Dadar Gulung Isi Muesli dan Coklat

Dadar Gulung Isi Muesli dan Coklat

Cemilan yang satu ini sebenarnya adalah salah satu jenis pancake tetapi lebih tipis dibandingkan dengan pancake yang sering kita temui. Dadar gulung termasuk salah satu cemilan basah yang cukup populer di Indonesia dan Malaysia.

Dadar Gulung Isi Muesli dan Coklat

Disebut dadar karena bentuknya mirip telur dadar dan dimasak menggunakan panci datar yang biasa digunakan untuk membuat telur dadar. Cemilan ini umumnya memiliki warna hijau dan citarasa yang berasal dari daun pandan serta memiliki isian yang terbuat dari kelapa dan gula merah. Selain menggunakan daun pandan, warna hijau pada dadar gulung dapat juga diperoleh dari daun suji.

Dadar gulung disajikan setelah diberi isian kemudian digulung. Ada juga jenis pancake yang mirip dengan dadar gulung yang disebut dengan Swedish Pancake. Swedish Pancake berukuran tipis dan disajikan setelah digulung atau dilipat dan diberi isian atau topping yang terbuat dari buah-buahan seperti strawberry, blueberry, dan raspberry, atau krim.

Suhu wajan dapat memberikan permukaan tekstur yang berbeda pada dadar gulung. Jika suhu yang digunakan cukup tinggi dapat memberikan tekstur bopeng atau berlubang pada permukaan kulit dadar gulung. Sedangkan jika kita menggunakan api atau suhu yang lebih rendah maka permukaan kulit dadar gulung akan lebih halus. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat dadar gulung atau rolled pancake yaitu keelastisan kulit dadar gulung yang tidak patah ketika digulung. Perbandingan tepung, telur dan susu harus berada dalam jumlah yang pas agar kulit dadar gulung tidak patah ketika digulung. Ketebalan kulit juga dapat mempengaruhi hal tersebut. Kulit dadar yang terlalu tebal juga dapat menyebabkan kulit patah pada saat digulung.

Resep berikut ini memiliki perbandingan bahan yang pas sehingga tidak akan patah pada saat digulung. Takaran adonan pada saat memasak juga cukup memberikan ketebalan kulit yang pas (tidak tebal dan tidak juga terlalu tipis).

Rolled Pancake with Muesli and Chocolate
(Dadar Gulung Isi Muesli dan Coklat)

dadar gulung

Untuk 7 potong

Bahan

1 butir telur
70 g terigu
175 ml susu rendah lemak.
¼ sdt garam
3 sdm gula palem

Topping untuk 1 potong
1 sdm muesli (sekitar 7 g)
1 sdm coklat meises

Cara membuat

1. Campur telur, terigu, susu, garam dan gula palem. Aduk hingga larut dan tercampur dengan baik. Sisihkan.
2. Siapkan wajan datar ukuran diameter dasar 15 cm. Olesi dengan sedikit minyak canola. Panaskan dengan api kecil
3. Setelah panas, ambil adonan menggunakan takaran ¼ cup dan tuang diatas wajan datar. Ratakan. Taburkan muesli dan coklat meises. Diamkan hingga matang.
4. Angkat dan biarkan hingga sedikit hangat. Gulung. Letakkan di piring saji. Sajikan.
5. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan. Lakukan hingga semua adonan habis.

Nilai gizi per potong

Kalori: 121 kkal
Lemak: 3,5 g
Karbohidrat: 18,8 g
Serat: 1 g
Protein: 3,7 g

Tips dan saran:

1. Jika anda tidak memiliki muesli, Anda dapat menggantikan bahan isiannya dengan bahan lain seperti oatmeal, kismis, atau potongan strawberry.
2. Anda juga dapat menggunakan daun pandan atau daun suji jika ingin memberikan warna hijau pada kulit dadar.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes