Ada Otot di Balik Udang

Sepiring nasi hangat plus seporsi udang bakar saus tiram atau udang bumbu saus padang, pastilah akan membuat Anda enggan beranjak dari meja makan sebelum menggasaknya sampai ludes.

manfaat-udang

“Udang sangat kaya akan zat-zat gizi esensial untuk kesehatan, terutama protein, asam lemak taK jenuh ganda, vitamin dan mineral,” ujar Dr Charles Irvin dari Medical News Today.

“Protein yang terkandung pada udang segar sekitar 21 gram per 100 gram dagingnya. Ini jelas lebih tinggi daripada protein yang terkandung pada ikan, ayam, maupun daging sapi,” imbuh Irwin.

Anda pasti sudah tahu bahwa protein merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh. zat ini berperan penting dalam pembentukan sel-sel dan jaringan baru tubuh serta perbaikan jaringan yang rusak.

Pada anak-anak, protein sangat berperan untuk perkembangan sel otak. Sedangkan pada orang dewasa, apabila terjadi luka, memar dan sebagainya, maka tugas proteinlah untuk embangun kembali sel-sel yang rusak itu. Kalsium yang terkandung pada udang juga cukup tinggi. Dalam 100 gr udang terkandung kalsium sebanyak 136 mg. Dengan demikian, konsumsi udang sangat baik untuk mencegah osteoporosis.

Keunggulan lainnya, kandungan fosfornya yang cukup tinggi, 170 miligram dari setiap 100 gram dagingnya. Banyak yang beranggapan tulang kerpos terjadi karena kekurangan kalsium saja,s ehingga dalam pencegahanatau pengobatannya hanya difokuskan pada konsumsi kalsium semata.

Mitos ini tidaklah benar karena kalsium baru bisa bermanfaat bila didampingi fosfor. Jadi mengonsumsi udang akan menjaga Anda dari serangan osteoporosis. Udang juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Kadar zat besi 100 gram daging udang adalah 8 miligram. Zat besi diperlukan untuk membentuk hemoglobin, pengangkut oksigen dalam darah. Apabila kekurangan oksigen, fungsi sel-sel di seluruh tubuh bisa terganggu.

Bagaimana dengan isu kolesterolnya?

Mitos mengenai tingginya kadar kolesterol pada udang memang sering terdengar. Tapi sesungguhnya, kadar kolesterol per 100 gram daging udang tanpa kulit adalah 200-250 mg. memang lebih tinggi jika dibandingkan kolesterol pada salmon (57 mg), ikan cod (44 mg), dan susu segar (13 mg).

Tetapi jauh lebih kecil jika dibandingkan otak sapi (1.800-2.000 mg). sepanjang konsumsi tidak berlebihan, tidak ada dampak buruk dari kolesterol bagi tubuh. Anjuran mengonsumsi kolesterol adalah tidak lebih dari 300 mg per hari.

Yang perlu Anda ketahui, kolesterol juga sangat berperan penting dalam fungsi organ tubuh. Kolesterol berguna untuk menyusun empedu darah, jaringan otak, serat saraf, hati, ginjal, dan kelenjar adrenalin. Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon steroid, yaitu progresteron, estrogen, testosteron, dan kortisol.

Hormon-hormon tersebut diperlukan untuk mengatur fungsi dan aktivitas biologi tubuh. Dengan demikian, kadar kolesterol yang sangatrendah di dalam tubuh dapat mengganggu proses menstruasi dan kesuburan, bahkan dapat menyebabkan kemandulan baik pada pria dan wanita.

Maksimalkan Manfaatnya

Agar mendapat manfaat maksimal dari udang, pilihlah udang segar dengan ciri-ciri sebagai berikut;

  • Penampakan umum: cemerlang, transparan, tidak lengket dengan sesamanya
  • Kulit: Keras, tebal, mengkilap, tidak mengelupas, tidak ada black spot, anggota tubuh lengkap
  • Warna: hijau keabuan
  • Aroma: Khas udang segar (tidak busuk)
  • Ekor: Utuh, tidak gripis
  • Daging: Elastis dan kenyal

Simpan Dengan Benar

Udang sangat mudah rusak. Penurunan mutu udang biasanya karena reaksi enzimatik, kimiawi, dan mikrobiologis. Salah satu penanganan yang paling penting adalah mempertahankan ‘rantai dingin’ yaitu penanganan pada suhu rendah sejak dari penangkapan hingga sampai di tangan konsumen. Rantai dingin ini harus dijaga pada suhu di bawah 5 derajat C agar bisa menghambat pertumbuhan mikroba.

Kenali Caranya

Jika memasak udang sebaiknya gunakan api besar hingga udang cepat masak. Pemanasan yang terlalu lama akan membuat cairan tubuh udang yang sebenarnya penuh gizi jadi larut dan terbuang. Akan lebih baik bila udang dikonsumsi dengan cara dipanggang atau dikukus.

Dapat pula dimakan mentah dengan mengolahnya seperti sushi. Supaya udang rebus tampak cantik kemerah-merahan dan tidak berbau anyir, setetes cuka perlu dimasukkan ke dalam air perebusnya.

Stop, Jangan Buang Kulitnya

Bila selama ini Anda mengonsumsi udang dengan cara mengupas kulit dan membuang kulitnya, mulai sekarang ubah kebiasaan itu. Kulit udang merupakan sumber kalsium yang sangat baik, kaya kitosan yang baik untuk menghambat penyerapan lemak dan kolesterol dalam tubuh. (dan)

BACA JUGA : MANISNYA SEMANGKA BAIK BAGI PENDERITA DIABETES

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes