nyeri otot.

Solusinya adalah dengan menambahkan buah berry, blueberry. Buah ini mengandung anti oksidan tinggi sehingga membantu mencegah kerusakan otot Anda akibat radikal bebas pasca latihan. Dalam Journal of International Society of Sports Nutrition menyebutkan bahwa pemulihan otot terjadi lebih cepat setelah mengonsumsi protein shake buah blueberry setelah latihan.

2. Pastikan Kebutuhan Cairan Tercukupi

nutrisi untuk recovery tubuh

Ada beberapa alasan mengapa air itu sangat penting, salah satunya adalah agar tubuh kita tidak dehidrasi ketika menjalani latihan yang cukup berat. Apabila tubuh Anda tidak terhidrasi secara cukup baik sebelum atau sesudah latihan, maka tubuh Anda akan dapat merasakan kram, nyeri, dan juga overtraining sehingga ini akan dapat memperpanjang masa pemulihan Anda.

Berapa kebutuhan cairan yang harus saya penuhi selama latihan? Pertanyaan tersebut sering muncul bagi fitnes mania. Yang direkomendasikan adalah minum air sebanyak 7-10 ons setiap 10-20 menit latihan. Apabila latihan Anda berjalan dengan intens dan berat, sebaiknya minum air dengan lebih banyak.

3. Protein Tetap yang Harus Menjadi Perhatian Besar

nutrisi untuk recovery tubuh

Karena protein merupakan sumber makanan bagi otot, maka protein sangat mutlak Anda perlukan setelah latihan dan selama masa recovery. Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi protein yang tinggi setelah latihan, baik dalam bentuk shake maupun makanan.

Protein membantu memperbaiki serat-serat otot Anda pasca latihan serta menyimpan bahan bakar energi. Dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsi 1,5-2 gram protein per berat badan Anda saat jadwal latihan.

4. Isi Ulang Energi Tubuh dengan Karbohidrat

nutrisi untuk recovery tubuh

Setelah latihan energi tubuh akan terkuras karena glikogen (sumber energi) sudah mulai menurun. Untuk mengatasinya, maka segeralah konsumsi karbohidrat sederhana (cepat serap). Ya, mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti dari roti putih dan buah-buahan akan dapat mendorong lonjakan energi dan mengisi bahan bakar tubuh Anda.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi karbohidrat sederhana adalah 10-15 menit pasca latihan. Dengan menjaga tubuh tetap berenergi setelah latihan, maka proses pemulihan juga akan menjadi lebih cepat.

5. Cegah Kram Otot dengan Asupan Kalium

nutrisi untuk recovery

Apakah Anda pernah mengalami kram otot pasca latihan? Kram otot merupakan kontraksi yang tidak ‘disengaja’ yang dapat terjadi pada beberapa otot. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan mikronutrisi seperti kalium (potassium). Kalium dapat hilang dengan mudah melalui keringat yang berlebih dan juga dehidrasi.

Jumlah asupan kalium harian yang direkomendasikan adalah 4,7 gram per hari. Kalium sendiri dapat dengan mudah ditemukan dalam beberapa sumber makanan yang kaya protein dan juga sayuran hijau. Mengonsumsi kebutuhan kalium akan membantu Anda terhindar dari kram otot baik selama dan setelah latihan.

Faktor lain yang sangat berperan penting dalam masa pemulihan Anda adalah mendapatkan waktu istirahat atau tidur malam yang cukup. Mengapa demikian? Karena pada saat tidur itulah produksi hormon pertumbuhan (growth hormon) mencapai puncaknya. Hormon ini tentunya akan sangat berpengaruh pada pemulihan otot Anda.

Note: Dengan mengatur pola latihan, pola makan, istirahat yang cukup, serta didukung dengan suplementasi yang tepat, maka proses pemulihan (recovery) tubuh juga akan semakin cepat.

So, pastikan recovery tubuh Anda tetap terjaga agar perkembangan otot berjalan dengan maksimal. Selamat berlatih. (ctr)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes