tingkatkan massa otot

Bagaimana BCAA Membantu Pembentukan Tubuh Anda?

BCAA untuk Mengurangi Sakit dan Nyeri Setelah Latihan
Beberapa studi dengan menggunakan dosis BCAA berbeda menunjukkan betapa pentingnya BCAA untuk mengurangi kerusakan otot. Dalam sebuah penelitian, atlet sepeda diberi 12 gram BCAA per hari dan diminta memacu sepedanya selama 2 jam. Hasilnya, enzim yang memberitahu tubuh bahwa terdapat kerusakan otot, yakni laktat dehidrogenase (LDH), tertunda 2 jam hingga 5 hari. Dan dari 4 jam hingga 5 hari uji akhir dari creatine kinase (CK) menandakan bahwa suplementasi BCAA dapat mengurangi kerusakan otot yang diakibatkan latihan daya tahan seperti bersepeda.

BCAA untuk Menjaga Kekuatan Otot
Dalam penelitian lain dengan menggunakan metode latihan daya tahan yang berbeda, 16 orang berpartisipasi dalam perjalanan ke dataran tinggi selama 21 hari. Kelompok pertama diberi plasebo sedangkan kelompok kedua masing-masing diberi 11.5 gram BCAA. Kelompok yang diberi BCAA berhasil menurunkan lemak tubuh sebanyak 11.7% sedangkan kelompok yang diberi plasebo turun sebanyak 10.3%. Bahkan, kelompok yang diberi BCAA pun berhasil menambah otot bebas lemak sekitar 1,5%. Selain itu, kekuatan otot yang diukur setelah perjalanan menunjukkan perbedaaan yang signifikan.

Kelompok yang diberi BCAA hanya mengalami penurunan sebesar 2,4% sedangkan kelompok plasebo mengalami penurunan sebesar 7,8%. Hal ini juga membuktikan bahwa BCAA tidak hanya memiliki efek anti-katabolik tetapi juga membantu mencegah hilangnya kekuatan otot akibat latihan yang berat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes