Black Chocolate Egg White Pudding With Passion Fruit Sauce and Strawberry Jam

Black Chocolate Egg White Pudding With Passion Fruit Sauce and Strawberry Jam

Lagi mencari ide baru untuk menu buka puasa? Yuk kita coba resep sehat berikut. Tapi sebelumnya saya akan bercerita sedikit tentang bubuk coklat yang saya gunakan dalam resep ini. Ada dua jenis bubuk coklat yang saya gunakan yaitu bubuk coklat hitam dan bubuk coklat biasa. Bubuk coklat hitam memang jarang ditemui di pasaran. Kita dapat memperolehnya di toko-toko tertentu seperti toko yang menjual bahan pembuatan kue.

Black Chocolate Egg White Pudding With Passion Fruit Sauce and Strawberry Jam

Bubuk coklat (cocoa powder) adalah padatan yang tersisa setelah lemak coklat (cocoa butter) diekstrak dari cairan coklat (cocoa liquor atau cocoa mass). Cairan coklat diperoleh dari biji coklat setelah melalui serangkaian proses mulai dari fermentasi, pengeringan, penyangraian, pemecahan biji dan penggilingan. Biji coklat mengandung lemak coklat sekitar 50-57%. Bubuk coklat memiliki sebutan lain seperti cocoa solid, cocoa dan cacao.

Ada dua jenis bubuk coklat berdasarkan proses pembuatannya yaitu alami (natural unsweetened cocoa powder) dan proses-Dutch (Dutch-processed unsweetened cocoa powder). Bubuk coklat alami diperoleh dari biji kakao yang digiling dan diayak. Bubuk coklat alami memiliki rasa yang pahit dan memberikan citarasa coklat yang lebih baik pada produk-produk yang dipanggang. Produk ini cocok untuk produk-produk seperti brownies, kukis, dan cake coklat. Bubuk coklat alami bersifat asam (acid) sehingga pada adonan yang ditambahkan baking soda (basa) akan mengembang ketika dipanggang dalam oven.

Bubuk coklat yang diproduksi dengan cara Dutch-processed diperoleh dari biji kakao yang telah melalui proses pencucian dengan larutan kalium yang bersifat basa untuk menetralisir keasamannya. Bubuk coklat yang diproses Dutch tidak bereaksi dengan baking soda sehingga adonannya tidak mengembang. Bubuk coklat ini lebih cocok digunakan pada resep yang menggunakan baking powder. Bubuk coklat yang diproses Dutch memiliki warna yang lebih gelap dan citarasa yang lebih ringan dibandingkan dengan bubuk coklat alami. Selain itu bubuk coklat ini juga lebih mudah larut dalam cairan. Bubuk coklat yang diproses Dutch atau alkalized unsweetened cocoa powder dapat digunakan untuk produk-produk yang dipanggang dan citarasanya yang ringan dapat saling melengkapi dengan citarasa yang lain pada produk.

Nah, bagaimana dengan bubuk coklat hitam? Bubuk coklat hitam termasuk dalam jenis alkalized unsweetened cocoa powder yang diproduksi dengan dengan proses Dutch. Namun proses Dutch yang digunakan termasuk tingkat tinggi. Tingkat keasaman dalam bubuk coklat hitam benar-benar telah dinetralkan semuanya sehingga citarasa coklatnya sangat rendah, tidak pahit dan berwarna hitam. Contoh penggunaan bubuk coklat hitam yaitu pada kukis Oreo. Bubuk coklat hitam cenderung berfungsi sebagai bahan pewarna dibanding sebagai perisa karena rendahnya citarasa coklatnya. Sehingga dalam penggunaannya dapat dikombinasikan dengan bubuk coklat biasa untuk mendapatkan warna dan citarasa yang diinginkan.

Jika anda ingin membeli bubuk coklat di pasaran, jangan lupa untuk selalu membaca komposisinya karena bubuk coklat alami (natural) dan bubuk coklat yang diproses Dutch memiliki karekteristik yang berbeda sehingga mempengaruhi penggunaannya.

#Untuk 8 potong

Bahan

Lapisan 1
200 ml susu cair rendah lemak
15 g gula palem
3,5 g bubuk agar-agar putih
4 g coklat hitam bubuk
3 g coklat bubuk
45 g putih telur
1/16 sdt garam
20 g gula palem

Lapisan 2
300 ml susu cair rendah lemak
3,5 g bubuk agar-agar putih
2 sachet pemanis rendah kalori
½ sdt pasta perisa rum

Bahan saus

1 buah markisa (kumpulkan pulp dan bijinya)
1 sdm gula pasir
½ sdt bubuk custard
1/8 cup air

Cara membuat

1. Lapisan 1. Campur rata susu, gula palem, agar-agar bubuk, dan coklat bubuk. Panaskan hingga mendidih. Angkat. Sisihkan.
2. Kocok putih telur dan garam dengan mixer kecepatan tinggi sampai setengah mengembang, Masukkan gula palem sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang.
3. Masukkan rebusan puding sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu. Tuang ke dalam loyang cetakan. Saya menggunakan loyang cetakan segiempat berukuran 24×10 cm. Biarkan sampai mengeras.
4. Lapisan 2. Campur rata susu dan agar-agar bubuk. Panaskan hingga mendidih. Masukkan pemanis dan pasta rum. Aduk rata. Tuang ke atas lapisan 1. Biarkan mengeras.
5. Potong-potong.
6. Saus markisa. Campur pulp dan biji markisa, gula pasir dan air. Masak hingga mendidih. Tambahkan bubuk custard yang telah dilarutkan dengan sedikit air. Panaskan sambil diaduk hingga mengental. Biarkan dingin.
7. Tuang sebanyak 1 sdt ke atas puding bersama selai strawberry. Sajikan.

Nilai gizi per potong

Kalori: 57,3 kkal
Lemak: 0,8 g
Karbohidrat: 9,5 g
Serat: 1 g
Protein: 3 g

BACA JUGA: Tempeh & Tomato Oatmeal Porridge

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes