Baked Chicken with Black Pepper

Sebelum kita membuat masakan sehat yang satu ini, yuk sedikit kita lihat tentang lada atau pepper. Bumbu yang satu ini pasti paling sering kita gunakan dalam memasak. Di Indonesia, lada dikenal juga dengan sebutan merica dan merupakan salah satu jenis bumbu yang terkenal yang berasal dari Asia Tenggara, China dan India.

Lada memiliki nama latin Piper nigrum yang merupakan tanaman berbunga merambat dari famili Piperaceae yang ditanam untuk dipanen buahnya untuk dikeringkan. Setelah kering, buah atau bijinya dapat digunakan dalam bentuk utuh atau dihaluskan terlebih dahulu menjadi bubuk.

Lada memiliki sejarah panjang dalam kehidupan manusia. Di Asia Tenggara dan India, lada sudah digunakan sejak zaman pra-sejarah. Sedangkan di zaman Mesir kuno, biji lada hitam digunakan dalam proses mumifikasi. Di Yunani pada abad ke-4 sebelum masehi, lada menjadi salah satu produk mewah dan hanya yang sangat kaya yang bisa memilikinya. Lada tersebut masuk melalui jalur perdagangan Laut Arab dan berasal dari India bagian utara-barat.

Di China, lada sudah dikenal sejak abad ke-2 sebelum masehi dan mulai populer sebagai bumbu masak pada abad ke-12. Lada dan beberapa jenis rempah yang berasal dari Asia Tenggara mempunyai pengaruh yang besar terhadap perubahan sejarah dunia. ugg outlet australia auckland Berbagai jenis penjajahan timbul hanya untuk tujuan menguasai perdagangan lada dan rempah-rempah tersebut seperti yang terjadi di beberapa negara di Asia.

Kembali ke lada, ada beberapa jenis bumbu lada yang dapat kita temukan di pasaran, yaitu lada hitam (black pepper), lada putih (white pepper), lada hijau (green pepper), lada jingga (orange pepper) dan lada merah (red pepper), serta lada merah muda (pink pepper).

Lada putih sering disebut juga dengan lada, merupakan bumbu masak yang paling sering kita temui. Lada putih terdiri dari biji buah lada yang telah dipisahkan bagian kulitnya yang berwarna gelap. Biji yang tanpa kulit ini kemudian dikeringkan dan dapat dilanjutkan dengan penepungan.

Lada hitam adalah buah lada yang dipanen muda (masih berwarna hijau) dan belum matang. Setelah melalui proses seperti perebusan dan pengeringan menyebabkan buah lada ini berwarna hitam dan memiliki permukaan yang keriput. Lada hijau sama dengan lada hitam yaitu dipanen pada saat masih belum matang (warna hijau). Warna hijau yang tidak berubah disebabkan karena menggunakan perlakuan yang berbeda yaitu dengan penggunaan sulfurdioksida, pengalengan, atau pengeringan beku. Sedangkan lada jingga dan lada merah adalah buah lada yang dipanen setelah matang dan biasanya diawetkan di dalam larutan garam atau vinegar.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes