Banana and Cowpeas Kolak

Artikel resep sehat kali ini adalah satu resep sehat yang terlewat saat bulan puasa. Tapi meskipun demikian, menu ini dapat dibuat dan dikonsumsi selain di bulan puasa karena kandungan nutrisi yang terkandung dalam bahan-bahan yang digunakan sangat baik untuk tubuh.

Salah satu bahan yang digunakan disini adalah kacang tolo atau kacang tunggak atau dalam bahasa Inggrisnya disebut cow pea. Cow pea di Amerika Serikat dikenal juga dengan sebutan Black-eyed Pea memiliki nama latin Vigna unguiculata subsp. unguiculata. Tanaman ini masih satu spesies dengan kacang panjang namun berbeda sub-spesies.

Kacang tolo dapat tumbuh dengan baik meski pada daerah beriklim kering dimana kebanyakan tanaman legume (polong-polongan) justru tidak bisa tumbuh dengan baik. Tanaman ini dibudidayakan pertama kali di Afrika dari subspesies liar dekindtiana.

Tanaman ini merupakan salah satu bahan makanan nabati sumber protein di daerah tropis seperti di Afrika, Brazil, dan India, dimana di tempat tersebut kacang tolo dibudidayakan untuk konsumsi sendiri dan tidak dijual di pasar. Warna biji kacang tolo dapat bervariasi tergantung dari jenis variannya, seperti warna burik, berbintik-bintik, putih, krem, merah, merah muda, hijau atau hitam. Bentuknya juga dapat bervariasi seperti bentuk ginjal, telur, bola (spherical), atau menyerupai jajaran genjang (rhomboid).

Dari segi nutrisi, 100 g kacang tolo mengandung karbohidrat sebanyak 60 g, protein 23,5 g, lemak 1,3 g, serat pangan 10,6 g, dan sodium 20 mg (www.nutritiondata.com). Protein dalam kacang tolo kaya akan asam amino lisin dan triptofan jika dibandingkan dengan protein dalam biji-bijian serealia, akan tetapi masih kekurangan asam amino metionin dan cystine jika dibandingkan dengan protein hewani.

Oleh sebab itu, kacang tolo akan meningkatkan mutu protein serealia jika dikonsumsi bersama, dan akan menambah jumlah protein jika dikonsumsi bersama dengan bahan makanan hewani. Kacang tolo juga merupakan sumber yang baik dari folat (vit. B9), thiamin (vit. B1), zat besi, magnesium, fosfor, tembaga dan mangan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes