Baked Chicken Fillet with Yogurt Sauce

Ayam panggang oven dengan saus yogurt. Resep sehat kali ini menggunakan salah satu bahan makanan sehat yaitu yogurt. Yogurt, yoghurt atau yoghourt adalah produk susu fermentasi yang dihasilkan oleh proses fermentasi susu oleh bakteri.

Baked-Chicken-Fillet-with-Yogurt-sauce

Bakteri adalah salah satu jenis organisme yang berukuran sangat kecil yang tidak dapat dilihat secara kasat mata. Bakteri yang digunakan untuk membuat yogurt biasanya dikenal dengan sebutan kultur yogurt. Bakteri-bakteri ini memfermentasikan laktosa pada susu menjadi asam laktat yang bereaksi terhadap protein susu sehingga memberikan tekstur dan citarasa yang khas pada yogurt. Umumnya yogurt dibuat menggunakan susu sapi, akan tetapi pada beberapa tempat di dunia yogurt dibuat juga menggunakan susu kerbau, kambing, domba, kuda, unta dan yak.

Jenis bakteri yang biasanya digunakan untuk membuat yogurt yaitu Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus dan Streptcoccus thermopilus. Selain itu beberapa jenis bakteri dari golongan laktobasilus dan bifidobakteria sering juga digunakan pada pembuatan yogurt.

Istilah yogurt berasal dari bahasa Turki, “yogurt” yang berarti “menjadi kental/beku atau terkoagulasi”. Asal-usul yogurt tidak begitu jelas. Analisis gen dari bakteri L. Delbrueckii subsp. bulgaricus mengindikasikan bahwa bakteri ini mungkin berasal dari permukaan tanaman. Susu kemungkinan terfermentasi secara spontan melalui kontak dengan tanaman atau bakteri tersebut mungkin juga berpindah melalui ambing susu hewan ternak.

Tulisan tertua mengenai yogurt terdapat pada tulisan oleh Pliny the Elder, yaitu orang Romawi (tahun 23 – 25 Agustus 79) yang merupakan penulis, naturalis, dan filsuf, yang menyebutkan bahwa penduduk di beberapa negara barbar tahu bagaimana mengentalkan susu untuk mendapatkan citarasa asam yang lezat.

Pada zaman pertengahan di Turki, sebutan yogurt dicatat dalam buku Diwan Lughat al-Turk oleh Mahmud Kashgari dan Kutadgu Bilig oleh Yusuf Has Hajib yang ditulis pada abad ke-11. Kedua buku tersebut menyebutkan kata yogurt dan menjelaskan kegunaannya oleh para pengembara Turki. Terbentuknya yogurt mungkin berawal dari terjadinya fermentasi susu yang pada zaman tersebut yang sering disimpan dalam tas-tas kulit kambing.

Sekarang, apa sih manfaat kesehatan dari yogurt? Dari nilai gizinya, yogurt mengandung sejumlah zat gizi yang hampir mirip dengan susu. Dalam 100 g yogurt whole milk mengandung 61 kalori, 3 g lemak, 5 g karbohidrat, dan 3 g protein. Akan tetapi yogurt yang dibuat menggunakan skim milk dalam 100 g sajian mengandung 56 kalori, 0 g lemak, 8 g karbohidrat, dan 6 g protein (www.nutritiondata.com). Suatu studi yang dipublikasikan oleh International Journal of Obesity (11 Januari 2005) menemukan bahwa konsumsi yogurt rendah lemak dapat membantu menurunkan berat badan dibandingkan dengan plasebo gelatin.

Yogurt dapat dikonsumsi oleh beberapa penderita lactose-intolerance karena laktosa dalam susu telah dikonversi menjadi glukosa dan galaktosa, dan sebagian diubah menjadi asam laktat karena adanya aktifitas bakteri. Yogurt mengandung bakteri dalam keadaan hidup dan efektif mencegah diare yang disebabkan oleh antibiotik.

Yogurt memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Bagi anak-anak, yogurt memberikan sumber gizi yang seimbang berupa protein, lemak, karbohidrat dan mineral. Untuk manula yang umumnya sering menderita masalah dengan pencernaan atau mengalami penurunan produksi enzim laktase di ususnya seiring dengan bertambahnya usia, yogurt merupakan salah satu pilihan yang dapat dipertimbangan.

Yogurt dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri bifidus (probiotik) pada pencernaan yang manula yang umumnya menunjukkan penurunan jumlah. Menurunnya jumlah bakteri bifidus pada pencernaan dapat menyebabkan produksi racun dalam pencernaan dan mungkin dapat menimbulkan kanker yang disebabkan oleh bakteri. Manfaat lain dari yogurt akan kita bahas lagi di artikel resep sehat selanjutnya.

Untuk 2 porsi

Bahan
300 g daging ayam fillet
50 g yogurt pasta plain
1 buah bawang bombay (potong dadu atau cincang kasar)
2 tangkai parsley (cincang halus)
½ sdt garam
¼ sdt lada

Cara membuat

1. Campur rata yogurt, bawang bombay, parsley, garam dan lada.
2. Masukkan ayam ke dalam campuran yogurt. Aduk rata. Diamkan 20-30 menit.
3. Masukkan campuran ke dalam wadah gelas tahan panas kemudian ditutupi dengan aluminium foil.
4. Panaskan oven pada suhu 180oC.
5. Panggang ayam selama kurang lebih 25-30 menit.
6. Keluarkan dari oven. Sajikan.

Tips dan saran

1. Parsley dapat anda gantikan dengan seledri
2. Anda dapat juga menggunakan resep saus yogurt pada jenis protein yang lain seperti daging sapi dan ikan.

BACA JUGA : STEAMED CHICKEN WITH GARLIC SAUCE

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes