pepes

Dori Fish Pepes Seasoned with Chicken Oatmeal Porridge

Pepes adalah salah satu teknik memasak Indonesia menggunakan daun pisang sebagai pembungkus. Bahan makanan yang akan di-pepes dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan lidi agar tidak terbuka. Pepes dapat dimasak dengan cara dikukus, direbus, dipanggang atau dibakar menggunakan arang. Teknik memasak dengan cara ini memberikan hasil masakan yang kaya rasa karena campuran bumbu akan meresap lebih banyak ke dalam bahan dan aroma bumbu tidak banyak yang hilang karena proses pemasakan.

pepes

Aroma daun pisang yang digunakan pun memberikan citarasa yang khas pada bahan makanan yang diolah dengan cara di-pepes. Meskipun daun pisang dimasak bersama bahan makanan tetapi daun pisang tidak dapat dikonsumsi karena fungsinya hanya sebagai pembungkus dan serat daun pisang terlalu keras untuk dikunyah. Selain daun pisang, beberapa jenis daun yang dapat digunakan untuk membungkus pepes antara lain daun singkong dan daun pepaya. Selain berfungsi sebagai pembungkus, daun tersebut pun dapat dikonsumsi bersama pepes.

Pepes digolongkan dalam masakan Sunda karena pepes lebih terkenal di daerah Sunda. Pepes lebih sering digunakan dalam memasak ikan. Beberape jenis ikan yang sering diolah menjadi pepes antara lain yaitu ikan mas, ikan nila, ikan tongkol, ikan patin, dan ikan lele. Selain untuk memasak ikan, teknik ini sering juga dipakai untuk memasak bahan lain seperti daging sapi, ayam, udang, kodok, tahu, tempe, oncom, jamur, dan beberapa jenis sayuran.

Pada resep sehat kali ini, saya menggunakan ikan dori sebagai bahan utamanya. Dan selain menggunakan bumbu dasar, saya menggunakan chicken oatmeal porridge yang berfungsi sebagai penyedap dan memberikan manfaat oatmeal dalam masakan pepes ini. Daun pembungkusnya juga menggunakan daun caisin yang dapat dikonsumsi bersama pepes. Penasaran ingin membuatnya? Yuk ikuti resep berikut.

Untuk 2-3 porsi

Bahan

200 g fillet ikan dori (potong-potong)
4 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 atau 2 buah cabe besar
1 buah (+ 100 g) tomat
8 sdm chicken oatmeal porridge
Daun caisin untuk membungkus (pilih daun yang lebar atau dapat menggunakan 2 daun jika daunnya kurang lebar)

Cara membuat:

1. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe besar dan tomat menggunakan blender. Sisihkan.
2. Campurkan bumbu halus tersebut bersama potongan ikan. Aduk rata.
3. Tambahkan chicken oatmeal porridge. Aduk rata.
4. Bagi menjadi 4 bagian.
5. Panaskan kukusan yang telah diisi air.
6. Siapkan daun caisin yang sudah dibersihkan. Letakkan di atas talenan bersih dan kering dengan posisi permukaan bagian bawah menghadap ke atas. Letakkan 1 bagian campuran ikan. Kemudian bungkus seperti membungkus amplop. Balik dan letakkan diatas kukusan. Lakukan hal yang sama dengan campuran ikan yang tersisa.
7. Kukus selama kurang lebih 20-25 menit.
8. Angkat sajikan.

Nilai gizi per porsi

Kalori: 238 kkal
Lemak: 3,6 g
Karbohidrat: 30,7 g
Serat: 5,2 g
Protein: 20,8 g

Tips dan Saran:

Selain menggunakan ikan dori, Anda dapat juga menggunakan bahan lain seperti daging ayam, ikan tongkol, ikan tuna, tahu, tempe ataupun daging sapi. Anda dapat juga menggunakan jenis daun sayuran lain untuk digunakan sebagai pembungkus.

Jika anda tertarik dan ingin mencoba serta memesan chicken oatmeal porridge, anda dapat menghubungi melalui email saya di [email protected] atau pin BBM saya 2bd0ff69. Karena produk hanya dibuat sesuai pesanan. Selamat mencoba.

BACA JUGA: Savory Oatmeal Pancake Serving with Pan Fried Tempeh and Steamed Frozen Vegetable

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes