menurunkan kolesterol

Bahan Alami Yang Ampuh Basmi Kolesterol Jahat

Kolsterol tinggi bisa menyebabkan beberapa penyakit. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama kolesterol jahat (LDL).

menurunkan kolesterol

Kolesterol sangat ditakuti dan dibenci ketika mereka berada di atas batas normal. Pasalnya, hal itu dapat menimbulkan sejumlah penyakit.

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat menurunkan tingkat kolesterol, terutama kolesterol jahat.

1. Kacang-kacangan

Terutama jenis kacang almond. Rutin mengonsumsi kacang almond membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dan tekanan gula darah.

Bahkan pada jurnal Metabolism Clinical and Experimental disebutkan bahwa selain mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, kacang almond juga membantu mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

2. Bawang Merah

Dalam bawang merah terdapat zat yang bernama quertin, yang merupakan antioksidan kuat penangkal radikal bebas. Mengonsumsi bawang merah adalah langkah tepat untuk mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

3. Havermut atau oatmeal

Kandungan serat yang tinggi yang terdapat dalam makanan berbahan dasar tepung gandum ini, memiliki kemampuan mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

Dalam jurnal American Journal of Epidemiology tahun 2010 disebutkan bahwa semangkuk havermut sehari membantu memberikan 8 gram tambahan serat pada tubuh.

4. Bawang Putih

Selain mencegah meningkatnya tekanan darah dan pembentukan plak pada pembuluh arteri, bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol jahat. Hal itu dikarenakan kandungan sulfur yang membantu melebarkan pembuluh darah, serta allicin yang sangat penting bagi kesehatan.

5. Omega 3

Asam lemak omega 3 dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat. Bahan ini terdapat pada beberapa jenis ikan seperti tuna, salmon, sarden. Namun, mengonsumsi ikan-ikan tersebut jangan digoreng. Sebaiknya direbus atau dipannggang. Karena dengan menggoreng hanya akan menambah jumlah lemak yang kurang baik.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Tingkatkan Energi Latihan dengan Pra-Nutrisi Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes