Delicious Overnight Oat with LeanBar

Overnight oat adalah salah satu jenis olahan oat yang cara pembuatannya sangat mudah dan tidak memerlukan proses pemasakan. Jenis oat yang umumnya digunakan dalam pembuatan overnight oat yaitu jenis rolled oat atau sering disebut juga traditional oat atau old-fashioned oat.

LeanBar

Rolled oat adalah jenis olahan oat yang terbuat dari butiran oat yang telah dikeluarkan sekamnya, dikukus, dan kemudian digiling sehingga menjadi bentuk serpihan oval pipih, dan selanjutnya dipanggang sebentar. Untuk membuat overnight oat, anda cukup memadukan rolled oat dengan beberapa bahan lain untuk mendapatkan citarasa dan manfaat sesuai dengan yang anda inginkan. Beberapa jenis bahan yang umum digunakan antara lain potongan buah dan sayuran segar, buah kering, kacang-kacangan, biji-bijian, susu cair, yogurt, susu kedelai, susu almon, mentega kacang, coklat, keju, selai buah dan jelli buah.

Cara membuat overnight oat sangat mudah yaitu dengan mencampurkan semua bahan yang anda inginkan ke dalam toples kecil atau wadah lainnya kemudian didiamkan selama semalam dalam lemari pendingin. Pastikan ada satu bahan yang berbentuk cair misalnya susu. Setelah perendaman, maka overnight oat dapat dinikmati keesokan harinya.

Jika anda ingin menggunakan jenis oat steel-cut, maka anda perlu memasaknya terlebih dahulu karena butirannya cukup keras sehingga tidak mudah menyerap air pada saat perendaman. Anda dapat juga menggunakan jenis oatmeal quick cooking atau instant, akan tetapi teksturnya akan lebih lembut dan waktu perendaman menjadi lebih singkat. Oat jenis rolled oat akan memberikan tekstur yang lebih chewy dan lebih bercitarasa.

Pada resep sehat kali ini, salah satu bahan yang saya gunakan adalah LeanBar. Apa itu LeanBar? LeanBar adalah snack bar (atau cemilan berbentuk batang) bercitarasa tiramisu produksi Javaprime yang terbuat dari bahan-bahan pilihan tinggi serat pangan (2 g dalam satu bar atau setara dengan 1 buah apel ukuran medium) dan mengandung 500 mg L-carnitine dalam 1 bar nya. Bagi penggiat olahraga kebugaran tentunya sudah cukup mengenal L-Carnitine yang merupakan salah satu jenis fat burner atau zat yang dapat membantu pembakaran lemak.

LeanBar memiliki kandungan serat yang tinggi yang berasal dari oat, kismis, kacang tanah, dan inulin. Leanbar sangat sesuai jika dikonsumsi pada saat waktu snack atau sebelum dan sesudah latihan untuk mendapatkan manfaatnya. Dalam membuat overnight oat, Leanbar selain memberikan manfaat fat-burner dan sumber serat pangan juga memberikan citarasa yang khas. Penasaran ingin membuatnya? Yuk kita liat resep berikut.

Untuk 1 porsi

Bahan

1 buah LEANBAR (bagi 4-5 bagian)
1/3 cup (35 g) rolled oat
1 sdm (+15 g) mentega kacang (peanut butter)
4 buah strawberi (+48 g) (potong-potong)
Sejumput garam
½ cup susu cair rendah lemak

Cara membuat:

1. Siapkan toples kecil (misalnya toples bekas selai).
2. Masukkan berturut-turut rolled oat, LEANBAR, mentega kacang, dan strawberi. Beri sejumput garam.
3. Tuang susu cair ke dalam campuran.
4. Tutup toples dan simpan dalam lemari pendingin selama kurang lebih 8 jam atau semalam.
5. Untuk penyajian, sajikan langsung dengan toples atau wadahnya.

Nilai gizi per porsi

Kalori: 406 kkal
Lemak: 17,8 g
Karbohidrat: 47,6 g
Serat: 7,8 g
Protein: 13,7 g
L-carnitine: 500 mg

Tips dan saran

1. Siapkan hidangan ini semalam sebelum anda menikmatinya. Misalnya jika anda ingin menyantapnya sebagai sarapan, siapkan di jam 10 atau jam 11 malam.
2. Anda dapat menggunakan variasi jenis buah yang lain ataupun menambahkan bahan yang lain untuk mendapatkan citarasa yang anda inginkan.
3. Leanbar memiliki rasa tiramisu, sebaiknya digunakan untuk membuat overnight oat dengan citarasa yang manis (sweet), coklat, atau kacang-kacang (nutty).

Sumber: http://arieftng.blogspot.com/

BACA JUGA: Resep Tom Yum yang Sehat dan Menyegarkan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes