manfaat diet mediterania

Demensia, Lawan dengan Diet Ala Mediterania !

Selain mampu melawan penyakit mematikan seperti diabetes, serangan jantung, dan stroke, ternyata diet Mediterania juga ampuh melawan demensia lho!

manfaat diet mediterania

Demensia adalah istilah untuk menjelaskan penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak, bukan penyakit, bukan pula sindrom. Orang-orang yang menderita demensia biasanya tidak dapat berpikir dengan baik dan berujung pada penurunan aktivitas.

Pikun, merupakan gejala umum dari demensia, walaupun pikun juga belum berarti sebuah indikasi dari terjadinya demensia.

Baru-baru ini para peneliti dari University of Exeter’s Medical School, Inggris, menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun (pola makan diet Meditenia) dalam jumlah besar, akan memiliki risiko lebih kecil terkena gangguan kesehatan yang berkaitan dengan usia, seperti demensia.

Tim penelitian yang didukung oleh National Institute for Health Research Collaboration untuk Leadership in Applied Health Research and Care di South West Peninsula,Inggris, menganalisa data dari 12 penelitian yang memenuhi syarat, 11 diantaranya adalah penelitian observasional dan 1 penelitian secara acak.

“Diet Mediterania adalah makanan yang lezat dan bergizi, dari tinjauan kami secara sistematis diet ala Mediterania dapat membantu melindungi penuaan otak dengan mengurangi risiko demensia,” kata Iliana Lourida, PhD., dari University of Exeter’s yang memimpin penelitian ini.

“Penelitian kami ini juga menyeroti inkonsistensi dalam literatur dan perlunya penelitian lebih lanjut untuk bisa memperjelas hubungan antara gangguan kognitif ringan dan demensia vaskular,” sambung Lourida.

Lourida juga menegaskan bahwa studi obeservasional memberikan bukti sugestif sedangkan dia dan timnya sekarang membutuhkan penelitian yang dominan secara acak, dengan penelitian yang lebih terkontrol untuk dapat membuktikan apakah menjalankan diet Mediterania secara rutin atau tidak akan tetap melindungi otak dari demensia.

BACA JUGA : Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental dengan Diet Mediterania

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes