manfaat nangka bagi kesehatan

Doyan Makan Nangka, Kesehatan Anda Tetap Terjaga

Anda tentu mengenal buah nangka. Tentu, bagi masyarakat Indonesia tak asing dengan buah ini karena ketika matang buah ini akan memiliki rasa manis legit. Bahkan, ketika masih muda, nangka juga banyak digunakan sebagai bahan dasar sayur. Sayur nangka muda diolah dengan dimasak hingga matang. Sayur ini termasuk ke dalam sayur ‘lodeh’ yang cara memasaknya dicampur dengan santan kelapa.

Jendela nangka

Namun, bukan sayur ini yang menjadi bahasan utama dalam artikel kali ini. Melainkan, adalah buah nangka ketika matang. Buah nangka ketika matang akan berwarna kuning, dan tersembunyi dalam serat-serat kulitnya yang tebal. Namun, tahukah Anda bahwa buah yang dipercaya dari India ini mempunyai khasiat bagi kesehatan Anda?

Berikut adalah beberapa manfaat nangka untuk kesehatan Anda.

Nangka Membantu Fungsi Pencernaan Anda

Bukan hanya rasa buahnya saja yang manis, melainkan nangka juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi Tubuh Anda. Ya, kandungan vitamin C-nya yang besar membuat fungsi pencernaan Anda menjadi sehat. Bukan hanya itu, melalui vitamin C ini juga membuat sistem kekebalan tubuh Anda meningkat. Sehingga, Anda Anda akan kebal dari penyakit. Buah nangka juga dipercaya sebagai obat herbal untuk mengatasi sembelit.

Cegah Kanker dengan Buah Nangka

Buah nangka juga dipercaya mencegah sel-sel kanker. Hal ini karena, buah nangka mengandung lignan dan saponin yang diketahui mampu mencegah timbulnya kanker. Ini terjadi karena nangka dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu timbulnya sel-sel kanker.

Kulit Nampak Cerah Bersinar dengan Buah Nangka

Tak hanya wangi buah dan rasanya yang manis, buah nangka juga bermanfaat untuk mengatasi keluhan masalah kulit Anda. Bagi Anda yang menginginkan kulit cerah bersinar, maka dengan mengonsumsi buah ini keinginan itu akan tercapai. Hal ini dikarenakan, buah nangka mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk nutrisi kulit Anda.

Tekan Hipertensi dengan Konsumsi Buah Ini

Buah nangka memang memiliki banyak manfaat. Mulai dari bahan dasar sayur, buah, bahkan hingga mengoptimalkan kesehatan Anda. Ya, buah nangka ternyata juga bermanfaat untuk menekan tekanan darah Anda. Ini dikarenakan, kandungan tinggi potasiumnya yang melawan hipertensi Anda. Selain mengatasi hipertensi, buah ini juga dapat mencegah Anda terkena penyakit jantung dan stroke.

Kuatkan Tulang Anda

Mineral yang terkandung pada buah ini dapat membuat tubuh Anda menjadi kuat. Terutama, kandungan magnesium dan kalsiumnya akan membantu Anda mengatasi radang sendi dan osteoporosis.

Cocok Bagi Anda yang Sedang Berdiet

Tidak semua buah direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika Anda sedang melakukan program diet. Ya, jika Anda sedang diet, maka buah nangka sangat cocok untuk menjaga berat tubuh Anda. Hal ini dikarenakan, buah nangka mengandung lemak yang sangat sedikit. Bukan hanya lemak, kandungan karbohidratnya juga sangat kecil. Sehingga, buah ini begitu direkomendasikan bagi Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Buah yang populer di kawasan Asia dan sekitarnya ini bukan hanya juara untuk masalah rasa, melainkan juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan Anda. Poin-poin di atas hanya beberapa manfaat dari buah nangka. Jika Anda mengonsumsinya, maka kesehatan Anda pun juga akan terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: 5 Petunjuk untuk Bangkitkan Hipertrofi Otot Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes