motivasi fitnes

Blunder yang Sering Dilakukan Saat Membentuk Otot Perut

Banyak fitnes mania yang berlomba-lomba untuk membentuk otot perut menjadi ramping dan kencang. Apakah Anda juga demikian?

Memiliki perut yang ramping dan ideal adalah idaman bagi banyak fitnes mania. Termasuk Anda pastinya.

Dengan otot perut yang ramping, maka akan dapat mendongkrak kepercayaan diri Anda.

Terlebih bagi kaum adam. Mendapatkan perut sixpack adalah idaman karena membuat mereka tampak lebih keren.

Karena itu, banyak ditemui fitnes mania di gym yang melatih otot perut mereka.

Namun, tidak jarang beberapa diantara mereka melakukan sejumlah hal yang justru kontra dengan programnya. Akibatnya, goal untuk mendapatkan perut yang indah sulit terbentuk.

Apa saja kesalahan tersebut?

Kesalahan yang Mungkin Dilakukan Saat Membentuk Otot Perut

membentuk otot perut

Blunder Pertama, Hanya Fokus Latihan Sit-Up untuk Dapatkan Perut Sixpack

Sit-up memang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin membentuk otot perut. Tapi apakah cukup hanya dengan berlatih sixpack terus-terusan dan sangat banyak?

Nyatanya, masih banyak yang beranggapan demikian. Namun sebaiknya hindari anggapan tersebut.

Meskipun direkomendasikan, bukan berarti sit up menjadi satu-satunya latihan yang wajib Anda lakukan.

Jika Anda ingin miliki tubuh berotot dengan pahatan perut sixpack, maka Anda harus mempertahankan otot kering dalam tubuh Anda.

Otot kering ini biasanya ditandai dengan rendahnya kadar lemak dalam tubuh sehingga otot terlihat jelas dan tidak tertutup lemak.

Karena itu, sit-up saja tidak cukup untuk pangkas lemak berlebih dalam tubuh Anda, terutama area perut. Karena itu, sebaiknya lakukan juga latihan beban dan latihan kardio yang lain untuk mengontrol kadar lemak tubuh Anda.

Kini Anda bisa memiliki otot perut sixpack idaman Anda hanya dengan download ebook gratis panduannya DI SINI

membentuk otot perut

Blunder Kedua, Melawatkan Protein Sebelum Tidur

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan Anda mengonsumsi 25-30 gram setiap beberapa jam.

Begitu juga ketika Anda tidur. Tubuh memerlukan protein untuk memulihkan dan berkembangnya otot.

Tapi jika Anda makan malam terlalu larut dan Anda tidak juga tidur setelah pukul 10.00 malam, maka sebaiknya hindari cemilan yang kurang sehat.

Karena hal tersebut dapat membuat tubuh Anda dalam kondisi katabolik sehingga dapat membuat otot menyusut. Atau bahkan bertambahnya lemak dalam tubuh Anda.

Karena itu, pastikan Anda mengonsumsi protein yang cukup dalam makanan terakhir Anda sebelum tidur.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa pertumbuhan otot akan terjadi maksimal jika Anda mengonsumsi makanan tinggi protein dan segera tidur setelahnya (tidur malam).

Susu merupakan sumber yang baik dari casein dan akan sangat tepat bila ditambahkan dengan protein whey. Kombinasi protein ini akan membuat pertumbuhan otot lebih cepat, serta mencukupi kebutuhan protein untuk otot Anda pada malam hari.

Blunder Ketiga, Lebih Sering Menghindari Karbohidrat

membentuk otot perut

Oke, katakanlah Anda sedang ingin memangkas lemak berlebih dan ingin membuat tubuh Anda lebih ideal dan berotot. Tapi apakah harus dengan menghindari karbohidrat?

Ini mungkin sering Anda lakukan dengan selalu menghindari karbohidrat pada malam hari.

Beberapa dari Anda mungkin masih beranggapan jika konsumsi karbohidrat pada malam hari dapat menyebabkan bertambahnya berat badan. Namun nyatanya, hal itu tidaklah benar jika total kalori dan karbohidrat harian Anda telah selaras dengan tujuan Anda.

Perubahan berat badan ditentukan antara kalori yang masuk dan keluar selama periode 24 jam. Apabila Anda mengonsumsi banyak kalori (dari karbohidrat) pada hari itu, mungkin akan berpengaruh pada berat badan Anda. Namun jika tidak, maka hal itu tidak sepenuhnya mempengaruhi bobot Anda.

Defisit atau surplus kalori memang BENAR-BENAR PENTING.

Solusinya adalah jangan TERLALU TAKUT dengan konsumsi karbohidrat pada malam hari.

Bahkan, beberapa studi seperti yang ditulis BodyBuilding.com, menyebutkan bahwa penurunan berat badan dapat terjadi apabila mengonsumsi karbohidrat pada malam hari.

Dari beberapa penelitian tersebut mengatakan defisit atau surplus kalori jauh lebih penting untuk manajemen berat badan daripada karbohidrat waktu.

Blunder Keempat, Mengonsumsi Stimulan Terlalu Larut

membentuk otot perut

Mengonsumsi stimulan terlalu dekat dengan jadwal tidur dapat menunda atau mengganggu waktu tidur Anda. Bahkan jika Anda tidur setelah minum stimulan tersebut, masih ada efeknya dan bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Khususnya pada REM tidur Anda.

Rapid Eye Movement (REM) merupakan kondisi normal dari tidur yang ditandai dengan gerakan cepat dan acak dari mata.

Tidur adalah waktu terbaik untuk tubuh Anda beristirahat dan pulih dari latihan yang keras karena pada saat tersebut mayoritas hormon anabolik di ekskresikan.

Karena itulah, sebaiknya hindari minuman stimulan seperti kopi, teh berkafein tinggi, hingga minuman berenergi. Sebaiknya konsumsi minimal enam jam sebelum Anda berencana pergi tidur.

Waktu tersebut digunakan tubuh untuk memetabolisme kafein sehingga tidak mengganggu tidur Anda.

Blunder Kelima, Konsumsi Alkohol dengan Harapan Segera Tidur

membentuk otot perut

Ini adalah salah satu kebiasaan yang tidak baik. Alkohol bisa menggantu waktu REM tidur Anda. Yang mana tidur sangat penting bagi otot tubuh untuk pulih dan berkembang.

Bukan hanya itu, asupan alkohol juga dapat menghambat rilis hormon pertumbuhan (growth hormone/GH). Puncak dirilisnya GH, yang merupakan pemain penting dalam pembangunan otot, adalah 90 menit pertama dari tidur Anda dan tetap tinggi selama tiga setengah jam.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolisme, disebutkan bahwa semakin banyak Anda konsumsi alkohol, semakin sedikit hormon pertumbuhan yang dilepaskan.

Mengandalkan alkohol hanya akan semakin memperburuk masalah Anda. Bukan hanya pada pertumbuhan otot Anda, melainkan juga kesehatan Anda secara menyeluruh.

Kombinasi dari pola latihan yang rutin, pola makan (diet) yang seimbang, dan memiliki waktu tidur yang cukup pastinya akan sangat baik untuk program fitnes Anda.

Apabila Anda masih juga kesulitan miliki waktu tidur terbaik, Anda bisa menambahkan melalui suplementasi seperti magnesium dan melatonin. Kedua suplemen ini diketahui sangat ampuh untuk memberikan Anda tidur yang berkualitas.

Atur Pola Makan yang Tepat untuk Membentuk Otot Perut

membentuk otot perut

Jika Anda sudah memahami kesalahan yang sebaiknya Anda hindari saat membentuk otot perut, maka kini saatnya untuk memulai dari mengatur pola makan.

Yang paling utama adalah mengendalikan kalori.

Tujuan Anda adalah memangkas kadar lemak tubuh agar otot perut Anda semakin terlihat. Maka jika Anda ingin miliki perut sixpack, maka tubuh Anda wajib memiliki lemak yang sedikit.

Banyak praktisi fitnes menyarankan untuk mengurangi 500 kalori per hari dari menu makan Anda atau jumlah pembakaran dari latihan yang Anda lakukan.

Hal ini bertujuan agar berat badan Anda berkurang secara aman dan wajar.

Karena tak sabar, Anda berniat untuk memangkas kalori dengan banyak secara langsung. Tentu, harapan Anda adalah berat badan segera turun dan otot perut terlihat.

Padahal yang terjadi adalah ketika Anda mengurangi kalori secara drastis, justru dapat memperlambat penurunan berat badan. Bahkan dapat menyebabkan tubuh membakar otot bukan lemak.

Pastinya, jika dilakukan secara terus-menerus akan membuat otot perut Anda semakin sulit terlihat.

Membentuk Otot Perut dengan Latihan yang Tepat

Memang, membentuk otot hanya pada satu area tertentu cukup sulit, termasuk ketika Anda ingin membentuk otot perut.

Otot perut Anda tidak akan terlihat jika kadar lemak berlebih masih menutupi perut Anda. Jika Anda berniat untuk menonjolkan otot perut Anda, maka sebaiknya lakukan latihan kombinasi pembentukan otot perut dan kardio, serta latihan yang menargetkan kelompok otot lain.

1. Latihan Kardio HIIT

membentuk otot perut

Latihan kardio disebut-sebut sebagai latihan yang efektif untuk Anda yang ingin memangkas lemak tubuh berlebih.

Terutama latihan kardio intensitas tinggi atau yang lebih sering disebut High Intensity Interval Training (HIIT).

Telah banyak penelitian latihan yang hanya memerlukan waktu singkat ini sangat efektif untuk memangkas lemak tubuh Anda.

Latihan HIIT merupakan kombinasi latihan pendek intensitas tinggi dengan latihan intensitas menengah.

HIIT sendiri didesain untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Maka tak heran jika HIIT banyak digemari sebagai penurun berat badan cepat bagi mereka yang menjalankan program fat loss. Tidak hanya itu, metode latihan HIIT juga dapat meningkatkan perkembangan serabut otot cepat (fast twitch fiber).

HIIT terdiri dari latihan yang singkat namun intens dan diikuti masa pemulihan di sela latihan. Metode latihan HIIT ini biasanya dilakukan selama 10-20 menit.

Seperti apa contoh HIIT? Anda dapat menyimaknya di sini >> Singkirkan Lemak dengan 5 Menit HIIT Berikut!

2. Latihan Beban

membentuk otot perut

Bukan hanya latihan kardio, latihan beban juga sangat efektif bagi Anda yang ingin memangkas lemak sekaligus membentuk otot.

Terutama latihan compound atau latihan yang melibatkan banyak kelompok otot.

Hal ini berarti pada satu kesempatan Anda dapat menargetkan beberapa bagian tubuh. Tentunya latihan compound akan sangat mendukung program penambahan massa otot Anda.

Kombinasi antara banyaknya kelompok otot yang bekerja dengan beban yang cukup berat tentu akan memancing pertumbuhan otot. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu untuk memaksimalkan pertumbuhan otot dalam waktu yang singkat. Semakin banyak otot, maka pembakaran lemak juga akan semakin tinggi.

Latihan compound ini antara lain dead lift, squat, overhead press.

Untuk mendukung performa latihan Anda tetap maksimal, pastikan nutrisi tubuh Anda terpenuhi sebagai sumber tenaga. Bila tenaga Anda maksimal, maka performa latihan juga akan stabil.

Bila nutrisi Anda kurang, Anda dapat menambahkannya melalui suplemen. Pastikan Anda pilih suplemen terbaik dan cocok untuk kondisi tubuh Anda.

Untuk menambah tenaga sekaligus bakar lemak, Anda dapat pilih suplemen pembakar lemak seperti Ultra Ripped Fast Acting Formula dari Ultimate Nutrition. Kandungan kafein dalam suplemen ini mampu menambah tenaga dan stamina Anda selama berlatih.

Selain itu, pembakar lemak BEST SELLER ini juga terbukti efektif membantu memangkas lemak tubuh dan menekan nafsu makan sehingga bantu turunkan berat badan Anda.

EFEKTIF PERCEPAT METABOLISME TUBUH ANDA

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh
  • Menambah Energi dan Stamina
  • Membakar Lemak Tubuh
  • Menekan Nafsu Makan

Tambah energi dan buat performa latihan Anda lebih optimal sekarang juga!BELI DI SINI!

Bagaimana? Sudah siap untuk latihan demi dapatkan otot perut yang Anda inginkan?

Jangan Lupa untuk Dapatkan Istirahat yang Cukup

membentuk otot perut

Baik latihan kardio maupun latihan beban sangat penting untuk membentuk otot perut. Terlebih jika kedua latihan tersebut dikombinasikan.

Tapi apakah cukup hanya dengan itu? BELUM.

Satu langkah yang tak kalah penting yang harus Anda lakukan adalah ISTIRAHAT.

Mendapatkan istirahat yang cukup sangatlah penting. Seperti yang sudah disebutkan di awal, istirahat sangat penting karena pada saat tersebut pelepasan hormon pertumbuhan terjadi. Pastinya momen ini sangatlah penting untuk Anda yang ingin membentuk otot perut.

So, pastikan Anda melakukan program fitnes tidak hanya keras, tapi juga cerdas. Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes