penyebab alerg gluten

Alergi Pada Gluten, Ini Penyebabnya!

Apakah Anda tahu apa itu gluten? Beberapa orang banyak menyalahkan gluten untuk masalah kesehatan mereka. Berikut ini adalah ulasan yang harus Anda baca, terkait tentang apa itu gluten, dan bagaimana gluten dapat mempengaruhi tubuh manusia.

penyebab alerg gluten

Gluten adalah protein lengket dan elastis yang terkandung di dalam beberapa jenis sereal, terutama gandum, barley, rye, dan oats. Artinya, gluten terdapat dalam roti, biskuit, pasta, sarapan sereal, mi, dan jenis makanan lainnya yang berbahan dasar dari tepung terigu.

Ini Pengaruh Gluten Bagi Tubuh Anda
Bagi sebagian orang, gluten memang tidak banyak berpengaruh, namun bagi beberapa orang, gluten dapat menyebabkan masalah besar. Sebenarnya, bisa atau tidaknya gluten dicerna oleh tubuh, semuanya tergantung pada sistem imun. Bagi sebagian orang yang mempunyai reaksi sensitif, gluten dapat menjadi berbahaya dan membuat sistem imun menurun.

Terdapat dua macam sistem imun pada manusia, yaitu sistem imun bawaan dan adaptif. Kedua jenis sistem imun tersebut berguna melindungi tubuh dari sesatu yang berbahaya, namun proses kinerja masing-masing imun tersebut berbeda. Jika sistem imun ini terganggu, maka akan menyebabkan alergi gluten intoleransi gluten (celiac), dan non-celiac gluten intolerance.

Apa Itu Celiac dan Non-Celiac Gluten Intolerance?
Celiac adalah kondisi dimana terdapat kerusakan pada usus halus, yang menyebabkan ketidakmampuan untuk mencerna nutrisi tertentu. Penyakit ini dipicu oleh seseorang yang memiliki sensitivitas bila mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Sistem kekebalan tubuh akan memberikan respon dengan cara merusak atau menghancurkan vili. Tanpa vili, usus halus tidak dapat menyerap nutrisi. Akibatnya, seseorang dapat menderita malnutrisi. Bukan hanya itu, jika penderita celiac mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, maka penderita dapat mengalami gejala langsung, seperti diare, muntah, sakit perut, kembung, dan sembelit.

Sedangkan kondisi Non-Celiac Intolerance adalah keadaan dimana seseorang mengalami sensitivitas terhadap gluten. Umumnya, pada kondisi ini penderita tidak begitu menunjukkan banyak gejala. Gejala yang umum terjadi adalah nyeri sendi, kelelahan, dan diare, tapi tidak menderita kelainan usus.

Bagaimana Anda Tahu Kapan Harus Menghindari Gluten?

Jika Anda yakin mengalami gejala yang disebutkan di atas setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, maka Anda wajib untuk mengikuti diet bebas gluten. Anda tidak perlu mengikuti diet bebas gluten hanya untuk tren agar berat badan anda turun, hal itu justru tidak akan berhasil. Anda hanya perlu menghindari gluten jika Anda memiliki penyakit celiac atau Non-Celiac Gluten Intolerance.

Jika Anda tetap tidak yakin, maka untuk memuaskan keingintahuan, tidak ada salahnya Anda pergi ke dokter untuk pengujian klinis. Perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh mulai dari kerja darah, biopsy usus, dan peningkatan yang ditandai dengan diet bebas gluten. Namun, apabila hasil tes untuk penyalit celiac dan alergi gandum negatif, maka besar kemungkinan Anda mengalami Non-Celiac Gluten Intolerance.

Bagaimana Mengobati Sensitivitas Terhadap Gluten?
Satu-satunya pengobatan penyakit celiac dan Non-Celiac Gluten Intolerance adalah dengan menghindari setiap makanan yang mengandung gluten. Disebut juga dengan diet gluten. Namun, diet ini tidak mudah. Karena, hampir semua makanan mengandung gluten. Jika Anda memang tertarik dengan diet ini, Anda perlu jeli terhadap semua makanan yang dimasak dengan saus teriyaki dan kecap. Karena, semua itu mengandung gluten.

Selanjutnya, Anda perlu saran-saran dokter. Waspadai informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya. Untuk menghindari gluten sepenuhnya, penting untuk mencari informasi yang layak. Periksa setiap label makanan yang memicu terjadinya alergan. (gie)

BACA JUGA: Yuk, Ketahui Gejala Binge Eating Disorder!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes