Adakah Pengaruh Cara Pengolahan terhadap Manfaat Omega-3?

Jika Anda makan ikan untuk mendapatkan manfaat Omega-3 yang terkandung di dalamnya, maka pengolahan dengan dipanggang atau direbus lebih baik daripada digoreng, diasinkan atau dikeringkan. Hal ini diungkapkan dalam sebuah presentasi hasil penelitian pada ajang American Heart Association’s Scientific Sessions 2009.

Berbagai penelitian telah membuktikan dan menyarankan konsumsi asam lemak Omega-3 sebagai asam lemak baik yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan jantung. Omega-3 membantu kesehatan jantung dalam berbagai cara seperti menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan tekanan darah dan resiko penyumbatan pembuluh darah yang kesemuanya itu adalah pemicu utama terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Bagi orang-orang yang sudah mengalami gangguan jantung atau pernah mengalami serangan jantung, Omega-3 tetap member manfaat, yaitu menurunkan resiko kematian mendadak.

Para ahli menyarankan konsumsi ikan setidaknya 2 kali seminggu. Kandungan Omega-3 tertinggi terdapat pada berbagai jenis ikan seperti makarel, sarden, salmon, tuna, dan herring. Namun disarankan pula untuk mendapatkan manfaat optimal Omega-3 dari ikan, maka panggang, rebus atau bakarlah ikan tersebut. Jika Anda kurang menyukai ikan, Anda bisa mendapat Omega-3 dari biji-bijian dan kacang-kacangan, atau minyak canola. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen Omega-3.

Berbagai cara akan kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung kita, bukan? Maka, mulailah berolahraga teratur dan aturlah diet Anda, pastikan Anda juga mengkonsumsi lebih banyak sayur, buah, produk gandum utuh, dan sumber protein untuk mencukupi berbagai nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan jantung Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes