liburan natal

7 Kondisi saat Anda Butuh Minuman yang Tepat

60 persen tubuh kita terdiri dari cairan, jadi yang kita minum sama pentingnya dengan apa yang kita makan.
minuman-di-saat-yang-tepat
“Jaga cairan tubuh Anda. Minuman yang tepat pada waktu yang tepat bisa berdampak banyak pada penampilan dan perasaan Anda,” kata Liz Applegate, Ph.D dari University of California. “Minum merupakan cara tercepat mengisi perut, menambah energi dan pulih dari sakit.”

Nah, cepatlah minum jika Anda dalam kondisi berikut:

Lapar

Anda sedang di jalan dan perut Anda keroncongan. Sedangkan Anda telah mencari kesana-sini tapi tidak menemukan tempat makan. Jika ini yang terjadi sebaiknya singgahlah ke minimarket dan beli sebungkus kecil sereal dan susu ukuran kecil dan pastikan keduanya berkadar lemak rendah. Atau carilah sebotol kecil jus tomat, padat, segar dan mengenyangkan.

Konstipasi

Inilah yang terjadi jika Anda malas berolahraga, kurang makanan berserat dan kurang minum air putih. Raih beberapa buah segar dan siapkan blender. Applegate menyarankan pisang, stroberi, atau jeruk. Belnder dan tuang ke dalam gelas. Minumlah sepanjang perjalanan Anda ke kantor dan ucapakan selamat tinggal pada konstipasi.

Susah Tidur

Cobalah susu hangat seperti yang ibu berikan saat Anda masih kecil dulu. Susu seperti juga yogurt mengandung triptofan yang bisa membuat Anda tidur. Hindari minuman beralkohol dan minuman bergula tinggi agar Anda tetap segar saat bangun nanti.

Kepanasan

Jika Anda langsung minum air terlalu banyak usai berlatih, ginjal Anda akan terpacu untuk bereaksi lebih cepat. “Jadi minum saja sport drink yang mengandung sedikit sodium dan elektrolit, dan ini membantu air smengalir ke tempat yang paling dibutuhkan tubuh,” kata Applegate.

Sebelum Latihan

Anda membutuhkan ½ liter cairan sebelum latihan, saran dari American College of Sport Medicine. Jika latihan Anda lebih dari 1 jam, minum kembali beberapa teguk air di sela-sela latihan untuk mengisi kembali cairan tubuh yang keluar melalui keringat. Pastikan minuman Anda mengandung karbohidrat dan elektrolit yang membantu tubuh mengalirkan air ke saluran pencernaan.

Usai Latihan

Studi menunjukkan Anda membutuhkan karbohidrat dan protein setelah latihan keras. Karbohidrat berfungsi mengisi kembali tenaga yang hilang saat latihan. Sedangkan protein sebagai bahan baku pembentuk otot dan pertumbuhan badan setelah latihan.

1/2 sandwich tuna plus ½ liter jus jeruk bisa dijadikan pilihan yang tepat. Susu kedelai juga bisa dijadikan sumber protein alternatif jika Anda seorang vegetarian.

“Kadar protein dan komposisi asam amino dari susu kedelai hampir sama dengan susu sapi,” terang Applegate. “Bedanya, susu kedelai bebas kolesterol,”imbuhnya.

Sakit Kepala

¾ otak manusia terdiri dari cairan, jadi mungkin masalah Anda sekarang adalah dehidrasi. Pertama cobalah minum ½ liter air. Jika Anda mengalami migrain, seduhlah kopi atau teh. Kandungan kafein pada kedua minuman ini bisa meredakan sakit kepala. (dan)

BACA JUGA : 7 MAKANAN PENAMBAH USIA DI DAPUR ANDA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes