Chia Seeds, Si Biji Kecil Kaya Nutrisi dan Khasiat

Mungkin Anda belum pernah mendengar Chia seeds atau manfaatnya bagi kesehatan? Ternyata Chia seeds kaya nutrisi dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Chia seeds atau biji Chia adalah biji dari tanaman berbunga mint yang berasal dari Amerika Tengah khususnya Meksiko dan Guatemala. Suku Aztec menjadikannya sebagai sumber makanan pokok yang dipercaya mampu meningkatkan energi dalam tubuh.

Chia Seeds, Si Biji Kecil Kaya Nutrisi dan Khasiat

Di era modern ini, biji Chia dijadikan salah satu superfood terbaik yang sangat kaya akan asam lemak omega-3, protein, Alpha Linolenic Acid (ALA), dan serat yang baik bagi diet Anda.
Adalah Dr. Wayne Coates dari University of Arizona, Amerika Serikat yang pertama kali meneliti manfaat kesehatan dari biji Chia tersebut. Berikut 9 alasan mengapa biji Chia baik untuk diet Anda, seperti yang Dr. Wayne Coates jelaskan :

Meningkatan kesehatan jantung
Menurut pusat medis akademik Cleveland Clinic, Amerika Serikat, biji Chia telah terbukti menjaga tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan trigliserida. Manfaat tersebut sangat baik bagi jantung Anda.

Melawan diabetes
Biji Chia juga dapat menstabilkan gula darah tubuh dan melawan resistensi insulin yang terkait dengan diabetes. Biji Chia biasa digunakan sebagai pengobatan alami yang potensial untuk melawan diabetes tipe 2 kerena mampu memperlambat pencernaan dalam tubuh. Lapisan pada biji Chia jika terkena cairan juga dapat mencegah lonjakan kadar gula pada tubuh.

Kaya serat makanan
Satu ons biji Chia (28 gram) setara dengan 11 gram serat makanan atau hampir separuh dari asupan harian serat yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Menambahkan biji Chia dalam diet Anda adalah cara mudah untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan serat yang baik untuk kesehatan khususnya pencernaan tubuh.

Sumber asam lemak omega 3
Biji Chia kaya akan asam lemak omega 3. Hampir 5 gram omega 3 terkandung dalam setiap satu ons biji Chia. Omega 3 sangat penting untuk perkembangan otak, menurunkan kolesterol buruk (LDL) sehingga meningkatkan kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, mencegah peradangan, serta mengatasi alergi dan depresi. “Konversi omega 3 dari biji Chia dalam makanan lebih baik dibandingkan dengan biji rami,” ujar Dr. Wayne Coates.

Baik bagi tulang dan gigi
Satu ons biji Chia mengandung 177 mg kalsium yang mampu memenuhi 18% asupan harian kalsium yang direkomendasikan sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan mencegah osteoporosis.

Kaya mineral mangan
Mangan adalah mineral yang tidak terlalu dikenal tetapi sebenarnya penting bagi tubuh. Mangan sangat baik untuk membantu tubuh menggunakan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, vitamin B1, biotin, dan kolin. Satu ons biji Chia mengandung 0,6 mg mangan atau mencukupi 30% asupan harian mangan yang direkomendasikan.

Sumber mineral fosfor
Satu ons biji Chia juga mengandung 265 mg atau sekitar 27% dari asupan harian fosfor yang direkomendasikan. Fosfor dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan tulang dan gigi, metabolisme tubuh, sintesis protein, dan perbaikan jaringan sel yang rusak.

Kandungan protein yang cukup
Biji Chia juga merupakan sumber protein bagi vegetarian yang baik dan bebas kolesterol buruk. Satu ons biji Chia mengandung 4,4 gram protein atau mencukupi hampir 10% asupan protein harian Anda.

Mengandung triptofan
Triptofan adalah salah satu dari 9 jenis asam amino esensial yang dikenal sebagai nutrisi penting yang harus dipasok dalam diet Anda. Triptofan dalam biji Chia berguna membantu nafsu makan, tidur, dan juga mood dalam diri Anda.

Well, dengan segala kebaikan diatas, tak ada salahnya Anda mencoba konsumsi biji Chia untuk diet bukan? (boy)

BACA JUGA : Pentingnya Omega-3 Selama Hamil Untuk Kesehatan Ibu & Bayi (Bagian 1)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes