Diet dengan Pengganti Makan (Meal Replacement)

Akhir-akhir ini pengganti makan (meal replacement) mulai menjadi perhatian. Sebagian orang memberikan apresiasi positif terhadap penggunaan pengganti makan ini untuk diet penurunan berat badan. Sebagian lagi menganggap hasilnya buruk dan tidak memuaskan. Lalu apa sesungguhnya diet pengganti makan dan bagaimana cara kerjanya?

Pengganti makan didesain untuk menggantikan seluruh makanan yang kita konsumsi. Pengganti makan, tergantung pada mereknya, memberikan protein, karbohidrat dan lemak yang seimbang, yang dianggap sebagai yang terbaik untuk kebutuhan kesehatan seseorang. Kebanyakan pengganti makan memiliki kandungan protein tinggi, karbohidrat sedang dan rendah lemak. Pengganti makan bisanya tersedia dalam bentuk cair seperti sup, shake, pudding, dan lain-lain dan biasanya mengandung 100-200 kalori.

Pengganti makan memang tersedia dalam berbagai bentuk tetapi mayoritas menganjurkan untuk mengkonsumsi 2 kali pengganti makan dan 3 kali makanan biasa (real food) dalam sehari.

Apakah pengganti makan memang bermanfaat?

Pengganti makanan tidak didesain untuk menggantikan semua sumber kalori yang anda makan per harinya, dan Anda juga tidak dapat memilih sembarang pengganti makanan, pilihlah pengganti makanan yang tinggi protein, berisi karbohidrat kompleks dan lemak baik.

Kualitas adalah faktor utama dalam memilih pengganti makan. Anda harus yakin bahwa produk yang Anda beli memiliki komposisi zat gizi yang tepat untuk Anda. Sebagai contoh, Anda jangan membeli pengganti makan yang tinggi karbohidrat dan rendah proteinnya. Ini akan merusak tujuan pemakaian pengganti makan. Anda tahu, karbohidrat yang tidak terpakai akan disimpan sebagai lemak, sedangkan protein dibutuhkan untuk memelihara massa otot dalam kedaaan defisiensi kalori.

Pilihlah merek yang terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus di kalangan bodybuilder dan orang-orang peduli pada kesehatan. Mereka mungkin tahu apa yang terbaik dari pengalaman langsungnya. Sekali lagi, Anda harus memilih pengganti makan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat. Beberapa merek bahkan ada yang mengandung BCAA dan protein berkualitas tinggi. Kualitas protein ini didasarkan pada efektifitasnya untuk membentuk otot. Salah satu contoh pengganti makanan yang baik adalah IsoMeal Xtreme Bar dan Magic Milk dari Ultimate Nutrition.

Pengganti makan ditujukan untuk menggantikan snack, dan tidak disarankan dikonsumsi terus-menerus sehingga anda tidak makan apapun selain pengganti makan sama sekali, oleh karena itu pergunakan dengan bijaksana, saran yang baik adalah 3x makan normal dan 2x makan makanan pengganti untuk mendapatkan pola makan sehat 5-6x sehari.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes